LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Narkotika, Golongan Dan Dampak Negatifnya

Loading...
Saat ini di tahun 2018 negara Indonesia sedang mengalami masa darurat narkotika. Penggunaan narkoba merebak sangat tajam di berbagai kota besar hingga daerah pedesaan terpencil. Para pengguna bukan hanya kalangan generasi muda. Namun semua kalangan. Baik artis, pengangguran, karyawan, pelajar, mahasiswa hingga selebritis dan anggota DPR. Hal tersebut tentu sangat disayangkan. Yang dapat menghancurkan masa depan penggunanya.
Pengertian Narkotika
Pengertian Narkotika
Oleh sebab itu, pemerintah tidak tinggal diam. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah terjadinya tindak penyalahgunaan narkotika. Salah satunya memberikan sosialisasi bahaya narkoba di sekolah-sekolah, pengawasan ketat di daerah-daerah yang rentan terjadinya transaksi narkotika, hingga hukuman berat bagi pengguna maupun pengedar narkoba serta dibentuknya lembaga Badan Narkotika Nasional untuk menyelesaikan persoalan penyalahgunaan narkotika di Indonesia.

Pengertian Narkotika, Golongan Dan Dampak Negatifnya

Bagi anda yang masih awam terhadap persoalan narkotika, berikut ini penulis sampaikan pengertian narkotika secara bahasa dan istilah terlengkap. Narkotika merupakan salah satu bagian dari narkoba. Sesuai singkatan narkoba adalah narkotika dan bahan atau obat berbahaya. Dalam pengertian, jika menyebut narkoba maka termasuk narkotika. Begitu sebaliknya. 
BACA JUGA : Pengertian Majas
Narkotika juga termasuk dalam kategori Napza yang dipopulerkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Napza singkatannya Narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya yang dilarang beredar dan disalahgunakan secara luas di Indonesia. Sehingga bisa disebut Napza atau narkoba dan narkotika sama saja itu itu juga sebagai sebuah zat berbahaya jika disalahgunakan yang mengandung resiko kecanduan bagi pemakainya.
Pengertian Narkotika, Golongan Dan Dampak Negatifnya
Pengertian Narkotika, Golongan Dan Dampak Negatifnya
Saat ini perkembangan penyalahgunaan narkoba di Indonesia sangat tinggi. Walaupun para bandar narkoba sudah banyak dihukum mati. Namun para pengedar narkotika terus bertambah banyak. Begitu juga pengguna narkotika di tanah air semakin besar setiap tahun. Untuk menghilangkan jejak ciri khas narkotika, terkadang pihak bandar narkoba mengemas narkotika dengan cara baru. Misalkan menyelipkan pada tembakau. 
BACA JUGA : Pengertian Website
Pada saat ini sudah ada 35 jenis narkotika yang biasa dikonsumsi di Indonesia. Baik narkotika yang dibanderol harga paling murah sampai yang paling mahal. Sedangkan jenis narkotika di seluruh dunia akan terus bertambah banyak setiap tahunnya hingga 354 jenis narkotika yang ada di dunia sekarang ini.
Pengertian Narkotika
Pengertian Narkotika
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 1997 bahwasanya narkotika adalah sebuah obat maupun zat dari tumbuh-tumbuhan maupun non tumbuhan seperti semi sintetis dan sintetis yang dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran, rasa nyeri dan dapat memicu terjadinya kecanduan.

Golongan Narkotika

Golongan Narkotika
Golongan Narkotika
Narkotika mempunyai jenis dan golongan tertentu. Berikut ini 3 golongan narkotika yang ada di dunia ini, antara lain :

1.Narkotika kategori 1

Inilah jenis narkotika yang berbahaya sekali jika disalahgunakan oleh para penggunanya. Disebabkan memiliki kandungan zat adiktif tinggi sekali. Umumnya narkotika jenis ini digunakan bagi kepentingan ilmu pengetahuan dan riset penelitian. Contoh narkotika kategori I adalah opium, morfin, kokain, ganja dan heroin.

2.Narkotika kategori 2

Narkotika jenis ini memiliki kandungan zat adiktif cukup kuat tapi berguna sekali bagi kepentingan riset atau penelitian dan pengobatan. Yang termasuk narkotika golongan 2 adalah betametadol, petidin, dan benzetidin.

3.Narkotika golongan 3

Untuk kategori narkotika golongan 3 memiliki zat adiktif dengan takaran ringan. Akan tetapi, berguna bagi keperluan riset dan pengobatan dalam ilmu kedokteran. Contoh narkotika golongan tiga adalah kodein dan keluarganya.

Dampak Negatif Penggunaan Narkotika

Dampak Negatif Penggunaan Narkotika
Dampak Negatif Penggunaan Narkotika
Walaupun narkotika ada segi manfaatnya bagi dunia kedokteran dan penelitian, namun dampak negatifnya lebih besar lagi. Berikut ini sejumlah dampak negatif penggunaan narkotika yang perlu anda ketahui, antara lain :

1.Membuat halusinogen

Dampak penggunaan narkotika oleh seseorang adalah dapat menyebabkan ia mengalami halusinasi. Dimana ia dapat menyaksikan sebuah barang yang kenyataannya tak ada apabila dipakai narkotika dalam takaran tertentu. Contohnya LSD ataupun kokain.

2.Stimulan

Dengan mengkonsumsi narkotika dapat membuat performa organ badan seseorang misalkan otak dan jantung lebih cepat bekerja. Yang efeknya seorang pengguna narkotika mempunyai perasaan lebih gembira dan senang serta lebih bersemangat. Namun semua itu hanya sebentar. Setelah efek narkotika selesai maka ia menjadi lesu dan lemas kembali dengan perasaan sedih dan ketergantungan seperti sedia kala.

Demikianlah apa pengertian narkotika, golongan dan dampak negatifnya. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian untuk mengingatkan bahayanya narkotika terhadap kesehatan badan dan jiwa seseorang.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Narkotika, Golongan Dan Dampak Negatifnya

0 komentar: