LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Demokrasi, Sejarah, Macam Dan Prinsipnya Lengkap

Loading...
Pengertian Demokrasi, Sejarah, Macam Dan Prinsipnya Lengkap - Salah satu sistem pemerintahan yang banyak diadopsi banyak negara adalah sistem demokrasi. Dimana sistem ini mengikutsertakan rakyat dalam menjalankan roda pemerintahan.


Pengertian Demokrasi, Sejarah, Macam Dan Prinsipnya Lengkap

Contoh negara yang menganut sistem demokrasi, antara lain : Indonesia, Nigeria, Pakistan, Brazil, Perancis, Amerika Serikat, India, Rusia, Korea Selatan, Malaysia dan negara lain sebagainya.

Pengertian Demokrasi, Sejarah, Macam Dan Prinsipnya Lengkap

Pengertian demokrasi terbagi dua bagian yakni pengertian secara bahasa dan secara istilah. Secara bahasa, demokrasi terdiri atas dua akar kata yang berasal dari bahasa orang Yunani adalah demos dan kratos. Demos mengandung makna rakyat. Sedangkan kratos bermakna kekuasaan atau kekuatan. Sehingga demokrasi adalah sistem pemerintahan yang dijalankan atas dasar kekuasaan rakyat. Yang meliputi aspek politik, budaya, ekonomi, maupun sosial dll. 

BACA JUGA : Pengertian Ideologi dan Penjelasan Secara Lengkap

Adapun pengertian demokrasi menurut istilah yaitu suatu sistem pemerintahan yang berjalan secara baik atas keikut sertaan rakyat dalam pemerintahan. Dalam arti semua warga negara memperoleh kesempatan untuk menentukan arah roda pemerintahan. Pendek kata, sistem demokrasi menempatkan kehendak rakyat di atas segalanya.

Bentuk keterlibatan rakyat dalam roda pemerintahan diwujudkan dalam diberikannya kesempatan rakyat dalam memilih wakilnya dan memilih keputusan pemerintahan yang harus dilakukan. Bahkan setiap rakyatnya bisa mendaftarkan diri sebagai anggota DPR dan terlibat dalam dunia politik dari tingkat bawah sampai tertinggi. Partisipasi rakyat dalam pemerintahan diakui dan diatur lewat perundang-undangan yang berlaku.

Pengertian Demokasi Menurut Para Ahli

Abraham Lincoln yang disebut sebut sebagai Bapak Demokrasi mengatakan arti demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang berjalan untuk rakyat, oleh rakyat dan dari rakyat. Dengan demikian, mengutamakan kepentingan rakyat daripada kepentingan individu, kelompok maupun golongannya. Dalam arti, sistem demokrasi merangkul semua rakyat dan memberikan apa yang dikehendaki rakyat itu sendiri. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa pemimpin adalah pelayan bagi rakyatnya dan kelak akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya.


Pengertian Demokasi Menurut Para Ahli

Adapun menurut Charles Costello bahwa demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang bersifat sistem politik dan sosial yang dibatasi oleh hukum. Sehingga pihak pemegang kekuasaan yakni pemerintah tidak bisa berlaku sewenang-wenang sebab ada batasan hukum itu sendiri yang mengaturnya. Hal itu dilakukan semata-mata untuk melindungi hak dan kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan demokrasi.

Sejarah Demokrasi

Hal yang menjadi pertanyaan adalah dimana asal muasal lahirnya sistem pemerintahan demokrasi? Berdasarkan literatur sejarah, sistem demokrasi telah ada sejak era Yunani Kuno. Pada jaman itu segala sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan negara dan pengambilan keputusan pemerintahan selalu melibatkan semua rakyat. Macam demokrasi yang diterapkan waktu itu adalah demokrasi langsung atau disebut juga demokrasi murni.


Sejarah Demokrasi

Namun apakah sistem demokrasi masih bisa diterapkan dan sesuai dengan jaman saat ini? Tentu saja prinsip-prinsip demokrasi bisa diterapkan dan disesuaikan dengan jaman sekarang. Pendek kata, seiring dengan perkembangan jaman dan pertambahan penduduk semakin banyak sekitar 250 juta jiwa dengan wilayah negara sangat luas, sistem demokrasi bisa diterapkan dengan baik di Indonesia.
Salah satu bentuk sistem demokrasi saat ini adalah diadakannya Pemilu atau Pemilihan Umum dalam memilih anggota legislatif dan presiden. Rakyat yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia diwakilkan oleh beberapa gelintir orang yang duduk dalam Dewan Perwakilan Rakyat. Yang kemudian dinamakan sebagai demokrasi tidak langsung.

Macam Macam Demokrasi

Berbagai macam sistem demokrasi lahir di beberapa negara disesuaikan dengan kondisi negara bersangkutan. Contohnya di Indonesia pernah diterapkan sistem demokrasi terpimpin yang dipelopori oleh Presiden Soekarno. Kemudian seiring dengan pemerintahan Soekarno berakhir maka berdirilah pemerintahan Soeharto yang mengusung demokrasi pancasila sampai saat ini.


Macam Macam Demokrasi

Pengertian demokrasi pancasila adalah sebuah sistem pemerintahan yang dijalankan atas keterlibatan rakyat yang dijalankan sesuai kaidah-kaidah dan nilai dalam Pancasila yang luhur. Sampai pemerintahan Jokowi JK sekarang ini tetap konsisten menjalankan demokrasi Pancasila dengan berbagai perubahan yang disesuaikan dengan jaman yang ada. Namun prinsip demokrasi masih tetap dijalankan secara konsisten dan konsekuen.

Bukti sistem demokrasi dijalankan oleh pemerintah Indonesia adalah adanya pemilihan kepala desa secara langsung, pemilihan kepala daerah, walikota maupun gubernur dan DPR secara langsung. Bahkan pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung oleh rakyat. Sehingga rakyatlah yang menentukan siapa pemimpin pemerintahan yang akan mengarahkan jalannya kebijakan yang akan ditempuh. Rakyatlah yang menentukan kebijakan pemerintahan.

Prinsip-Prinsip Demokrasi

Mengenai prinsip-prinsip demokrasi adalah adanya partisipasi rakyat dalam sistem pemerintahan. Dimana rakyat dapat menyalurkan suara dan aspirasinya. Kemudian pemerintahan mendengar aspirasi tersebut dan memenuhinya. 

BACA JUGA : Pengertian Pancasila Dengan Penjelasannya

Seperti contoh, kasus pemekaran wilayah di Indonesia yang berdasarkan atas aspirasi rakyat Indonesia. Sehingga kemakmuran dan keadilan lebih bisa diciptakan dengan dibentuknya sistem demokrasi.


Prinsip-Prinsip Demokrasi

Berikut ini penjelasan lengkap prinsip-prinsip demokrasi, antara lain :
1.Pemerintahan berjalan atas dasar perundang-undangan atau konstitusi
2.Kebebasan berserikat atau berkumpul dan berpendapat
3.Sistem peradilan yang bebas dari intervensi dan tak memihak
4.Pergantian kepala pemerintahan secara berkala yang diatur oleh undang-undang
5.Pemberian jaminan HAM bagi semua rakyat
6.Setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama di depan hukum atau supremasi hukum
7.Kebebasan pers dan menyalurkan aspirasi
Demikianlah pengertian demokrasi, sejarah, macam dan prinsipnya lengkap. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan referensi yang berguna bagi anda untuk mengenal lebih dalam sistem demokrasi di Indonesia dan dunia secara umum.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Demokrasi, Sejarah, Macam Dan Prinsipnya Lengkap

0 komentar: