LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Drama Modern Dan Tradisional Lengkap

Loading...
Pengertian Drama Modern Dan Tradisional Lengkap – Siapa sih yang tidak mengenal drama? Pastinya setiap orang mengenalinya. Bahkan kehidupan ini merupakan drama itu sendiri. Berbagai ilmuwan dan para ahli mencoba memberikan pengertian apa itu drama. Namun semua itu hanya dari sudut pandangnya yang sempit. Yang lebih akurat adalah pengertian drama dari segi umum atau bahasa yaitu berlaku, bertindak, berbuat dan lainnya.

Akar kata drama adalah draomai yang asal katanya dari bahasa Yunani. Drama merupakan tindakan ataupun perbuatan seseorang yang sudah ditentukan alur ceritanya. Nicky Astria dalam salah satu judul lagunya Sandiwara Cinta mengumpamakan kehidupan ini adalah panggung drama atau sandiwara. Dimana banyak kisah drama seperti drama cinta, drama radio, drama televisi, drama persahabatan, drama keluarga dll.  

Pengertian Drama Modern
Pengertian Drama Modern
Adapun pengertian drama secara umum adalah sebuah karya seni sastra yang ditulis secara menarik di dalamnya berisi alur, konflik dan percakapan antara para pemain. Maksud pembuatan drama umumnya untuk keperluan keagamaan, bisnis dan hiburan. Seperti untuk diperagakan  para aktor dan aktris bagi hiburan masyarakat di Indonesia. Drama tersebut bisa disaksikan di radio yang kemudian dinamakan drama radio, dan bisa pula drama ditayangkan di televisi menjadi sinetron, FTV series dll.

Selain dipentaskan dalam radio dan televisi, sebuah drama dapat dipentaskan dalam panggung teater. Yang kemudian disebut drama teater. Hal inilah yang membuat sebagian orang menyamakan pengertian drama dan teater. Padahal keduanya berbeda. Cakupan drama lebih luas. Sedangkan cakupan teater lebih sempit.

Selain itu, dapat dikatakan pula drama modern menggunakan sarana teknologi seperti radio, televisi dan internet. Sedangkan drama tradisional masih menggunakan perangkat lama seperti panggung dan teater. Setiap jenis drama tersebut memiliki keunggulan, kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

BACA JUGA : Pengertian Proposal Secara Lengkap dan Jelas

Menurut para ahli, drama merupakan sebuah cerita yang dipentaskan atas dasar suatu naskah yang dipertunjukkan di atas panggung. Ada banyak jenis drama yang paling digemari orang. Baik itu drama terkini maupun drama lama. Seperti Mahabarata, Rama dan Shinta, Laskar Pelangi, Ayat-Ayat Cinta dan lain sebagainya. 

Pengertian Drama Modern Dan Tradisional Lengkap

Apabila dilihat dari segi waktu, pengertian drama terdiri dari dua jenis yakni drama lama dan drama modern. Sedangkan jika ditinjau dari segi cakupan, pengertian drama bisa dilihat secara luas dan sempit. Untuk arti drama dalam sudut pandang yang luas yaitu suatu bentuk pementasan atau tontonan yang dapat disaksikan secara umum dan berisi alur cerita di dalamnya.

Pengertian Drama Modern Dan Tradisional

Adapun makna drama dalam arti yang lebih sempit adalah suatu rangkaian kisah hidup manusia yang kemudian ditampilkan dalam sebuah media seperti panggung, radio, televisi, internet dan perlengkapan elektronik lainnya. Sehingga dapat disaksikan oleh masyarakat secara umum. Adapun maksud pementasan drama tersebut untuk memberikan hiburan sekaligus pelajaran berharga bagi para penontonnya.

Jenis drama berdasarkan alur cerita terdiri dari drama fiksi dan drama non fiksi atau kenyataan. Untuk pengertian drama fiksi merupakan jenis drama karangan yang dibuat oleh penulis untuk melukiskan sebuah kehidupan manusia beserta tindakan dan watak yang sangat menarik untuk dipentaskan bagi masyarakat luas. Karena sifatnya yang sangat panjang terkadang sebuah drama terdiri dari beberapa babak atau episode.

BACA JUGA : Pengertian Gunung Secara Jelas

Sedangkan jika dilihat berdasarkan sejarah, drama telah ada sejak jaman dahulu kala. Dan terus dilestarikan hingga saat ini. Salah satu bukti historis menunjukkan bahwasanya pentas drama telah ada sejak abad ke-5 sebelum masehi di Yunani dengan penulis bernama Aeschylus. Waktu itu alur cerita drama berkisar pada soal persembahan dan pengorbanan manusia kepada para dewa. Untuk sejarah drama di Indonesia pun tak kalah jauh dengan sejarah drama di Yunani yang bercerita tentang keagamaan.

Pengertian Drama Tradisional
Pengertian Drama Tradisional 
Untuk jenis-jenis dan macam-macam drama pastinya berbeda-beda tergantung sudut pandang mana yang dilihat. Ada pembagian drama berdasarkan sarana, kisah dan tema. Seperti drama tragedi yang umumnya berkisah mengenai sebuah kesedihan. Lalu ada drama komedi yang sangat lucu dan membuat kita tertawa. Kemudian ada drama kombinasi antara komedi dan tragedi.

Selanjutnya adapula jenis drama opera yang dipentaskan menggunakan iringan musik dan lagu. Untuk drama berdasarkan jenis sarana, ada drama radio, drama panggung, drama film, drama televisi, drama boneka dan drama wayang. Dan berdasarkan teknik ada drama modern dan konvensional. Untuk pengertian drama modern dan tradisional lengkap sangatlah mudah. Jika drama menggunakan teknologi dan peralatan canggih maka disebut drama modern. Sedangkan drama tradisional hanya menggunakan alat-alat seadanya yang bersifat konvensional.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Drama Modern Dan Tradisional Lengkap

0 komentar: