LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli - Negara Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak pulau dan propinsi. Untuk mengelola wilayah yang besar maka pemerintahan Indonesia menerapkan sistem otonomi daerah. Bagi kalangan pelajar atau mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan pastinya sudah paham arti otonomi daerah yang disebut otda. Namun bagi kalangan umum masih belum jelas apa itu pengertian otonomi daerah yang sesungguhnya.

Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli
Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli 
Pengertian otonomi daerah menurut istilah yaitu sebuah kewenangan yang melekat pada pemerintahan daerah dalam mengelola sendiri berhubungan dengan sistem pemerintahan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat setempat. Adapun pemberlakuan otonomi daerah berlaku bagi semua daerah dan propinsi di Indonesia yang diatur berdasarkan ketetapan Undang Undang dan Peraturan Pemerintah.

Baca Juga : Pengertian Demokrasi dan Sejarahnya Lengkap

Adapun pengertian otonomi daerah secara bahasa atau etimologi adalah autos dan namos yang berasal dari bahasa Yunani. Autos berarti sendiri. Dan namos berarti aturan. Sehingga otonomi daerah adalah sebuah daerah yang berjalan sesuai aturan sendiri berdasarkan kewenangan yang diberikannya oleh pemerintahan pusat. Dimana setiap pemerintah daerah bisa membuat aturan sendiri untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat di daerahnya.

Pengertian Otonomi Daerah
Pengertian Otonomi Daerah
Sedangkan menurut Undang Undang Nomor 32 tahun 2004 dijelaskan definisi otonomi daerah yaitu sebuah kewajiban, wewenang dan hak suatu daerah untuk mengelola dan memanage daerahnya sendiri dalam hal-hal tertentu yang berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat setempat yang dikuatkan oleh undang-undang dan peraturan yang ada.

Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli

Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli
Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli 
Bila anda masih belum jelas arti otonomi daerah, berikut ini penjelasan lengkap pengertian otonomi daerah menurut para ahli, antara lain :

1. Pengertian Otonomi Daerah Menurut Benyamin Hoesein mengatakan otonomi daerah yaitu sebuah pemerintahan daerah oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat di sebagian daerah di Indonesia di luar kewenangan pemerintahan pusat.

2. Pengertian Otonomi Daerah Menurut Ateng Syarifuddin berpendapat bahwa otonomi daerah merupakan suatu kemandirian atau kebebasan suatu daerah yang bersifat terbatas. Adapun kemandirian atau kebebasan yang diberikan oleh pemerintahan pusat mesti bisa dipertanggungjawabkan.

3. Pengertian Otonomi Daerah Menurut F Sugeng Istianto berkata bahwasanya definisi otonomi daerah  atau otda adalah wewenang dan hak suatu daerah untuk mengelola sumber daya alam dan rumahtangganya sendiri tanpa campur tangan pihak pemerintahan pusat. Hal itu semata-mata dilakukan untuk mempercepat kesejahteraan penduduk setempat.

Baca Juga : Pengertian Ideologi Pancasila dan Ideologi Lainnya

4. Pengertian Otonomi Daerah Menurut Vincent Lemius, pengertian otonomi daerah yaitu sebuah kewenangan dan kebebasan yang dimiliki suatu daerah dalam mengambil keputusan administrasi dan politik sesuai peraturan yang berlaku.

5. Pengertian Otonomi Daerah Menurut Syarif Saleh mengartikan otonomi daerah sebagai sebuah hak mutlak yang dimiliki suatu daerah dalam mengelola dan mengurus dapur rumahtangganya sendiri sesuai yang diberikan oleh pemerintahan pusat untuk dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan rakyat setempat. Dalam arti, ruang lingkup otonomi daerah bersifat terbatas hanya mencakup daerah tertentu saja.

Tujuan Otonomi Daerah

Tujuan Otonomi Daerah - Jika dahulu pemerintahan Indonesia menerapkan sistem sentralistik atau terpusat. Namun seiring dengan tuntutan berbagai elemen masyarakat luas di sejumlah daerah, pemerintah saat ini mengakomodir keinginan bangsa Indonesia tersebut. Salah satu bentuknya dengan mengeluarkan berbagai undang-undang dan peraturan yang mengatur pelaksanaan otonomi daerah (Otda) di tanah air.

Tujuan Otonomi Daerah
Tujuan Otonomi Daerah
Dengan adanya peraturan sistem otonomi daerah maka diharapkan sebuah daerah bisa hidup mandiri dan hasil sumber daya alam daerah setempat bisa dioptimalkan oleh penduduk setempat. Tidak seperti jaman dahulu yang semua harta kekayaan alam daerah dikuasai oleh pemerintah pusat dan dengan pembagian yang tak proporsional.

Berikut ini tujuan diadakannya otonomi daerah di tanah air, antara lain :

1.Tujuan politik

Dengan diadakannya otonomi daerah di suatu daerah memiliki tujuan supaya tercipta pelayanan terhadap masyarakat lebih baik dan maksimal, dibangunnya berbagai fasilitas sarana dan prasarana yang layak yang dibutuhkan warga setempat dan pemberdayaan masyarakat lebih optimal serta terbangun proses demokrasi yang baik di daerah tersebut lewat DPRD dan partai politik

2.Tujuan ekonomi

Adanya otonomi daerah di setiap daerah diharapkan dapat mempercepat peningkatan ipm atau indeks pembangunan manusia. Dimana kehidupan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat lebih terjamin dan optimal. Hal inilah yang membuat kehadiran otonomi daerah membuat banyaknya raja raja kecil atau orang-orang kaya baru di setiap daerah.

Baca Juga : Pengertian Pemasaran dan Strategi Pemasaran Lengkap

Itulah pengertian otonomi daerah menurut para ahli dan manfaat serta tujuannya yang dapat saya sampaikan. Semoga berfaedah bagi anda semua.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli

0 komentar: