LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Puasa, Manfaat, Hikmah dan Macamnya

Loading...
Pengertian Puasa, Manfaat, Hikmah dan Macamnya - Salah satu ibadah pokok yang terkandung dalam ajaran agama Islam adalah puasa atau shaum. Banyak buku, majalah maupun makalah yang membahas mengenai pengertian, jenis, macam, tatacara ibadah puasa. Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang berada diurutan ketiga setelah syahadat dan solat. 


Pengertian Puasa, Manfaat, Hikmah dan Macamnya

Hal ini menunjukkan pentingnya ibadah puasa bagi seseorang beriman dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ada beragam jenis dan macam puasa yang bisa dilakukan oleh orang beriman seperti puasa wajib maupun puasa sunat.



Pengertian Puasa, Manfaat, Hikmah dan Macamnya

Menurut bahasa atau lughowi, pengertian puasa yaitu shaum yang berarti menahan. Sedangkan menurut istilah atau terminologi yaitu suatu ibadah yang telah ditetapkan sebagai syariat Islam. Dimana hukum puasa bisa wajib atau sunat tergantung jenis puasa yang dilakukan. Puasa merupakan wujud seorang muslim maupun muslimah untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 


Pengertian Puasa

Tatacara melaksanakan puasa sangat mudah. Dengan cara tidak melakukan hubungan suami isteri dan tidak makan maupun minum serta tak melakukan hal terlarang ketika fajar sampai tenggelam matahari. Untuk memulai ibadah puasa maka sebelum terbit fajar, anda hendaknya berniat melakukan ibadah puasa. Niat untuk melaksanakan ibadah puasa tertentu dengan niat karena Allah SWT.

Manfaat dan Hikmah Ibadah Puasa

Manfaat dan Hikmah Ibadah Puasa

Ada banyak manfaat dan hikmah bagi seorang muslim dalam melaksanakan ibadah puasa, antara lain :

1.Melatih diri untuk lebih bisa mengendalikan hawa nafsu

Salah satu kecerdasan terbesar manusia adalah mampu mengendalikan diri. Hal inilah yang dilatih dari ibadah puasa agar orang beriman mampu mengendalikan diri dan hawa nafsu secara baik. Sebagaimana dikisahkan tatkala Rasullah SAW beserta sahabat pulang dari kemenangan Perang Badar. Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda :”Kita baru pulang dari perang atau jihad kecil. Dan akan menghadapi perang atau jihad yang lebih besar yakni perang melawan hawa nafsu.” 

Dengan sering melakukan puasa dijamin seseorang bisa menahan hawa nafsu secara baik dan senantiasa bersikap sabar dan jernih dalam melakukan tindakan apapun. Dan hawa nafsu bisa dikontrol secara baik dan diarahkan kepada hal positif. Yang akan mengarahkan ia kepada hawa nafsu muthmainnah yang penuh ketenangan dan keridhoan Allah SWT.

2.Bersikap jujur dan disiplin

Orang beriman yang rajin melaksanakan ibadah puasa maka dirinya akan menjelma menjadi orang yang penuh kedisiplinan dan jujur. Sebagaimana yang diajarkan dalam puasa. Ia tidak makan kecuali sesudah saatnya waktu berbuka. Kemudian ia juga akan terbiasa bersikap jujur. Sebagaimana yang diajarkan ibadah puasa. Seseorang tidak bisa mengetahui seseorang puasa atau tidak. Karena urusan puasa merupakan hak Allah SWT. Urusan antara hambaNya dan Allah SWT.

3.Memiliki kepedulian sosial

Dengan ibadah puasa yang dilakukan seseorang akan menimbulkan rasa empati yang sangat besar kepada orang-orang miskin dan tak mampu. Karena ia merasakan bagaimana tidak enaknya merasakan lapar dari fajar sampai malam hari. Sehingga dengan ibadah puasa juga menimbulkan rasa syukur dari seseorang atas karunia Allah SWT yang diberikan padanya. Dimana masih banyak orang miskin di bawahnya.

4.Sehat

Dan terakhir, manfaat atau hikmah adanya ibadah puasa adalah menjadikan seseorang lebih sehat dengan rajin melaksanakan ibadah puasa. Hal tersebut sesuai hadits dari Rasulullah SAW: “Berpuasalah niscaya kalian akan sehat.” Penelitian kedokteran secara ilmiah membuktikan ibadah puasa yang dilaksanakan secara baik dan benar akan mampu menjaga kesehatan seseorang.


Macam Puasa Wajib

Ada dua jenis puasa yang bisa kita lakukan yakni puasa wajib yang sudah ditentukan waktunya seperti puasa Ramadhan maupun puasa nazar. Sesuai dengan puasa sunat maka puasa wajib mesti dilakukan berdasarkan ketetapan al qur’an dan hadits. Untuk lebih lengkap berikut ini contoh puasa wajib atau fardhu, antara lain : 

1.Puasa di bulan Ramadhan

Pengertian puasa wajib ramadhan adalah puasa fardu yang dilaksanakan khusus pada bulan ramadhan. Sesuai dalil perintah Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi : “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa di bulan ramadhan sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian supaya kalian bertakwa. Dengan jumlah beberapa hari yang sudah ditentukan di Bulan Ramadhan. Sebagai bulan diturunkannya Al Quran yang memberikan petunjuk pada manusia dan pembeda antara hak dan batil”.

2.Puasa Kafarat

Jenis puasa wajib lainnya adalah puasa kafarat yang diakibatkan oleh melanggar sumpah. Jika ia melanggar sumpah maka ia harus melakukan puasa kafarat selama 3 hari berturut untuk menebus dosa dan kesalahannya.

Macam Puasa Sunat

Manfaat dan Hikmah Ibadah Puasa

Pengertian puasa sunat adalah puasa yang telah ditetapkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Dimana jika  puasa ini dilakukan akan mendapatkan pahala. Dan apabila ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa. Untuk puasa sunat jumlahnya lebih banyak dari puasa wajib, antara lain :
1.Puasa 6 hari pada bulan Syawal
2.Puasa Ayyamul bidh atau puasa tengah bulan yakni tanggal 13, 14, 15 setiap bulan Qomariah
3.Puasa senin kamis
4.Puasa pada hari arafah yakni tanggal 9 Dzulhijjah
5.Puasa nabi Daud AS yakni satu hari melaksanakan puasa dan satu hari berbuka
6.Puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Demikianlah pengertian puasa, manfaat, hikmah dan macamnya. Sebagai seorang beriman pastinya ia tidak hanya melakukan ibadah puasa wajib. Tapi juga melaksanakan ibadah puasa yang sunat. Sebagai wujud pengabdian kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat apa yang saya sampaikan ini bagi anda semua untuk mengetahui lebih lengkap mengenai puasa.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Puasa, Manfaat, Hikmah dan Macamnya

0 komentar: