LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Flowchart, Jenis Dan Simbolnya

Loading...
Tidak selamanya seseorang menyukai uraian yang panjang dan berbelit. Selama itu bisa diringkas maka hal itu lebih baik. Seperti halnya sebuah petunjuk teknis berupa penjelasan yang panjang bisa disingkat dan dibuatkan dalam bentuk gambar dan simbol atapun diagram. Hal tersebut tentu lebih mudah dilihat dan dipahami serta indah dipandang mata yang kemudian disebut diagram alir atau flowchart.

Bagi orang awam mungkin masih asing mendengar istilah flowchart. Flowchart merupakan sebuah bagan diagram alir yang berisi simbol-simbol dan gambar khas yang di dalam simbol terkandung teks. Flowchart bukan hanya sekedar simbol atau gambar diagram alur. Tapi jika diuraikan secara jelas menjadi sebuah uraian yang panjang dan lengkap. 
Pengertian Flowchart
Pengertian Flowchart
Penggunaan flowchart banyak dipakai di lingkungan perusahaan, lembaga, dan organisasi. Bagi kalangan perusahaan. Contohnya perusahaan makanan maka sebuah flowchart akan menggambarkan proses alir pembuatan makanan secara lengkap dan detail dari bahan baku, proses pembuatan hingga makanan siap saji dengan kemasan menarik. Pembuatan flowchart di lingkungan perusahaan dikerjakan oleh tenaga administrasi karena flowchart merupakan bagian dari ilmu administrasi.
simbol simbol flowchart
simbol simbol flowchart
Flowchart mempunyai beberapa simbol yang satu sama lain saling berhubungan menjadi kesatuan utuh. Bisa dikatakan pula flowchart atau diagram alur merupakan perintah atau alur administrasi yang menjadi pedoman para karyawan dan staf bekerja sesuai aturan. Banyak manfaat pembuatan flowchart secara internal maupun eksternal. Bagi perusahaan makanan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat halal dan ijin dari BPPOM. 

Pengertian Flowchart dan Simbolnya

Pengertian Flowchart dan Simbolnya
Pengertian Flowchart dan Simbolnya
Secara bahasa pengertian flowchart adalah diagram alir, business model, work flow diagram, process map, process flowchart dan flow diagram. Dalam arti sebuah uraian lengkap dalam bentuk simbol dan gambar yang mudah dimengerti.
BACA JUGA : Sejarah Komputer
Bagi anda yang ingin mengetahui apa itu flowchart, berikut ini beberapa simbol flowchart dan penjelasan lengkapnya :

1. Tanda panah yang disebut pula garis alir yang menunjukkan arah aliran program
2. Kotak persegi panjang yang menggambarkan sebuah proses olahan data
3. Kotak jajaran genjang yang menunjukkan sebuah proses input dan output data
4. Lingkaran yang berarti penghubung bagian-bagian flowchart
5. Dan lain –lain.

Jenis Jenis Flowchart

Flowchart mempunyai 5 jenis, antara lain :
jenis jenis flowchart
jenis jenis flowchart
1.Flowchart Proses

2.Flowchart Program
Bagan alir yang menjelaskan proses pembuatan program dari awal sampai selesai.
3.Flowchart Skematik
Bagan alur dalam bentuk skematik layaknya flowchart sistem. Namun yang menjadi letak perbedaan adalah adanya tambahan gambar dari komputer untuk lebih mudah dimengerti bagi orang yang kurang paham dengan flowchart.
4.Flowchart Dokumen
Inilah yang dinamakan diagram / bagan alir formulir atau dokumen. Yang dimulai dari data formulir sampai ke tembusan-tembusan memakai simbol-simbol yang sudah umum.
5.Flowchart Sistem
Sebuah diagram alir yang menampilkan urutan sistem alur kerja dari awal sampai akhir menggunakan simbol-simbol tertentu yang cukup mudah dipahami.
simbol input output flowchart
simbol input output flowchart
Flowchart merupakan salah satu bagian dari ilmu manajemen industri. Bagi anda yang sedang bingung bagaimana membuat flowchart atau diagram alir maka anda bisa melihat contohnya di internet. Penggunaan flowchart biasanya dilakukan oleh industri manufacturing, lembaga penelitian atau riset, perusahaan kuliner, organisasi dll.
Sejarah keberadaan flowchart di dunia pertamakali ditemukan oleh Mr Kaoru Ishikawa tahun 1968. Selain memperkenalkan flowchart, pria berkewarganegaraan Jepang ini menampilkan alat pengendali kualitas yang lain. Misalkan : check sheet, cause and effect diagram, control chart, scatter diagram, pareto chart, dan histogram. 

Demikianlah pengertian flowchart secara bahasa dan umum beserta fungsi, contoh dan jenisnya. Mudah-mudahan artikel dari learnsejarah.com bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Teruslah mengunjungi blog learsejarah.com untuk menyimak artikel menarik selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Flowchart, Jenis Dan Simbolnya

0 komentar: