LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian Literasi Menurut Para Ahli - Bagi orang yang awam kata literasi teramat asing baginya. Padahal istilah ini sudah menjadi kata baku bahasa Indonesia. Bagi anda yang ingin mengetahui apa itu literasi, penulis akan menjabarkannya. Pengertian literasi secara umum adalah sebuah keterampilan, keahlian dan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah, menghitung, bercakap-cakap, menulis dan membaca dalam tingkatan kemampuan tertentu yang dibutuhkan dalam menjalani keseharian kehidupan.

Pengertian literasi terdiri dari dua bagian yakni pengertian secara bahasa dan istilah. Adapun pengertian literasi menurut bahasa berasal dari bahasa latin yakni literatus yang berarti individu yang belajar. Sedangkan pengertian literasi menurut istilah berbeda-beda tergantung sudut pandang yang dilihat. Menurut EDC atau Education Development Center, literasi adalah kemampuan pribadi seseorang dalam memakai keterampilan dan potensi yang ada dalam dirinya, bukan hanya sebatas keterampilan membaca dan menulis saja. 

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli
Pengertian Literasi Menurut Para Ahli 
Menurut National Institut for Literacy bahwa definisi literasi adalah keterampilan individu dalam menghitung, berkata-kata, menulis, membaca dan menyelesaikan masalah pada tahapan yang dibutuhkan di dalam masyarakat, keluarga dan pekerjaan. Sementara itu, kamus online bernama Merriam Webster mendefinisikan literasi merupakan keterampilan dalam menulis, membaca dan mengerti gagasan secara visual atau disingkat melek aksara. 

Baca Juga : Pengertian Seni Rupa Secara Lengkap

Lembaga organisasi terkenal UNESCO memberikan pengertian literasi secara lebih lengkap sebagai sejumlah kemampuan seseorang dalam menulis dan membaca sebagai keterampilan kognitif dan nyata. Tingkatan literasi seseorang pastinya berbeda satu sama lain. Faktor yang mempengaruhi tingkat literasi seseorang adalah pengalaman, nilai-nilai budaya, institusi, konteks nasional dan kompetensi akademik seseorang.

Pengertian Literasi
Pengertian Literasi 
Dari  penjelasan pengertian literasi di atas sudah jelas sekali bahwasanya literasi berhubungan dengan keterampilan baca tulis, angka dan aksara serta bahasa.  Seseorang dapat dikatakan memiliki literasi yang baik jika pandai membaca, menulis, menyimak dan berhitung secara baik serta mempunyai cara berkomunikasi yang baik di tengah masyarakat. Oleh sebab itu, anda perlu mengasah kemampuan literasi dengan cara rajin membaca, menyimak dan menulis serta berhitung.

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli
Pengertian Literasi Menurut Para Ahli 
Suatu peradaban menjadi besar dikarenakan adanya literasi yang baik dari suatu masyarakat. Dan lawan dari literasi yang baik adalah buta huruf. Dimana seseorang tak bisa membaca maupun menulis. Memang itulah yang diharapkan dari keberadaan literasi untuk menghilangkan buta huruf dan aksara. Sehingga setiap orang diharuskan mempunyai keterampilan membaca dan menulis sebagai keahlian dasar manusia sehari-hari. Yang mampu meningkatkan peradaban manusia.

Tak aneh jika saat ini pemerintah secara konsisten menggalakan program literasi di tingkat kota sampai pelosok desa terpencil. Diharapkan masyarakat bisa membangun peradaban dengan bekal ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Adapun untuk mendapatkan kemampuan literasi yang baik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengenyam pendidikan di sekolah formal maupun informal serta rajin membaca buku.

Baca Juga : Pengertian Apresiasi Seni Jelas dan Rinci

Namun yang menjadi hambatan dalam program literasi di tanah air adalah budaya baca buku masyarakat Indonesia yang sangat rendah dibandingkan dengan negara tetangga kita dan negara maju di dunia. Dengan minat baca yang rendah akan berdampak pada keterampilan literasi menjadi buruk, rendah dan kurang optimal pula. Padahal saat ini merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan kemampuan literasi sobat. Mengingat ada banyak media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi seseorang. Seperti menggunakan teknologi internet, banyaknya toko buku, dan lainnya.

Harapan bangsa Indonesia mempunyai kemampuan literasi yang baik bisa menjadi kabur disebabkan beberapa faktor, antara lain :
1.Sangat sedikit bahan buku bacaan yang beredar di tanah air
2.Minat baca guru sangat rendah
3.Perpustakaan yang sangat langka dan kurang menarik untuk dikunjungi.

Macam Macam Literasi

Literasi terdiri dari berbagai macam atau jenis, antara lain :

Macam Macam Literasi
Macam Macam Literasi
1.Literasi kesehatan

Yaitu suatu ketrampilan seseorang dalam mengerti data kesehatan beserta layanannya. Yang berguna untuk mengambil keputusan yang pas soal kesehatan.

2.Literasi keuangan

Inilah jenis literasi yang tak kalah penting dikuasai orang. Literasi keuangan adalah keterampilan seseorang dalam menyimak data data keuangan sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam hal pengaturan keuangan.

3.Literasi digital

Keterampilan untuk menjalankan komputer, laptop maupun internet 

4.Literasi data

5.Literasi kritikal

6.Literasi teknologi

7.Literasi visual

8.Literasi informasi

9.Literasi statistik

Baca Juga : Pengertian Buku Digital Yang Jelas dan Lengkap

Itulah pengertian literasi menurut para ahli berikut jenis-jenis dan faktor penghambatnya. Semoga dapat memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat bagi anda semua.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

0 komentar: