LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli - Pada pagi hari yang indah ini penulis hendak menjelaskan pengertian resensi secara gamblang beserta manfaat, tujuan, struktur dan unsurnya. Adapun pengertian resensi ada secara umum dan singkat. Resensi secara singkat yaitu sebuah penilaian seseorang terhadap suatu karya seni seperti drama, film, seni maupun buku. Penilaian yang bersifat objektif yang meliputi pembahasan kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli
Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli 
Pengertian resensi secara umum dan lengkap yaitu sebuah aktifitas mengkritik, mengupas tuntas, menilai dan menjelaskan kembali apa yang terdapat dalam karya seni tersebut yang dipaparkan secara objektif berdasarkan data-data akurat, analisis, sinopsis yang disertai kritikan. Sehingga bisa dapat jelas mengetahui apa yang terdapat di dalam karya seni tersebut beserta kelebihan dan kekurangannya. Hal inilah yang bisa membuat daya tarik pembaca untuk menikmati karya tersebut secara langsung.

Baca Juga : Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Kegiatan menulis resensi baik itu terhadap buku ataupun film tidaklah boleh dilakukan oleh sembarangan orang. Ia harus benar-benar sudah menikmati secara langsung sebuah karya tersebut. Hal ini berguna supaya resensi yang dihasilkan benar-benar berkualitas baik dan utuh serta dipaparkan secara lengkap meliputi kelebihan dan kekurangannya.

unsur unsur resensi

Penulisan resensi biasanya dilakukan oleh akademisi atau orang yang paham terhadap karya buku, film, dan karya yang dibahasnya. Kemudian resensi terhadap suatu karya akan bisa dinikmati oleh masyarakat luas yang ditampilkan dalam media majalah, koran dan surat kabar. Ada banyak produsen karya seni seperti film dan buku yang ingin karyanya diresensi banyak orang. Karena akan mampu mendongkrak popularitas karya tersebut.

Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli

Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli
Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli 
Untuk pengertian resensi secara etimologi atau bahasa adalah berasal dari bahasa Latin yaitu Revidere, recensere ataupun recensio dan juga berasal dari bahasa Belanda yakni Resentie yang berarti meninjau kembali. Adapun istilah resensi dalam bahasa Inggris sering disebut dengan nama review.

Kamus Besar Bahasa Indonesia disingkat KBBI menjelaskan definisi resensi secara singkat dan sempit yaitu sebuah ulasan, pembicaraan dan pertimbangan mengenai buku. Sehingga yang ditinjau adalah pengertian resensi buku. Pembahasan atau resensi buku umumnya dicantumkan di berbagai koran, majalah maupun surat kabar nasional maupun lokal.

Sedangkan para pakar dan ahli mempunyai perbedaan pendapat mengenai arti, pengertian maupun definisi resensi. WJS Poerwadarminta berpendapat bahwa resensi adalah sebuah percakapan mengenai suatu buku atas kekurangan dan kelebihan karya tersebut. Semuanya dikupas tuntas secara lengkap dari mulai menarik tidaknya topik buku tersebut, isi buku tersebut menarik atau tidaknya, hingga pemberian kritikan terhadap karya tersebut. Dan tak lupa, memberikan rekomendasi bagi para pembaca mengenai perlu tidaknya bagi masyarakat luas untuk membaca buku tersebut.

Baca Juga : Contoh Puisi tentang Kemerdekaan Terbaru

Menurut Panuti Sudjiman, resensi yaitu hasil peninjauan atas sebuah karya tulis dengan jumlah kata yang terbatas atau artikel pendek. Sehingga yang dilihat dari pengertian ini adalah resensi buku bukan resensi film maupun drama.

Pengertian Resensi Buku
Pengertian Resensi Buku 
Euis Sulastri berpendapat resensi adalah istilah yang asal katanya dari bahasa Belanda yakni Resentie yang bermakna pembahasan atau ulasan. Sehingga dapat dikatakan pengertian resensi itu sendiri yaitu sebuah pembahasan dan tinjauan mengenai suatu karya drama, film maupun buku yang umumnya dapat disaksikan oleh masyarakat luas lewat media massa cetak dan elektronik berupa majalah, surat kabar, koran, televisi, dll.

Saryono mengemukakan pendapat bahwasanya resensi merupakan suatu artikel atau tulisan bersifat essai yabg berisikan ulasan dan laporan serta bagus tidaknya karya tersebut, argumen tidaknya karya itu, benar tidaknya buku tersebut, berguna tidaknya karya tersebut dan kuat tidaknya buku itu.

Unsur Unsur Resensi

unsur unsur resensi
unsur unsur resensi
Sebuah resensi tidak berdiri sendiri. Ada beberapa unsur yang membentuknya. Berikut ini struktur atau unsur unsur resensi, antara lain :

1.Judul resensi
Setiap resensi mesti mempunyai sebuah judul yang menarik untuk menimbulkan minat masyarakat membaca resensi tersebut. Judul biasanya singkat, padat dan ringkas yang mencerminkan isi resensi itu sendiri. Judul pada sebuah resensi jika diibaratkan adalah kepala pada tubuh manusia
2.Menyusun informasi buku
Untuk penyusunan data buku meliputi penyusunan judul, penerbit, pengarang, dimensi buku, tahun cetakan dan tahun terbit beserta harganya. Sehingga khalayak umum dapat melihat secara jelas gambaran fisik buku tersebut.
3.Isi resensi buku
Untuk isi resensi mengupas tuntas mengenai topik yang dibahas, kerangka buku, kekurangan buku, kelebihan buku tersebut.
4.Penutup resensi
Yang umumnya ditujukan untuk siapa buku itu ditulis dan untuk kalangan apa.
Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Semoga anda dapat memahami pengertian resensi buku menurut para ahli. Khususnya bagi kalangan pelajar yang mencari informasi tentang resensi buku.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli

0 komentar: