LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Proposal, Macam dan Tujuan Proposal Secara Lengkap

Loading...
Pengertian Proposal, Macam dan Tujuan Proposal Secara Lengkap - Apa sih sebenernya pengertian proposal sendiri? Pasti biasanya kamu dipaksa untuk mengetahui pengertian proposal secara umum, macam-macam proposal dan tujuan proposal kan? Nah di bawah ini akan dijelaskan mengenai hal-hal tersebut.

Nah di bawah ini tentunya akan di benahi mengenai pengertian yang ada. Lengkap dengan penjabarannya, silahkan simak di bawah ini.

Pengertian Proposal Secara Umum

Pengertian Proposal Secara Umum

Anda tentu tidak asing lagi mendengar nama proposal. Terutama bagi anda yang berprofesi sebagai pengusaha, mahasiswa dan lain sebagainya. Ada begitu banyak macam dan jenis proposal di tanah air. Dari mulai proposal usaha, proposal bantuan sumbangan, proposal skripsi dan lain-lain. Adapun pengertian proposal secara umum adalah suatu rencana yang tersusun secara rapi dan terperinci yang dilakukan untuk meraih suatu tujuan yang diharapkan. Unsur-unsur dalam proposal terbagi pada beberapa bagian, antara lain : rencana kerja, latar belakang, analisa, dan pencantuman data yang dilaksanakan secara sistematis dan obyektif sekali.

BACA JUGA : Pengertian Pemasaran Secara Lengkap

Untuk pengertian proposal secara bahasa adalah to popose yang asal kata dari bahasa Inggris. Yang maknanya adalah permohonan atau pengajuan yang dilakukan secara sederhana. Pengajuan bantuan modal usaha untuk suatu kegiatan bisnis dan usaha. Untuk kalangan mahasiswa biasanya jenis proposal yang diajukan untuk kelanjutan pembuatan skripsi. Yang berisi latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan penelitian.

Dari situlah jelas, berbagai jenis proposal pada umumnya mempunyai sifat yang sama yaitu berupa permohonan dukungan moril dan materil yang dilakukan oleh pihak berkepentingan atas suatu rencana, gagasan, pemikiran dan ide yang diajukan. Dukungan bisa berbagai macam bentuk. Seperti dalam bentuk sponsorship, bantuan keuangan, persetujuan maupun bantuan perijinan dll.

Macam-Macam Proposal

macam-macam proposal

Berikut ini macam-macam proposal yang perlu anda ketahui saat ini, antara lain :

1.Proposal Penelitian
Pengertian proposal penelitian adalah jenis proposal yang diajukan oleh para ilmuwan kepada pemerintah, civitas akademika maupun lembaga swasta dalam rangka mendukung penelitian yang akan dilakukan oleh ilmuwan bersangkutan. Proposal penelitian sama dengan proposal ilmiah yang dibuat untuk kepentingan bersama. Dukungan dalam bentuk keuangan maupun kemudahan akses.
2.Proposal Usaha
Pengertian proposal usaha atau bisnis adalah suatu jenis proposal dalam bentuk tulisan yang disusun secara sistematis dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan dari segi materi dan moril dari pihak yang dituju. Untuk proposal usaha biasanya ditujukan kepada lembaga pemerintah, perusahaan BUMN dan swasta maupun perorangan supaya mendapatkan dukungan dana sehingga usaha bisa berjalan secara lancar.
3.Proposal Skripsi
Pengertian proposal skripsi yaitu suatu proposal yang dibuat sebelum menyusun sebuah skripsi sebagai salah satu syarat mendapatkan gelar sarjana. Pendek kata, seseorang mesti membuat proposal sebagai pintu awal menuju penyusunan skripsi berikutnya. Dalam proposal skripsi tercantum masalah yang akan dibahas, rencana susunan bab dan tujuan penulisan. Proposal skripsi biasanya mempunyai dua sampai tiga lembar halaman. Sedangkan proposal yang sudah mencapai ratusan halaman maka sudah menjadi skripsi.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian proposal secara umum, selanjutnya pengertian proposal berdasarkan pendapat para ahli, antara lain :

1.Hasnun Anwar berpendapat bahwa pengertian proposal adalah sebuah usulan rencana tertulis yang disusun secara rapi dan sistematis untuk keperluan suatu hal.

BACA JUGA : Pengertian Teks Eksposisi Beserta Contohnya

2.Pengertian proposal menurut KBBI adalah rencana yang matang dalam bentuk tulisan di atas kertas yang tersusun berupa rancangan kerja secara teliti, matang dan sistematis yang disusun oleh ilmuwan. Dalam hal ini Kamus Besar Bahasa Indonesia melihat pengertian proposal dalam sudut pandang ilmiah atau proposal ilmiah yang wajib disusun sebelum melaksanakan penelitian di lapangan dan penelitian kepustakaan.

Tujuan Proposal

Kemampuan membuat proposal merupakan sebuah keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang ilmuwan, peneliti, mahasiswa maupun pengusaha dan kalangan umum lainnya untuk mendapatkan bantuan dan dukungan yang diinginkan. Misalkan saat ini menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI maka kehadiran proposal sangat penting untuk mendapatkan dukungan pembiayaan dari para pihak donatur dan sponsorship bagi penyelenggaraan lomba dan acara HUT RI tanggal 17 Agustus 2018.

Tujuan Proposal

Isi proposal tersusun secara rapi dan sistematis. Sehingga mudah dipahami dan membiasakan orang untuk berpikir secara sistematis dan teratur. Untuk keperluan bantuan modal usaha bagi pengusaha maka fungsi proposal sangat penting. Karena semua bank mensyaratkan peminjam modal usaha untuk membuat proposal usaha sebelum mengajukan bantuan pinjaman modal usaha ke bank.

Dengan demikian jelas bahwa tujuan pembuatan proposal untuk mendapatkan dukungan sponsorship, bantuan dana maupun perijinan dari pihak yang dituju. Cara membuat proposal usaha maupun proposal skripsi sangat gampang. Apalagi jika anda sudah terbiasa dengan berpikir secara sistematis. Unsur yang terdapat dalam proposal antara lain : 
1.Judul kegiatan (misalkan perayaan HUT  Kemerdekaan RI 17 Agustus)
2.Pendahuluan yang berisikan latar belakang
3.Manfaat kegiatan dan sasaran yang dituju
4.Tempat dan waktu kegiatan
5.Susunan panitia
6.Anggaran dana yang dibutuhkan
7.Bagian penutup
8.Tanda tangan panitia dan dukungan berbagai pihak
Itulah unsur yang terdapat dalam proposal berbagai kegiatan seperti kegiatan HUT Kemerdekaan RI, pelatihan, diskusi, seminar dan kegiatan lainnya. Sedangkan proposal untuk mengajukan pinjaman uang di bank, proposal untuk mengajukan proyek dan proposal bisnis berbeda lagi isinya. Demikian kami sampaikan terimakasih, semoga materi mengenai pengertian proposal, macam proposal, tujuan proposal dapat diterima dengan baik.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Proposal, Macam dan Tujuan Proposal Secara Lengkap

0 komentar: