LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Seni Rupa Secara Lengkap

Loading...
Pengertian Seni Rupa Secara Lengkap - Manusia merupakan makhluk estetika yang diciptakan penuh dengan keindahan. Begitupula Allah SWT telah mentadirkan manusia memiliki jiwa dan perasaan seni. Hal tersebut merupakan tabiat dasar manusia. Sehingga berbagai aktifitas manusia tidak bisa dilepaskan dari menghasilkan karya seni sejak manusia bangun sampai ia tertidur. Ada banyak jenis seni di dunia ini khususnya tanah air seperti seni musik, seni suara, seni sastra, seni teater, seni drama, seni tari, seni pentas, seni rupa dan lain sebagainya.

Pengertian seni itu sendiri adalah daya imajinasi atau curhatan jiwa yang diciptakan oleh seseorang sebagai bentuk ekspresi yang disajikan penuh artistik keindahan. Sehingga lahirlah sebuah karya seni yang dapat dinikmati oleh semua khalayak umum. Nilai dari semua karya seni umumnya tak terhingga. Bukan hanya bersifat materi tapi juga kepuasan tersendiri. Perubahan jaman dan teknologi ikut serta mempengaruhi keberadaan seni. 

Pengertian Seni Rupa Secara Lengkap
 
Ada banyak manfaat dari kehadiran seni yaitu yang utama adalah untuk menghibur bagi masyarakat luas dan selanjutnya ada yang membuat seni untuk keperluan komersial atau uang. Salah satu jenis seni yang sangat populer adalah seni rupa. Lalu apa pengertian seni rupa, macam-macamnya, jenis-jenis dan contohnya? Untuk mengetahui lebih dalam, anda dapat membaca terus artikel ini sampai selesai.

Pengertian Seni Rupa Secara Lengkap

Seni rupa merupakan salah satu mata pelajaran yang dimasukkan ke dalam kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Bahkan sejak sekolah dasar seseorang sudah dibekali dengan ilmu seni rupa dalam bentuk mata pelajaran keterampilan tangan. Bagi orang yang belum mengenal seni rupa perlu mengetahui pengertian seni rupa secara lengkap, umum, sempit dan menurut para pakar. 

Pengertian Seni Rupa

Pengertian seni rupa sendiri sangat banyak cakupannya. Anda bisa melihat pengertian seni rupa menurut para ahli, berdasarkan seni rupa visual, 3 dimensi, terapan, murni, dan 2 dimensi. Pada dasarnya pengertian seni rupa secara umum yaitu sebuah cabang ilmu seni yang mengajarkan caranya membuat suatu karya seni yang utuh memakai sarana yang bisa disentuh oleh tangan dan dilihat oleh mata. Seni rupa merupakan perwujudan ekspresi dari seorang seniman yang dikemas dengan penuh estetika atau keindahan yang bisa dirasakan oleh para penikmatnya.

Baca Juga : Pengertian Drama Modern dan Tradisional

Contohnya, lukisan merupakan sebuah karya seni rupa yang dibuat oleh seorang pelukis dengan daya imajinasi dan jiwa kreatif tinggi sebagai bentuk ekspresi atau curahan jiwa terdalam. Ekspresi jiwa seni dituangkan dalam  coretan-coretan di atas kanvas. Sehingga terbentuklah suatu lukisan yang dipenuhi corak warna warni yang sangat indah dilihat. Harga satu lukisan tidak bisa dihitung berdasarkan fisik. Namun berdasarkan seberapa besar nilai-nilai seni yang terkandung di dalamnya. Atas dasar itulah, tak aneh jika ada beberapa lukisan yang dijual sangat mahal hingga milyaran rupiah per lukisan.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Unsur-Unsur Seni Rupa

Sebuah karya seni rupa tidaklah dibuat dan dibentuk dengan sendirinya. Melainkan ada proses dan rancangannya. Terkadang sebuah karya seni rupa baru dapat diciptakan setelah melalui proses waktu yang sangat panjang. 

Baca Juga : Pengertian Apresiasi Secara Lengkap

Karena pembuatan karya seni rupa tidak bisa instant. Dibutuhkan kesabaran waktu untuk menciptakannya sesuai ekspresi penciptanya.

Inilah kumpulan unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah karya seni rupa, antara lain :

1.Titik
Setiap karya seni rupa dimulai dari sebuah titik. Yang kemudian menjadi serangkaian bentuk yang sangat unik dan indah memukau.
2.Garis
Dari setiap titik menjadi untaian garis yang menghubungkan titik-titik.
3.Bentuk dan bidang
Untaian garis akan membentuk sebuah bidang yang memiliki watak dan karakteristik masing-masing.
4.Ruang dan warna
Sebuah karya seni rupa bisa terdapat 2 pilihan yaitu yang dimensi dua atau tiga dimesi. Atau mempunyai sifat nyata atau semu.
5.Warna dan tekstur
Dengan adanya perpaduan warna akan membuat karya seni rupa menjadi lebih indah. Hal tersebut tergantung pilihan dari seniman itu sendiri.

Jenis Jenis Seni Rupa

Jenis Jenis Seni Rupa

Untuk pembagian seni rupa terdiri-dari berbagai jenis, antara lain :

1.Berdasarkan fungsi yang terbagi dalam dua bentuk yakni seni rupa terapan dan seni rupa murni

2.Berdasarkan wujud yang terdiri dari dua bagian yakni seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Contoh seni rupa 2 dimensi yang hanya dapat dilihat satu arah adalah ilustrasi, sketsa dan lukisan. Adapun contoh seni rupa 3 dimensi yang dapat dilihat dari segala arah adalah suatu bangunan, hiasan bunga dan patung.

3.Berdasarkan masa. Untuk kategori senirupa atas dasar masa terbagi ke dalam 3 bagian yakni seni rupa modern, tradisional dan kontemporer.

Baca Juga : Pengertian Apresiasi Seni Secara Lengkap

Demikianlah pengertian seni rupa secara lengkap. Mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi dan manfaat bagi sobat. Tetaplah mengunjungi blog learnsejarah untuk membaca tulisan menarik lainnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Seni Rupa Secara Lengkap

0 komentar: