Friday, September 21, 2018

Pengertian Hikayat, Fungsi, Ciri Ciri, Struktur, Jenis Dan Contoh

Salah satu mata pelajaran yang disenangi penulis ketika duduk di sekolah dasar, SMP dan SMA adalah Bahasa Indonesia. Dan diantara banyak materi pelajaran bahasa Indonesia ada materi pelajaran tentang majas dan hikayat.  

Hikayat yang termasuk salah satu jenis prosa maupun sastra sangat disukai penulis.  Untuk mengetahui lebih lengkap terhadap prosa hikayat, penulis akan menjelaskan pengertian hikayatberikut fungsi, ciri-ciri dan contohnya

Pengertian Hikayat, Fungsi, Ciri Ciri, Struktur, Jenis Dan Contoh
Pengertian Hikayat
Pengertian hikayat menurut Wikipedia yaitu suatu karya sastra dalam bentuk prosa berbahasa melayu yang isinya mengenai dongeng, cerita dan kisah. Adapun kisah dan cerita yang diungkapkan biasanya mengenai kepahlawanan dan keperkasaan seseorang beserta mukjizat, kedigdayaan dan keanehannya secara lengkap. Ada banyak penggemar hikayat di Indonesia. Karena karya sastra ini sangat enak dinikmati dan indah ketika dibaca.

Pengertian Hikayat, Fungsi, Ciri Ciri, Struktur, Jenis Dan Contoh

Pengertian Hikayat
Pengertian Hikayat
Pengertian hikayat secara bahasa berasal dari bahasa arab yaitu Haka berarti menceritakan atau bercerita. 

Baca Juga : Pengertian Majas

Sehingga arti hikayat secara istilah atau terminologi adalah suatu karya sastra yang menceritakan atau bercerita dalam bentuk prosa tentang kehebatan seseorang secara lengkap.

Fungsi Hikayat

Fungsi Hikayat
Fungsi Hikayat
Berdasarkan sejarah ,keberadaan hikayat telah ada sejak jaman nenek moyang. Hikayat waktu dulu berfungsi dan dipergunakan sebagai sarana hiburan dalam memeriahkan pesta pernikahan, pelipur lara atau alat untuk menghibur diri, dan membangkitkan semangat. Hingga kini pun masih ada yang menggunakan hikayat untuk kepentingan tersebut.

Ciri Ciri Hikayat

ciri ciri hikayat
ciri-ciri hikayat
Bagi anda yang ingin mengenal lebih dalam mengenai sastra hikayat, berikut ini ciri-ciri hikayat, antara lain :

1.Anonim

Dalam arti, umumnya suatu prosa hikayat tidak diketahui nama asli pengarangnya.

2.Istana Sentris

Di dalam hikayat biasanya bercerita mengenai tokoh yang berhubungan langsung dengan suasana kerajaan atau istana. Dengan kata lain, pusat cerita di sekitar kehidupan kerajaan.

3.Statis

Umumnya hikayat memiliki sifat yang tetap.

4.Memakai bahasa kiasan atau klise

Hikayat memiliki gaya bahasa pengulangan

5.Komunal

Sebuah hikayat pastinya jadi kepunyaan publik secara menyeluruh tanpa adanya hak cipta yang melekat pada seseorang

6.Bersifat Tradisional dan Didaktis

Dalam arti, hikayat melukiskan latar belakang tradisi dan budaya klasik yang baik dan bersifat mendidik dalam segi agama dan perbuatan

7.Universal

Apa yang diceritakan oleh hikayat bersifat universal atau menyeluruh. Dalam arti, topik yang diangkat misalkan antara pertempuran antara kejahatan dan kebaikan. Yang akhirnya dimenangkan oleh pihak kebaikan

Baca Juga : Pengertian Negosiasi

8.Magis

Dalam arti, para pembaca akan dibawa pada sesuatu hal yang indah, imajinatif atau khayal yang mempesona.

Struktur Hikayat

Struktur Hikayat
Struktur Hikayat
Hikayat lahir tidak dengan sendirinya. Melainkan ada unsur-unsur dan struktur pembangunnya. Berikut ini struktur hikayat, antara lain :

1.Adanya ide

Hikayat muncul dari adanya topik atau gagasan yang hendak diungkapkan. Yang kemudian berwujud dalam alur cerita bernama hikayat

2.Latar

Di dalam hikayat terdapat gambaran jelas tentang latar, kondisi, waktu dan tempat alur cerita yang dikisahkan secara gamblang dalam sebuah hikayat

3.Alur

Sama seperti karya sastra lainnya seperti novel maka hikayat memiliki alur atau jalan cerita

4.Amanat

Sebuah karya sastra tidak bagus tanpa adanya amanat. Dan umumnya sebuah karya sastra selain menampilkan keindahan juga menampilkan nasihat atau amanat bagi para pembacanya. Begitu juga karya sastra hikayat mengandung amanat di dalamnya.

5.Tokoh

Di dalam hikayat terdapat beberapa tokoh di dalamnya. Baik tokoh pendukung ataupun tokoh utama. Setiap tokoh memiliki watak dan karakter masing masing.

6.Sudut pandang

Jalan cerita diuraikan dari sudut pandang pencerita.

7.Gaya

Gaya bahasa yang dipergunakan dalam hikayat sama seperti karya sastra lain yang dipenuhi dengan gaya bahasa super indah seperti majas dan perumpamaan beserta unsur seni yang lain.

Jenis Jenis Hikayat

Jenis Jenis Hikayat
Jenis Jenis Hikayat
Hikayat mempunyai beberapa macam dan jenis yang dilihat berdasarkan asal daerah dan isinya. Berikut ini jenis-jenis hikayat yang perlu sobat ketahui, antara lain :

1. Hikayat yang berdasarkan isi terdapat berbagai jenis dan macam. Seperti : cerita berbingkat, biografi, sejarah, cerita islami, cerita jawa, epos India dan cerita rakyat.

2. Hikayat berdasarkan asal daerah. Seperti : Hikayat malim Deman, Hikayat Indera bangsawan, Hikayat Si Miskin, Hikayat Hang Tuah, dan Hikayat melayu asli.
Untuk contoh hikayat adalah hikayat Anglingdarma, hikayat Cekel Weneng Pati, Hikayat Panji Semirang, hikayat mahabarata, Ramayana, Hikayat seribu satu malam, hikayat pahlawan Islam Amir Hamzah Bin Abdul Muthalib, Hikayat Abu Nawas dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Hubungan Internasional

Demikianlah pengertian hikayat, fungsi, ciri-ciri, struktur, jenis dan contoh hikayat yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Menyukai tanpa perlu merasakan. Mengenal tanpa perlu membedakan.