LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Pendidikan Lengkap, Macam dan Sejarahnya di Indonesia

Loading...
Pengertian Pendidikan Lengkap, Macam dan Sejarahnya di IndonesiaPendidikan ialah pembelajaran pengetahuan, ketrampilan, serta tradisi serangkaian orang yang di turunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya lewat pengajaran, kursus, atau pengamatan. Pendidikan seringkali terjadi dibawah arahan orang-orang, akan tetapi juga sangat mungkin dengan cara otodidak. 

Pengertian Pendidikan Lengkap, Macam dan Sejarahnya di Indonesia
Pengertian Pendidikan
Etimologi kata pendidikan tersebut datang dari bahasa Latin yakni ducare, bermakna “menuntun, mengarahkan, atau memimpin” serta awalan e, berarti “keluar”. Jadi, pendidikan berarti aktivitas “menuntun ke luar”. 

BACA JUGA : Pengertian Demokrasi Lengkap

Tiap-tiap pengalaman yang mempunyai dampak formatif pada metode orang berfikir, merasa, atau perbuatan bisa dipandang pendidikan. Pendidikan biasanya dibagi menjadi sesi seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan perguruan tinggi, kampus atau magang.

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Pengertian pendidikan secara umum yaitu sebuah upaya yang dilakukan secara terencana, matang dan sadar dalam proses pengembangan manusia sesuai bakat dan keterampilan yang dimilikinya. Proses pengembangan kemampuan siswa itu dijalankan secara sistematis, aktif dan menyenangkan. Sehingga para peserta didik bisa memaksimalkan potensi dirinya yang terpendam dalam aspek keterampilan sosial, akhlak mulia, kecerdasan, kepribadian, pengendalian diri dan spiritual.

Pengertian pendidikan secara umum
Pengertian pendidikan secara umum
Orang yang mengalami proses pendidikan di sekolah akan berbeda dengan orang yang tidak mengenyam pendidikan. Orang yang mengecap pendidikan maka taraf kehidupan bisa lebih baik dengan bekal ilmu dan pengetahuan yang didapatkan dari bangku sekolah. Dengan demikian, sangat jelas bahwasanya pengertian pendidikan adalah sebuah proses transfer ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga para murid bisa memahami dan mengerti dalam mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.

Pengertian Pendidikan Menurut Bahasa

Berbagai artikel dan makalah banyak yang membahas pengertian pendidikan itu sendiri baik secara bahasa, istilah maupun secara umum. Adapun pengertian pendidikan menurut etimologi atau bahasa berasal dari bahasa latin yakni educatum yang berarti e dan duco. E bermakna proses pengembangan diri dari hal sedikit ke hal yang banyak ataupun pengembangan manusia dari dalam diri ke luar kehidupan. Sedangkan Duco bermakna suatu hal yang telah berkembang.

pengertian pendidikan menurut etimologi atau bahasa
pengertian pendidikan menurut etimologi atau bahasa
Dengan demikian, pengertian pendidikan secara lughowi adalah sebuah proses pengembangan kekuatan individu, pengembangan kemampuan diri untuk diaplikasikan ke dalam kehidupannya sehari-hari. 

BACA JUGA : Pengertian Ilmu Pembahasan Secara Lengkap

Atas kenyataan ini membuat pendidikan yang dalam bahasa Inggrisnya education menjadi sebuah proses penting dalam kehidupan manusia untuk memajukan dirinya ke arah kehidupan yang lebih baik dan sempurna.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
Berikut ini berbagai pengertian pendidikan yang diutarakan menurut para ahli, antara lain :

1.Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahwa pengertian pendidikan yaitu sebuah proses yang dilakukan untuk mengubah perilaku dan sikap kelompok atau individu yang lebih dewasa lewat pelatihan dan pengajaran. Pendidikan merupakan proses mendidik manusia dari yang tidak tahu menjadi tahu dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan kata campuran dengan imbuhan awalan pe dan akhiran an. Sedangkan akar katanya adalah didik. Dalam arti, sebuah proses mendidik manusia secara sistematis dan bertahap bukan hanya mengajarkan pengetahuan. Pendidikan adalah mendidik tata krama dan tindakan manusia selain mentransfer sejumlah ilmu dan keterampilan. Sehingga tercipta manusia yang paripurna.

2.Menurut Ki Hajar Dewantara

Salah satu bapak Pendidikan Nasional Indonesia adalah Ki Hajar Dewantara memberikan pengertian pendidikan yakni sebuah upaya menuntun para siswa secara maksimal dalam mengembangkan potensi diri untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan sebesar mungkin.

3.Menurut Martinus Jan Langeveld, pengertian pendidikan yaitu upaya yang dilaksanakan dalam rangka menolong para siswa untuk memperoleh bekal ilmu dan pengetahuan sehingga bisa melaksanakan kehidupan di muka bumi secara bertanggungjawab, kreatif dan mandiri. Pendek kata, pendidikan adalah sebuah upaya dalam mendewasakan manusia yang belum dewasa.

Macam Macam Pendidikan

Pendidikan merupakan persoalan hak asasi manusia (HAM) setiap orang. Sehingga setiap negara wajib menyelenggarakannya untuk mencerdaskan dan mendewasakan manusia. Sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 bahwasanya setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. 

BACA JUGA : Pengertian Puisi dan Contoh Puisi

Oleh sebab itu, pemerintahan Indonesia melalui Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan proses belajar mengajar atau pendidikan secara formal dan sistematis di sekolah. 

macam-macam pendidikan
macam-macam pendidikan
Adapun macam-macam pendidikan di sekolah sangatlah banyak. Seperti pendidikan anak usia dini, pendidikan taman kanak kanak, pendidikan sekolah dasar selama 6 tahun di SD atau madrasah ibtidaiyah, pendidikan di SMP atau madrasah tsanawiyah selama 3 tahun, pendidikan di sekolah menengah atas dan perguruan tinggi. Namun pemerintah Indonesia saat ini memberlakukan program wajib belajar secara gratis hingga jenjang SMP.

Sejarah Pendidikan di Indonesia

Jika kita tilik ke masa lalu, sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia dimulai dari jaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu, pemerintahan kolonial Belanda menyelenggarakan pendidikan secara terbatas bagi masyarakat Hindia Belanda. Adapun jenjang pendidikan adalah sekolah dasar bagi pribumi dinamakan HIS. Sedangkan jenjang sekolah dasar khusus orang eropa bernama ELS. Kemudian ada jenjang sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Semua itu dilakukan sebagai politik balas budi.
sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia
sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia
Adapun mata pelajaran yang diajarkan di bangku sekolah, antara lain : agama, bahasa Indonesia, matematika, pancasila dan kewarganegaran, prakarya, olahraga jasmani dan kesehatan, bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi, sejarah, geografi, seni musik, seni rupa, ekonomi, keterampilan, seni tari, dan bahasa daerah.

Sistem pendidikan di Indonesia telah diatur lewat Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. Yang salah satu pointnya membahas pengertian pendidikan menurut UU dan menyatakan bahwa pendidikan bisa dilakukan secara formal di sekolah, non formal maupun informal. Demikianlah pengertian pendidikan lengkap, macam dan sejarahnya di Indonesia. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Pendidikan Lengkap, Macam dan Sejarahnya di Indonesia

0 komentar: