LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Jaringan Komputer

Loading...
Teknologi canggih sudah masuk ke berbagai aspek kehidupan manusia. Seperti radio, ponsel pintar, televisi, internet, laptop, komputer, robot dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi mutakhir tersebut sudah menjadi keseharian hidup manusia. Misalkan penggunaan robot di rumah makan sebagai ahli masak maupun sebagai pelayan. Dan seiring perkembangan jaman, penemuan dalam bidang teknologi terus bermunculan secara cepat.

Salah satu teknologi canggih yang saat ini sudah menjadi gaya hidup sehari-hari masyarakat modern adalah internet. Teknologi internet telah mengubah peradaban manusia ke arah lebih baik. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh manusia melalui teknologi internet, antara lain : mencari informasi yang dibutuhkan selengkap dan serinci mungkin, bisnis online, bersosialisasi di media sosial, bermain game secara online, membuat website atau blog, dan lain sebagainya.
Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Jaringan Komputer 
Manusia jaman sekarang ini merasa tidak terasa lengkap hidupnya tanpa adanya koneksi jaringan internet. Dimanapun ia berada mesti ada jaringan internet untuk sekedar menggunakan media sosial, bisnis online, update status maupun mencari informasi terbaru di internet. Sehingga kebutuhan akses internet menjadi kebutuhan utama manusia di era sekarang ini.
Khususnya bagi anda para pelaku usaha sangat diuntungkan dengan kehadiran internet. Dimana internet bisa digunakan sebagai sarana berkomunikasi, membeli online, menjual barang secara online, promosi online yang bersifat gratis dan dapat menjangkau semua orang di seluruh dunia asalkan terkoneksi jaringan internet, penyebaran promosi lebih efektif dan efisien serta lebih cepat sampai di tujuan hanya dalam satu klik.

Jika kita berbicara mengenai internet maka tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi jaringan komputer. Karena internet merupakan bagian dari jaringan komputer. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk menguasai jaringan komputer. Namun sebelum itu, sobat mesti memahami apa itu jaringan komputer dan manfaatnya lebih luas lagi. 

Pengertian Jaringan Komputer

Istilah jaringan komputer bukan barang aneh lagi bagi kita semua. Mengingat jaringan komputer hampir kita gunakan setiap hari dalam berbagai aktifitas pekerjaan. Untuk pengertian jaringan komputer secara umum yaitu suatu kumpulan terminal dengan sistem yang berjalan baik terdiri atas dua komputer atau lebih yang satu sama lain saling terkoneksi lewat sarana transmisi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan lewat jaringan komputer khususnya adalah saling berbagi perangkat, aplikasi dan data.
Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Jaringan Komputer 
Begitupula internet tersusun atas beberapa jaringan komputer yang terhubung antara komputer satu dengan yang lain. Adapun tujuan pembuatan jaringan komputer adalah untuk saling berkomunikasi antara satu pengguna komputer dengan pengguna komputer lain yang masih berada dalam satu jaringan secara mudah. Selain itu, sebagai tempat saling berbagi data, aplikasi, dan informasi secara cepat dan akurat dalam hitungan detik dalam satu jaringan komputer.

Manfaat Jaringan Komputer

manfaat jaringan komputer
manfaat jaringan komputer
Adapun manfaat jaringan komputer cukup banyak. Berikut ini beberapa manfaat jaringan komputer yang perlu anda ketahui adalah :

1.Akses data yang disimpan dalam satu jaringan komputer bisa diakses oleh pengguna lainnya. Contohnya melalui jaringan internet
2.Proses pengiriman file dan informasi sangatefektif dan cepat dalam satu jaringan yang sama. Misalkan informasi berupa video, audio, gambar dan teks
3.Bisa berinteraksi secara langsung dengan orang lain yang berada di tempat sangat jauh sekalipun
4.Kemudahan dalam mendapatkan berbagai informasi terbaru secara cepat dan lengkap disebabkan internet sendiri wujud dari jaringan komputer
5.Efektif, efisien dan hemat biaya. Contohnya sobat membutuhkan printer untuk mencetak dokumen maka sobat tak usah membelinya. Karena anda bisa menggunakan printer kantor. Satu printer di kantor dapat dipergunakan oleh banyak komputer atau pegawai dalam satu  jaringan yang sama.

Macam Macam Jaringan Komputer

macam-macam jaringan komputer
macam-macam jaringan komputer
Untuk jaringan komputer terdapat beberapa jenis, fungsi dan contohnya. Berikut ini macam-macam jaringan komputer yakni jaringan komputer berdasarkan letak geografis, antara lain:

LAN

pengertian jaringan lan
pengertian jaringan lan
Jaringan LAN yang sebatas area sangat kecil atau tidak lebih dari satu kilometer. Contoh jaringan komputer LAN adalah komputer sekolah, wifi, kantor dan warnet. Teknologi yang digunakan adalah teknologi nirkabel maupun Ethernet dengan kecepatan transfer data mencapai seribu megabyte perdetik.

MAN

pengertian jaringan man
pengertian jaringan man
 Singkatan dari Metropolitan Area Network yaitu sebuah jaringan komputer yang bisa meliputi satu kota. Jangkauan jaringan komputer sistem MAN lebih luas lagi ketimbang sistem LAN dan bisa mencapai 50 kilometer jangkauannya.

WAN
pengertian jaringan wan
pengertian jaringan wan
Jaringan komputer sistem Wide Area Network mempunyai jangkauan yang sangat luas. Bukan hanya dalam satu kota tapi sudah mencakup satu negara dan benua.

Demikianlah pengertian jaringan komputer, manfaat dan macam-macamnya.  Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Jaringan Komputer

0 komentar: