LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Negosiasi Secara Bahasa, Umum Dan Tujuannya

Loading...
Pengertian Negosiasi Secara Bahasa, Umum Dan Tujuannya - Pengertian negosiasi secara bahasa berasal dari bahasa Inggris yakni to be negotiating dan to negotiate yang berarti menawar atau merundingkan. Kata ini begitu populer dalam istilah perundingan dan perdamaian. Namun begitu bisa diimplementasikan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Begitu pentingnya ilmu negosiasi sehingga orang yang menguasai teknik negosiasi yang baik dan benar maka akan dimudahkan urusan hidupnya di tengah masyarakat.

Pengertian Negosiasi Secara Bahasa, Umum Dan Tujuannya
Pengertian Negosiasi Secara Bahasa, Umum Dan Tujuannya
Dari kata to negotiate bisa membuahkan beberapa turunan. Salah satunya negotiation yang berarti suatu kegiatan untuk merundingkan atau membicarakan segala sesuatu hal secara bersama-sama yang menguntungkan kedua belah pihak. Sehingga dapat disetujui oleh lawan atau orang lain yang kita ajak berunding. Turunan lainnya adalah kata negotiable yang berarti sesuatu hal yang bisa ditawar, dirundingkan dan dibicarakan.

Baca Juga : Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli

Betapa penting dan bermanfaat negosiasi sehingga bangsa Indonesia bisa merdeka dan terbebas dari penjajahan. Negosiasi yang dilakukan oleh Bapak Pendiri Bangsa bukan hanya ditujukan untuk kalangan dalam negeri tapi juga orang luar negeri. Dan terbukti negosiasi-negosiasi yang dilakukan para pemimpin Indonesia pada jaman dulu sangat efektif dan efisien.

Pengertian Negosiasi Secara Bahasa, Umum Dan Tujuannya

Pengertian Negosiasi
Pengertian Negosiasi 
Adapun pengertian negosiasi secara umum atau luas yakni sebuah wujud hubungan interaksi langsung antara berbagai pihak yang berkaitan untuk mencari jalan keluar atas permasalahan yang terjadi. Dimana diantara pihak yang terlibat tersebut mempunyai kepentingan masing-masing yang berbeda. Sehingga dengan jalan negosiasi tersebut bisa dihasilkan kesepakatan bersama yang masing-masing menyetujui dan menguntungkan baginya.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Secara Jelas dan Lengkap

Untuk definisi negosiasi secara khusus atau sempit dalam soal bisnis adalah suatu wujud pertemuan antara dua pihak atau lebih untuk membicarakan persoalan bisnis. Isi dalam proses negosiasi bisa meliputi tawar menawar, memberi maupun menerima. Sehingga didapatkan sebuah kesepakatan bisnis bersama yang menguntungkan kedua belah pihak. Orang yang pandai bernegosiasi disebut pula negosiator.

Tujuan Negosiasi

 tujuan negosiasi
 tujuan negosiasi
Sementara itu, tujuan negosiasi berbeda-beda tergantung topik dan tema disesuaikan keinginan yang ingin didapatkan. Berikut ini contoh tujuan negosiasi dalam bisnis, antara lain :

1. Untuk memperoleh pengertian dan persepsi yang sama. Sehingga timbul persetujuan dan kesepakatan bersama. Dimana kesepakatan tersebut pastinya akan menguntungkan kedua belah pihak

2. Mencari jalan keluar bersama atas suatu permasalahan yang tengah terjadi. Dengan bernegosiasi atas sesuatu hal yang menguntungkan kedua belah pihak pastinya proses negosiasi anda akan mudah mendapatkan persetujuan pihak lawan.

Manfaat Negosiasi Bisnis

Manfaat Negosiasi Bisnis
Manfaat Negosiasi Bisnis
Seseorang melakukan negosiasi pastinya mempunyai tujuan. Yang diharapkan hasilnya akan memberikan manfaat tersendiri baginya. Untuk lebih jelas, berikut ini manfaat diadakannya negosiasi adalah  yaitu untuk menumbuhkan sikap saling kerjasama dan persaudaraan yang erat atas dasar pengertian dan pandangan yang sama.

Baca Juga : Pengertian Pemasaran Jelas dan Lengkap

Selain bekerjasama dalam mencari jalan keluar atas setiap permasalahan yang terjadi dengan damai dan kepala dingin. Untuk negosiasi dalam soal bisnis pastinya akan meningkatkan perekonomian setiap orang yang terlibat dalam negosiasi tersebut secara umum. Bahkan proses negosiasi dalam bisnis berguna untuk memperluas pangsa pasar yang bermanfaat untuk memperbesar tingkat penjualan.

Dalam bisnis, peranan negosiasi sangat pokok terutama untuk mengembangkan perusahaan itu sendiri, meyakinkan banyak klien, memperluas pasar, meningkatkan laba, memperkecil resiko kerugian, dan lain sebagainya. Sebuah perusahaan yang memiliki kemampuan dalam bernegosiasi yang baik pastinya di masa depan akan menjadi sebuah perusahaan besar yang menguntungkan dan sukses.

Manfaat Negosiasi Bisnis
Manfaat Negosiasi Bisnis
Adapun pengertian negosiasi menurut wikipedia merupakan suatu interaksi sosial sesama manusia untuk bersama-sama mencari jalan keluar atas permasalahan yang sedang terjadi. Masing-masing pihak mempunyai tujuan yang saling bertentangan namun dapat disatukan dengan jalan negosiasi ulung. Dan pastinya supaya proses negosiasi berjalan lancar pastikan hasil negosiasi berupa kesepakatan saling menguntungkan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Namun berdasarkan hukum internasional, kesepakatan yang didapatkan hasil negosiasi harus dipatuhi secara bersama dan mengikat. Jika ada salah satu pihak yang melanggarnya maka ada sangsi atau konsekwensi bagi yang melanggarnya.

Baca Juga : Pengertian Administrasi Secara Umum

Demikianlah pengertian negosiasi secara bahasa, umum dan tujuannya serta manfaatnya. Jika anda ingin menjadi orang yang pandai melakukan negosiasi caranya sangat mudah. Yang paling utama adalah memenuhi kaidah negosiasi yang meliputi memiliki ketajaman pikiran, mempunyai selera humor yang tinggi, pandai berartikulasi, fokus, pandai bersosialisasi, memiliki daya tahan, bisa beradaptasi dan mempunyai sikap sabar.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Negosiasi Secara Bahasa, Umum Dan Tujuannya

0 komentar: