LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Penjelasan Perbedaan Cuaca Dan Iklim Secara Lengkap

Loading...
Penjelasan Perbedaan Cuaca Dan Iklim Secara Lengkap – Setiap wilayah dan negara mempunyai iklim tersendiri. Misalnya di negara Arab Saudi dan Timur Tengah memiliki iklim yang panas. Sedangkan di negara Eropa mempunyai musim dingin atau salju. Perbedaan inilah yang membuat setiap negara memiliki keunikan tersendiri. 

Ada negara yang mempunyai dua musim yakni musim hujan dan kemarau. Contohnya Indonesia. Kemudian ada sejumlah negara yang mempunyai empat musim sekaligus yakni musum gugur, musim semi, musim salju dan musim panas. Perbedaan musim, cuaca dan iklim suatu negara dipengaruhi sekali oleh letak geografis negara tersebut.

Pengertian Cuaca

Pengertian cuaca adalah kondisi suatu daerah atau tempat yang ruang lingkupnya lebih terbatas dan sempit dalam jangkauan yang lebih singkat. Cuaca dapat diperkirakan hari ini pada suatu kota atau daerah. Misalkan cuaca di kota Bandung hari ini diperkirakan hujan lebat. Namun tidak selamanya perkiraan cuaca benar. Hal itu berdasarkan peristiwa dan gejala tertentu. Mengingat kondisi cuaca senantiasa berubah atau tak tetap dari jam ke jam berikutnya.
Pengertian Cuaca

Contoh kasus : Pada suatu daerah atau kota yang kita tempati tampak langit sangat cerah. Sehingga kondisi cuaca hari itu dipekirakan cerah. Namun beberapa jam kemudian kondisi langit menjadi mendung lalu turun hujan secara deras. Satu jam kemudian hujan reda. Dan matahari memancarkan sinar hingga panas di suatu daerah atau tempat itu lagi. Itulah yang dinamakan dengan pengertian cuaca yang kadang berubah-ubah di suatu daerah.

Pengertian Iklim

Pengertian iklim adalah sebuah kondisi dari sebuah negara atau wilayah yang jangkauannya lebih luas lagi dari cuaca. Skala tempat bukan suatu daerah kecil tapi sudah mencakup satu negara. Kondisi iklim relatif lebih lama ketimbang kondisi cuaca. Misalkan iklim bisa disamaratakan dengan kondisi musim. Seperti musim hujan, musim kemarau, musim gugur, musim semi dan lain sebagainya.

Pengertian Iklim

Iklim mempunyai sifat yang stabil dalam jangka panjang bulanan sampai tahunan dan senantiasa berulang dalam waktu yang sangat lama. Iklim setiap negara tentunya berbeda-beda. Ada negara yang mengalami iklim dingin. Dan adapula negara yang sedang dilanda iklim panas. Hal itu bergantung dan dipengaruhi sekali oleh ketinggian wilayah dan posisi geografis suatu negara atau tempat di muka bumi dari pancaran sinar matahari. Contoh daerah pegunungan mempunyai iklim suhu yang sangat dingin selamanya ketimbang daerah pesisir.

Penjelasan Perbedaan Cuaca Dan Iklim Secara Lengkap

Dari artikel di atas sebenarnya sudah sangat jelas penjelasan perbedaan antara cuaca dan iklim secara lengkap. Yang terdapat pada jangkauan dan rentang waktu. Dimana cuaca cakupan daerahnya lebih sempit dan lebih cepat. 

Penjelasan Perbedaan Cuaca Dan Iklim Secara Lengkap

Sedangkan iklim cakupannya lebih luas dan lebih lama. Untuk lebih detail, berikut ini perbedaan singkat keduanya, antara lain :

1.Jangka waktu yang berbeda
Apabila iklim berlangsung dalam rentang waktu sangat lama, sedangkan cuaca merupakan kondisi lingkungan suatu wilayah yang berlangsung dalam rentang waktu lebih singkat. Misalkan cuaca di satu daerah yang bisa berubah dalam waktu hitungan menit. Seperti yang asalnya hujan satu jam kemudian jadi panas. Sedangkan iklim berubah-ubah dalam rentang waktu panjang sekali misalkan hitungan bulan atau tahun. Contohnya iklim tropis di Indonesia.  
2.Jangkauan daerah yang berbeda
Kondisi cuaca berlaku hanya pada satu daerah atau tempat kecil saja. Seperti kampung atau kota. Misalkan cuaca di daerah Jakarta saat ini diperkirakan hujan. Tentu akan berbeda sekali dengan cuaca di kota-kota lain di Indonesia seperti Bandung yang mengalami cuaca cerah. Atau Kota Cimahi yang mengalami cuaca mendung berawan.  
Sedangkan kondisi iklim berdasarkan atas ruang lingkup daerah yang lebih besar lagi seperti negara atau regional. Misalkan negara Filipina, Brunei Darusssalam, Malaysia, Indonesia, Kamboja, Thailand, Singapura yang memiliki iklim tropis. Adapun perubahan iklim biasanya berlangsung sangat lama. Misalkan dikarenakan maraknya rumah rumah kaca yang mungkin dirasakan satu negara.
3.Aspek yang mempengaruhi
Cuaca di satu daerah sangat terpengaruh sekali oleh kelembapan suhu suatu daerah. Sedangkan aspek yang mempengaruhi iklim di suatu negara adalah topografi dan letak negara tersebut dalam geografis di muka bumi.
4.Klasifikasi yang berbeda
Cuaca mempunyai klasifikasi dingin, hujan, berawan maupun cerah. Sedangkan klasifikasi iklim adalah kutub, kering, basah tropis dll.
Penjelasan Perbedaan Cuaca Dan Iklim Secara Lengkap
Demikian artikel penjelasan perbedaan cuaca dan iklim secara lengkap beserta contohnya yang dapat dilihat berdasarkan waktu wilayah dan ilmu. Mudah-mudahan apa yang disampaikan penulis dapat menambah wawasan dan referensi berharga bagi para pembaca sekalian.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penjelasan Perbedaan Cuaca Dan Iklim Secara Lengkap

0 komentar: