Friday, October 4, 2019

Pengertian Email, Sejarah Singkat, Jenis, Manfaat Dan Fungsinya

Pengertian Email

Jika anda mendengar nama email, apa yang anda bayangkan? Anda pastinya membayangkan berupa surat elektronik seperti gmail atau yahoo mail. Email yang singkatan dari elektronic mail ini mungkin sedang digunakan sobat saat ini. Lalu apa yang melatarbelakangi kemunculan email? Tentu saja tuntutan kebutuhan manusia modern sekarang ini yang ingin serba cepat dan praktis berkirim surat atau menerima surat lewat internet.

Menurut para ahli, email merupakan sebuah media untuk saling berikirim surat di internet secara digital menggunakan koneksi internet. Kecepatan berikirim surat di internet sangat cepat hingga satu detik surat elektronik tiba di alamat email yang dituju secara mulus. Selain berikirim surat berupa tulisan, sobat bisa pula mengirimkan informasi berupa video, gambar, foto maupun teks kepada orang yang anda tuju dengan jarak jauh.

Hampir setiap orang di dunia saat ini sudah memiliki alamat email. Terutama bagi kalangan pengguna internet. Yang berguna digunakan untuk berbagai kepentingan seperti bisnis online, sarana saling berkirim surat dengan teman, berbagi informasi dan lain sebagainya. Untuk membuat email sangatlah gampang. Anda bisa membuat email di google maupun yahoo secara gratis.

Sejarah Singkat Email

Sekarang kita akan membahas sejarah singkat lahirnya email yang telah turut serta memajukan peradaban manusia di seluruh dunia. Pada mulanya orang yang pertama kali melakukan pengiriman email adalah Roy Tomlinson di tahun 1971. Saat itu ia memakai 2 komputer berbeda dengan jarak 1 meter. Sehingga bisa dikatakan bahwa penemu email adalah beliau. Programmer yang berkewarganegaraan Amerika Serikat ini terus memperbaiki email sampai menjadikan simbol @ untuk menghubungkan semua email.

Pada tahun 1975, John Vital menemukan aplikasi untuk mengelola dan mengatur email. Yang membuat bentuk email menjadi semakin baik. Dan pada waktu itu, penggunaan email di internet mencapai 75 persen.  Tahun berikutnya, email dikembangkan dan dimodifkasi lebih rapi menggunakan fitur-fitur mumpuni.  Sehingga pada tahun 1988 lahirlah Eudora yaitu sebuah email komersial yang ditemukan oleh Steve Dorner. Tapi untuk  menggunakan email ini, per menit seseorang mesti membayar.

Kemudian tahun 1991 yang merupakan tahun sejarah di temukannya www atau World Wide Web oleh Tim Berners Lee, penggunaan email dikembangkan lebih lanjut. Hingga penggunaan email bisa dilakukan secara gratis. Dan mulai bermunculan penyedia atau provider layanan emaill gratis di  dunia seperti Hotmail, Yahoo, Gmail dll dengan fungsi dan tampilan email lebih baik dan ramah. Sampai tahun 2018, email semakin canggih dan baik dengan adanya sejumlah fitur dan fasilitas menarik.  Dan jumlah pengguna email pun terus bertambah banyak setiap tahun.

Jenis Jenis Email

Di dunia saat ini terdapat dua jenis email yakni email gratis dan email berbayar. Masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan. Untuk contoh email gratis adalah yahoo mail, hotmail dan gmail. Untuk email gratis dapat sobat peroleh secara gratisan. Dan umumnya para pengguna internet yang terdiri dari segala profesi pekerjaan, usia, kalangan individu dan perusahaan memilih jenis email gratis.

Untuk email berbayar, para penggunanya dikenai biaya untuk menggunakan jenis email ini yang memiliki fasilitas dan fitur canggih dan powerfull. Contoh email berbayar yaitu email premium yang ditawarkan oleh Google Corporation. Jenis email berbayar ini umumnya memakai nama perusahaan. Contohnya, @namaperusahaan anda.com. Sehingga jelaslah, kelebihan email berbayar adalah sifatnya yang unik. 

Manfaat dan Fungsi Email

Jika ditanya apa fungsi dan manfaat email? Pastinya anda bisa menjawabnya dengan mudah. Disebabkan sobat merupakan salah satu pengguna email di dunia ini. Dan merasakan manfaatnya yang sangat besar terhadap penggunaan email. Manfaat email bukan hanya dirasakan oleh kalangan perorangan tapi juga untuk kalangan perusahaan besar, kecil dan menengah maupun lembaga swasta dan pemerintah lainnya. 

Rasanya seorang pengguna internet belum lengkap aktifitasnya jika ia tak mempunyai email. Berikut ini kumpulan manfaat dan fungsi email dalam kehidupan sehari-hari, antara lain :

1.Identitas diri bagi pengguna internet baik untuk kalangan individu maupun perusahaan
2.Alat untuk  mendaftar akun lain. Beberapa website mengharuskan calon anggotanya memasukkan email sebelum membuat akun di web tertentu. Misalkan twitter, facebook, kaskus, tokopedia, bukalapak, ads id, google adsense, instagram, dan lain sebagainya.
3.Alat untuk melamar pekerjaan secara online
4.Media untuk berkomunikasi secara online di internet 

Demikianlah pengertian email, sejarah singkat, jenis-jenis email beserta manfaat dan fungsinya. Semoga dapat memberikan wawasan yang berguna bagi anda sekalian.

Top