Thursday, August 9, 2018

Perbedaan Nabi Dan Rasul Terletak Pada

Perbedaan Nabi Dan Rasul Terletak Pada – Salah satu hal yang paling mendasar yang diajarkan sejak kecil adalah nama-nama nabi dan rasul. Ada 25 nama nabi dan rasul yakni Nabi Adam, Idris, Nuh, Hud, Sholih, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishaq, Yakub, Yusuf, Ayyub, Syu’aib, Musa, Harun, Zulkifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa, Yunus, Zakaria, Yahya dan terakhir nabi dan rasul penutup yakni Nabi Muhammad SAW. 

Perbedaan Nabi Dan Rasul
Perbedaan Nabi Dan Rasul
Namun dibalik pelajaran nama-nama nabi dan rasul tersebut, masih banyak anggapan yang keliru dalam masyarakat Indonesia dalam melakukan persamaan antara nabi dan rasul. Padahal keduanya sangat berbeda.

Pengertian Nabi

Pengertian nabi - Jika ditelaah secara bahasa atau lughowi, kata nabi asal muasal dari kata naba yang dalam bahasa arab berarti  mengabarkan. Sehingga jelaslah seorang nabi mengabarkan wahyu-wahyu dari Allah SWT kepada dirinya sendiri dan keluarga. Supaya ia dan keluarga tercintanya mendapatkan petunjuk keselamatan di dunia dan akhirat. 

pengertian nabi
pengertian nabi
Seorang Nabi mendapatkan wahyu dari Allah SWT. Namun wahyu yang diterimanya tidak serta merta disampaikan kepada umatnya.  Karena Allah SWT tidak mewajibkannya. Kewajibannya untuk sendiri dan keluarga terdekatnya.

Pengertian Rasul

Pengertian rasul - Adapun pengertian rasul secara bahasa berasal dari bahasa arab yakni risal yang berarti menyampaikan atau membimbing dan memberikan arahan. Yang maksudnya, seorang rasul atau utusan Allah SWT ditugaskan oleh Allah SWT untuk menyampaikan wahyu-wahyu yang diterimanya dari Allah SWT kepada umatnya secara luas. Kewajiban menyampaikan wahyu Allah SWT kepada umatnya menjadi tugas para rasul. Tanpa adanya keharusan berhasil atau tidak.

Tugas Para Rasul

tugas para rasul
tugas para rasul
Setiap jaman dan tempat pasti mempunyai seorang rasul. Hingga nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir jaman. Jumlah rasul yang terdapat dimuka bumi jumlahnya lebih kecil ketimbang para nabi di muka bumi. Jumlah rasul sebanyak 25 rasul yang tercantum dalam Al Qur’an. Sedangkan jumlah nabi sangat banyak baik yang tercantum dalam Al Qur’an maupun yang tidak. Rasul yang pertama di muka bumi adalah Nabi dan Rasul Nuh AS.

Berikut ini kumpulan tugas para rasul di muka bumi, antara lain : menyampaikan wahyu dari Allah SWT baik berupa perintah maupun larangan, mentauhidkan Allah SWT bahwa Allah itu satu dan hanya yang berhak disembah, menyampaikan berita gembira bagi orang yang beriman dan beramal shaleh berupa surga yang penuh kenikmatan, dan memberikan berita buruk bagi orang yang mendustakan atau kafir dengan siksaan kelak di neraka. 

Perbedaan Nabi Dan Rasul Terletak Pada

Perbedaan Nabi Dan Rasul
Perbedaan Nabi Dan Rasul
Berdasarkan keterangan kitab suci Al Quran dan hadits dari Rasulullah SAW dapat diterangkan perbedaan nabi dan rasul terletak pada beberapa bagian, antara lain :

1.Wahyu

Wahyu yang diterima oleh seorang nabi hanyalah untuk dirinya sendiri beserta keluarga besar. Tanpa adanya kewajiban untuk disampaikan pada seluruh umatnya. Sedangkan rasul yang menerima wahyu dari Allah SWT diwajibkan untuk menyampaikan pula kepada semua umatnya secara gamblang dan jelas. Soal umatnya beriman atau tidak itu bukan persoalan seorang rasul. Yang penting mereka sudah menyampaikan wahyu Allah SWT sejelas mungkin kepada umatnya.

2.Pengutusan

Nabi diutus oleh Allah SWT kepada orang yang telah beriman. Sehingga tinggal melanjutkan syariat yang telah ada sebelumnya.  Sedangkan rasul diutus hanya kepada orang yang kafir atau belum beriman. Contohnya Nabi Musa as yang diutus untuk menghadap kaum israel dan raja Firaun dalam rangka menyampaikan risalah kebenaran wahyu dari Allah SWT

3.Jumlah

Jumlah nabi yang ada di muka bumi banyak sekali melebihi jumlah rasul. Diperkirakan jumlah nabi mencapai ratusan ribu orang. Adapun Nabi yang pertama adalah Nabi Adam AS. Sedangkan jumlah rasul sangat sedikit dimuka bumi ketimbang jumlah nabi. Hal ini telah diterangkan di dalam Al Qur’an.

4.Cara mendapatkan wahyu

Nabi memperoleh wahyu dari Allah SWT hanya lewat mimpi. Sedangkan rasul mendapatkan wahyu melalui berbagai jalan. Seperti penampakan Malaikat Jibril, melalui mimpi, dan lebih luas lagi.

5.Setiap nabi belum tentu rasul. Tapi setiap rasul adalah nabi. Dan seorang rasul membawa syariat baru. Sedangkan seorang nabi meneruskan syariat nabi sebelum mereka.  

Tampaklah perbedaan Nabi Dan Rasul terletak pada berbagai aspek yaitu wahyu yang diterima, cara pengutusan, jumlah dan cara mendapatkan wahyu. Dibalik perbedaan nabi dan rasul terdapat persamaannya yaitu sama-sama dalam meneruskan syariat dari nabi dan rasul sebelumnya. Perjuangan seorang nabi dan rasul sangat berat. Beliau seringkali mendapatkan cercaan, hinaan dan penolakan dari kaumnya. Yang dapat anda lihat dalam kisah-kisah nabi dan rasul. Bahkan tak jarang diantara mereka ada yang dibunuh seperti nabi Yahya as.

Menyukai tanpa perlu merasakan. Mengenal tanpa perlu membedakan.