LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Beserta Contoh Lengkap

Loading...
Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Beserta Contoh Lengkap - Dalam dunia perekonomian pastinya anda sudah sering mendengar istilah ekonomi mikro dan ekonomi makro. Karena keduanya merupakan dua buah cabang dan bagian dalam ilmu ekonomi yang ada di dunia. 

Banyak orang yang mempelajari dua bagian tersebut. Namun ada juga orang yang ahli dalam salah satu bidang ekonomi yaitu mikro atau makro. Lalu apa saja perbedaan antara ekonomi mikro dan makro? Untuk mengetahuinya secara lengkap, penulis akan menjelaskannya secara runtut dari mulai pengertian, contoh, dan ruang lingkup.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro
Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro

Dan, pada dasarnya kalian pasti di hampiri oleh pertanyaan-pertanyaan ini kan? pengertian ekonomi mikro, 
tabel perbedaan ekonomi mikro dan makro, pengertian ekonomi mikro dan contohnya, perbedaan ekonomi mikro dan makro berdasarkan ruang lingkupnya, pengertian ekonomi makro, pengertian ekonomi makro dan mikro, materi ekonomi mikro dan makro dan masih banyak lagi tentang hal-hal tersebut. Bagaimana? Jawabanny ada di bawah ini loh, simak saja dan pahami.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro 

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro - Ilmu ekonomi memang sangat luas cakupannya. Bukan hanya dari satu bidang tapi beberapa bidang. Seperti ekonomi bisnis, ekonomi perusahaan, ekonomi rumahtangga, akuntansi ekonomi, dan lain sebagainya. Oleh karena cakupannya luas sekali, para ahli ekonom membagi ilmu ekonomi dalam beberapa bidang. Salah satunya ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro
Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro
Ekonomi mikro berbeda dengan ekonomi makro. Begitu sebaliknya. Perbedaan yang terlihat dalam banyak hal meliputi contoh, pengertian dan ruang lingkup. Ekonomi makro dilihat dari bahasa saja sangat jelas yang cakupannya lebih luas secara menyeluruh. Seperti ekonomi sebuah negara atau pemerintahan. Sedangkan ekonomi mikro cakupannya lebih kecil yang mengupas ekonomi rumahtangga, pasar, permintaan pasar, penawaran harga barang, konsumen, dan produsen barang.

Pengertian Ekonomi Mikro

Pengertian Ekonomi Mikro

Pengertian ekonomi mikro ada yang menurut istilah dan bahasa. Adapun pengertian menurut bahasa adalah mikro yang berarti kecil. Sedangkan menurut terminologi yaitu sebuah ilmu ekonomi yang membahas jasa atau produk yang diperjualbelikan, faktor kuantitas input, harga pasar, perilaku konsumen, perilaku produsen dan lain sebagainya dalam cakupan sangat kecil. Contohnya saja ekonomi sebuah rumahtangga dan ekonomi suatu perusahaan.

Pengertian Ekonomi Makro

Pengertian Ekonomi Makro

Pengertian Ekonomi Makro menurut para ahli yaitu suatu cabang keilmuan dalam bidang ekonomi yang membahas secara keseluruhan ekonomi dalam skala luas. Meliputi juga sifat dan perilaku pasar global saat ini, keseimbangan neraca, harga komoditi, stabilitas harga, tenaga kerja global, pertumbuhan ekonomi suatu negara dan lain-lain. Pendek kata , ekonomi secara makro akan mempengaruhi perekonomian secara mikro yang mencakup pasar, perusahaan dan masyakarat luas.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Beserta Contoh Lengkap

Dari sinilah sudah sangat jelas bahwa perbedaan ekonomi mikro dan makro terletak pada ruang lingkup yang dibahas. Ekonomi mikro menjelaskan sebuah ekonomi secara lebih spesifik atau dalam skala kecil atau mikro. Sedangkan ekonomi makro membahas sebuah ekonomi secara global atau menyeluruh dalam aspek ekonomi misalkan sebuah negara keseluruhan.

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Beserta Contoh Lengkap

Untuk ruang lingkup ekonomi makro yang sangat luas meliputi deflasi, inflasi, pengangguran, pengeluaran dan pendapatan sebuah negara. Pengertian deflasi yaitu sebuah masa dimana harga berbagai barang mengalami penurunan. Sedangkan inflasi adalah sebuah peningkatan harga secara drastis disebabkan sebuah mekanisme pasar dan berlangsung terus setiap bulan dan tahun.

Sedangkan ruang lingkup ekonomi mikro yang sangat kecil meliputi mekanisme harga, pasar, perilaku konsumen, produksi, penawaran barang yang dilakukan oleh produsen, permintaan barang yang dilakukan oleh konsumen dan lain lain.

Contoh Lengkap Ekonomi Mikro

Permasalahan ekonomi merupakan sebuah kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan. Seperti melakukan transaksi jual beli, berdagang, membeli, menjual, dan kegiatan sejenis lainnya. Untuk contoh lengkap ekonomi mikro yang cakupannya skala lebih sempit, antara lain ekonomi sebuah perusahaan, ekonomi perorangan di masyarakat dan lain sebagainya. 

Contoh lengkap perekonomian mikro adalah keuntungan perusahaan, distribusi produk, penetapan harga jual tertinggi, penentuan harga eceran termurah, investasi perorangan, penawaran, permintaan, biaya, prilaku produsen, prilaku konsumen, pembangunan sarana, upah pegawai, stok produk, monopoli perdagangan dan tingkat kerugian perusahaan.

Contoh Lengkap Ekonomi Makro

Contoh ekonomi makro yang mempunyai cakupan lebih luas, antara lain ekonomi berbagai negara secara global, ekonomi pemerintahan, neraca pembayaran barang, neraca hutang, investasi negara,siklus ekonomi, impor, ekspor, pendapatan per kapita negara, organisasi ekonomi level internasional, kerjasama dalam bidang perekonomian dalam lingkup dunia, deflasi, inflasi, kebijakan moneter, pendapatan nasional, kesempatan kerja, pengangguran di usia produktif, pertumbuhan ekonomi suatu negara dll.

Dari penjelasan di atas tampaklah sangat jelas perbedaan ekonomi mikro dan makro lengkap dapat disaksikan dari sejumlah segi, antara lain contoh, variabel, ruang lingkup, definisi dan pengertian itu sendiri. Sedangkan yang menjadi persamaan ekonomi mikro dan makro sama-sama membahas soal perekonomian. Dan semua itu dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Beserta Contoh Lengkap

0 komentar: