LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Manusia

Loading...
Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Manusia – Di dunia ini segala sesuatu berpasangan. Ada langit dan ada bumi. Ada siang dan ada malam. Ada pria dan ada wanita. Dan semua itu dianggap berbeda padahal disamping perbedaan maka ada persamaannya pula. Ada yang sama di dunia ini dan ada yang berbeda. Persamaan membuat hubungan sesama manusia semakin kuat. Dan perbedaan tidak membuat manusia berbeda. Justeru kita harus mengenal perbedaan tersebut. Seperti halnya perbedaan antara perkembangan dan pertumbuhan pada manusia.

Selama hidup manusia mengalami proses perkembangan dan pertumbuhan secara alami dan biologis. Itu merupakan salah satu ciri manusia yang masih hidup. Walaupun tampak sama. Tapi kedua istilah tersebut sangat berbeda. Persamaan pertumbuhan dan perkembangan terdapat pada satu kesatuan yakni hasil dari sebuah proses kehidupan metabolisme manusia. Selain itu, persamaan pertumbuhan dan perkembangan terletak pada faktor yang mempengaruhinya yang sama-sama dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, nutrisi, hormon, dan genetik.

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan
Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan
Kata kata dan istilah pertumbuhan dan perkembangan seringkali kita dengarkan dalam percakapan sehari-hari pada bidang ekonomi, peserta didik, tumbuhan dan manusia sebagai makhluk hidup. Namun pada kali ini, saya akan membahas artikel mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia secara ilmu biologi.

Pengertian Perkembangan

Pengertian perkembangan merupakan sebuah proses yang mesti dilewati oleh manusia menuju kesempurnaan fisik secara fisiologis atau kedewasaan selama perjalanan kehidupannya. Misalkan contoh perkembangan adalah manusia yang mulai bisa berjalan atau bisa berbicara secara lancar dari terbata-bata.

Pengertian Pertumbuhan Manusia

Sedangkan pengertian pertumbuhan secara bahasa berasal dari akar kata tumbuh yang berarti proses bertambah besar ukuran manusia. Dari yang berukuran pendek hingga menjadi tinggi besar. Dan dari massa ringan jadi berat. Dan dari volume kecil menjadi besar. Misalkan contoh pertumbuhan adalah bertambahnya berat badan dan tumbuhnya gigi pada manusia.

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Manusia

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan
Bagi orang awam sangat sulit untuk membedakan istilah perkembangan dan pertumbuhan. Seolah keduanya sama yag merupakan peristiwa dalam kehidupan manusia. Namun bagi orang yang cerdas dan pintar sangat mudah membedakan keduanya karena memang berbeda. Berikut ini tabel perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, antara lain :

1.Cara Mengukur atau sifat

Pertumbuhan memiliki sifat kuantitatif. Dalam arti bisa dihitung berdasarkan bilangan angka atau ukuran. Contohnya yang sangat jelas adalah tumbuhnya berat badan manusia mencapai 4 kilogram dan pertumbuhan tinggi badan sebanyak 4 centimeter dan lainnya. 

Adapun perkembangan tidak bersifat kuantitatif atau tak bisa dihitung atas dasar bilangan. Namun berdasarkan kualitatif yang berarti bahwa perkembangan tak bisa dilukiskan dengan ukuran atau hitungan bilangan. Misalkan kecakapan manusia dalam berkata sepotong-sepotong menjadi lancar.

2.Faktor yang mempengaruhinya

Pertumbuhan dipengaruhi oleh faktor pembelahan sel pada manusia lewat mitosis dan meiosis. Adapun perkembangan dipengaruhi oleh faktor pengalaman dalam kehidupan manusia itu sendiri. Sehingga jika seorang manusia ingin berkembang lebih besar lagi maka ia harus mempunyai banyak pengalaman dalam kehidupannya.

3.Keterulangan

Pertumbuhan tak bisa diulang lagi dalam kehidupan manusia lewat siklus. Sebaliknya, perkembangan bisa terulang kembali dalam kehidupan manusia itu sendiri berdasarkan siklus. Seperti berjalan.

4.Usia terbatas

Pertumbuhan sangat terbatas oleh umur. Misalkan proses pertumbuhan tinggi badan manusia akan berhenti pada umur 35 tahun. Adapun sebuah perkembangan tak terbatas oleh umur atau usia. Melainkan proses perkembangan pada manusia akan terjadi terus menerus selama hidup manusia dan tanpa batasan umur dan waktu. Sehingga jelaslah, kelebihan perkembangan ketimbang pertumbuhan adalah proses perkembangan yang terus menerus terjadi sampai datangnya kematian pada manusia.

5.Tampilan fisik

Pertumbuhan bisa disaksikan secara kasat mata dari tampilan luar. Adapun perkembangan tak bisa disaksikan secara kasat mata secara luar. Namun perkembangan hanya dapat disaksikan dari dalam manusia atau secara fisiologis. Sehingga jelas sangat gampang bagi anda untuk melihat dan mengukur pertumbuhan secara fisik. Dan tidak mudah untuk mengukur perkembangan mengingat hal itu tidak tampak dari luar, sangat kompleks dan rumit.

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan

Bagaimana anda sudah jelas memahami perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia? semoga pemaparan yang penulis berikan dapat bermanfaat bagi anda semua khususnya para siswa sekolah yang sedang mencari materi artikel tentang perbedaan perkembangan dan pertumbuhan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Manusia

0 komentar: