Tuesday, October 9, 2018

Pengertian Kredit Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Istilah kredit merupakan hal yang sudah tak asing lagi bagi bangsa Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari gaya hidup masyarakat di tanah air yang lebih menyukai kredit ketimbang membeli tunai suatu barang. Kenyataan tersebut berdasarkan pengalaman penulis yang terjun dalam usaha perdagangan barang elektronik dan otomotif. Mayoritas atau 81 persen orang lebih memilih membeli sepeda motor, mobil dan barang elektronik secara kredit atau cicilan utang. 

Perkembangan kredit di Indonesia sangat pesat. Semua bank di Indonesia menyediakan layanan kredit bagi nasabah yang membutuhkannya. Dimulai dari kredit usaha rakyat, kredit modal usaha, kredit konsumtif, kredit produktif dll. Sistem kredit sudah merasuki semua kalangan baik karyawan, ibu rumahtangga, sampai negara. Ada dampak baik dan buruk bagi seseorang mengambil kredit.

BACA JUGA : Pinjaman Uang Untuk Pelajar

Pastinya sobat sudah mengetahui dan mengenal apa itu kredit. Pengertian kredit berasal dari kata latin yakni “credere” yang berarti kepercayaan. Sehingga bisa diartikan bahwasanya kredit adalah kepercayaan yang diberikan seseorang kepada orang lain atas suatu transaksi.

Pengertian Kredit Secara Umum Dan Menurut Para Ahli
Pengertian Kredit Secara
Pengertian kredit secara umum adalah sebuah fasilitas finansial yang bisa ditempuh suatu badan usaha, lembaga maupun seseorang untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Ketimbang membayar barang tersebut secara tunai yang membutuhkan modal uang sangat besar, banyak orang dan lembaga memilih melakukan pembelian barang secara kredit atau hutang.

Jangka waktu kredit bagi seseorang berbeda-beda tergantung usia dan jenis produk. Misalkan barang sepeda motor maka seseorang bisa membelinya secara kredit dalam masa sampai 3 tahun atau 36 kali angsuran. Lalu ada pula kredit kendaraan bermotor roda empat yakni mobil yang masa kredit bisa mencapai lima tahun lebih panjang dari masa kredit sepeda motor. Dan yang paling panjang adalah pembelian rumah dan properti secara kredit hingga 15 tahun. Keunggulan menggunakan fasilitas kredit atas setiap pembelian barang adalah cicilan yang sangat ringan.

Ada berbagai lembaga dan pihak yang memberikan layanan pinjaman kredit. Yang paling utama adalah lembaga bank atau perbankan, koperasi, BPR, dan lain sebagainya. Pemberian kredit merupakan bagian kegiatan usaha dari bank selain menyediakan layanan simpanan uang dan tabungan. Keuntungan dari layanan kredit yang diberikan berasal dari bunga bank yang didapatkannya.

Pengertian Kredit Menurut Para Ahli
Pengertian Kredit Menurut Para Ahli 
Namun ada sisi negatif dan positif dalam penggunaan fasilitas kredit di bank. Yang paling utama adalah sangat mempengaruhi kondisi ekonomi seseorang. Selama kredit digunakan  untuk hal produktif maka itu merupakan aset. Sedangkan jika kredit digunakan untuk kepentingan konsumtif bisa membahayakan kondisi ekonomi seseorang. Dimana hutang kredit semakin besar ditambah lagi dengan beban bunga yang harus dibayarkan. Sehingga sebagian orang menganggap bunga kredit di bank konvensional sebagai riba atau tambahan yang hukumnya haram.

Pengertian Kredit Secara Umum Dan Menurut Para Ahli


Pengertian Kredit Secara Umum
Pengertian Kredit Secara Umum
Berdasarkan Pasal 1 UU Perbankan No 10 tahun 1998 dijelaskan definisi kredit adalah tagihan maupun penyertaan uang yang telah disepakati sebelumnya dalam perjanjian hutang piutang. Bank sebagai pihak pemberi pinjaman. Dan nasabah sebagai pihak debitur yang diharuskan membayarkan lunas utang pokok dalam tempo yang telah ditentukan beserta bunga yang disepakati bersama.

Hasibuan berpendapat pengertian kredit adalah segala jenis pinjaman yang diberikan seseorang dan wajib dibayarkan kembali sampai lunas beserta bunga yang telah ditetapkan sebelumnya oleh peminjam.

Santosa Sembiring mengatakan bahwa kredit ialah perjanjian pinjam meminjam yang di dalamnya terdapat penyertaan uang yang dilakukan oleh suatu pihak yang menimbulkan adanya tagihan. Peminjam uang diharuskan mengembalikan uang pinjaman tersebut secara utuh ditambah bunga yang sudah disepakati bersama.

BACA JUGA : Pengertian Negosiasi Secara Lengkap

Dalam hal ini, pengertian kredit berkaitan dengan pinjaman uang yang harus disertai dengan bunga. Dalam agama Islam, pinjaman uang yang harus dikembalikan beserta bunga adalah dinamakan riba yang disebut pula tambahan. Yang dimasukkan dalam perkara dosa besar dan hukumnya haram. 

Berbeda dengan definisi kredit yang diutarakan oleh Rivai yang berpendapat kredit yaitu sebuah penyerahan jasa, uang maupun benda lainnya yang dilakukan oleh pihak kreditur dan diberikan kepada pihak debitur berdasarkan kepercayaan pada debitur bersangkutan. Di dalamnya terdapat kesepakatan tanggal waktu pembayaran pelunasan utang beserta bunga yang mesti dibayarkan.

Demikianlah pengertian kredit secara umum dan menurut para ahli. Walapun uraian sangat singkat, mudah-mudahan dapat memberikan pemahaman yang baik bagi anda semua tentang apa itu kredit.

Menyukai tanpa perlu merasakan. Mengenal tanpa perlu membedakan.