Thursday, September 20, 2018

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli - Apa sih hubungan internasional itu? Mungkin itulah yang anda tanyakan ketika mendengar istilah hubungan internasional. Secara umum pengertian hubungan internasional adalah sebuah hubungan interaksi yang berlangsung antara satu pihak dengan pihak lain, antara satu personal dengan personal lain dan antara satu negara dengan negara lain. 

Lalu apa yang mendasari terjadinya hubungan internasional? Hal ini tak terlepas dari setiap individu, kelompok maupun negara mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga setiap individu, kelembagaan dan negara tidak bisa hidup sendiri melainkan membutuhkan bantuan orang lain atau negara lain di dunia ini untuk melengkapi kekurangannya. Fakta tersebut membuat terciptanya sebuah hubungan dalam skala luas yakni hubungan internasional.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli
Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli
Dalam pengertian hubungan internasional secara umum bukan hanya meliputi saling melengkapi. Tapi juga hubungan internasional mencakup soal persahabatan, persengketaan, kerjasama, permusuhan, peperangan, dan lain sebagainya. Arti hubungan internasional lebih luas sama seperti hubungan manusia dengan manusia lainnya.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian Hubungan Internasional
Pengertian Hubungan Internasional
Adapun pengertian hubungan internasional secara umum adalah proses terjadinya kerjasama yang saling menguntungkan antara satu negara atau bangsa dengan negara atau bangsa lainnya dalam skala internasional maupun regional. Ada banyak sebab sebuah negara menjalin kerjasama hubungan internasional dengan negara lain seperti pandangan yang sama.

Baca Juga : Pengertian Demokrasi

Hubungan internasional bukan hanya bisa dilakukan dalam skala satu negara dengan negara lain. Tapi juga bisa dilakukan satu bangsa dengan bangsa lain, satu pemerintahan dengan pemerintahan negara lain, satu badan usaha dengan badan usaha negara lain, satu organisasi politik dengan lembaga di negara lain, dan satu warga negara dengan warga negara asing.
Pengertian Hubungan Internasional Menurut
Pengertian Hubungan Internasional Menurut
Setelah menjelaskan hubungan internasional secara umum, berikutnya akan dijelaskan pengertian hubungan internasional menurut para ahli.  Berikut ini pandangan para pakar mengenai pengertian hubungan internasional, antara lain :

1. Pengertian Hubungan Internasional Menurut Ishaq Rahman berpendapat hubungan internasional adalah sebuah ilmu yang berkaitan dengan berlangsungnya hubungan antara negara satu dengan negara lain di dunia.

2. Pengertian Hubungan Internasional Menurut J.C Johari menegaskan hubungan internasional adalah sebuah disiplin ilmu yang mengupas tuntas mengenai hubungan yang terjadi antara negara satu dengan negara lain yang ada di dunia secara berdaulat.

3. Pengertian Hubungan Internasional Menurut Raymond Aron berkata bahwasanya hubungan internasional merupakan sebuah hubungan yang berlangsung antar politik sebagai penentu keputusan keadilan dan menentukan bersengketa atau tidaknya.

Baca Juga : Pengertian Asimilasi

4. Pengertian Hubungan Internasional Menurut Tygve Nathlessen melihat pengertian hubungan internasional sebagai bagian atau komponen dari ilmu organisasi sosial internasional, administrasi internasional dan politik internasional.

5. Pengertian Hubungan Internasional Menurut Robert Gilpin dan Schawarzeneger berpendapat bahwa hubungan internasional merupakan bagian disipilin ilmu sosial, ekonomi dan politik dalam skala pergaulan internasional

Tujuan Hubungan Internasional

Tujuan Hubungan Internasional
Tujuan Hubungan Internasional
Arti penting hubungan internasional sangat besar bagi sebuah negara. Hubungan internasional memiliki beberapa tujuan dan cita-cita sangat tinggi yaitu untuk menciptakan saling pengertian antara satu negara atau bangsa dengan negara atau bangsa lain di dunia, saling menjalin persahabatan yang lebih erat antara negara satu dengan negara lain, mempererat persaudaraan antara satu bangsa dengan bangsa lain di dunia, membantu negara yang sedang mengalami krisis atau musibah, menjalin kerjasama ketertiban dan perdamaian dunia, menjalin kerjasama ekonomi dan perdagangan antara satu negara dengan negara lain dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Buku Digital

Sama seperti individu ada banyak karakter dan tabiat setiap negara dalam melakukan hubungan internasional. Misalkan adanya anomali. Seperti sebuah negara yang melakukan isolasi diri dari dunia luar. Apabila ada sebuah negara yang tidak mau melakukan hubungan internasional pastinya negara tersebut akan tertinggal jauh dari negara lain. Dimana kebutuhan negara tersebut tidak bisa dipenuhi secara baik dan menjadi negara yang terkucil. Pendek kata, saat ini bukan lagi jamannya sebuah negara mengucilkan diri dari hubungan internasional. Setiap negara membutuhkan bantuan dari negara lain di dunia. 

Saat ini menurut pengamatan penulis, hubungan internasional lebih luas lagi dan lebih kompleks. Antara satu negara dengan negara lain saling bekerjasama dalam bidang tertentu yang kadang bukannya menyelesaikan masalah tapi menambah persoalan baru. Pengertian hubungan internasional menurut para ahli untuk menciptakan dunia lebih baik terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Menyukai tanpa perlu merasakan. Mengenal tanpa perlu membedakan.