LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Pemasaran, Strategi, Definisi dan Tujuannya

Loading...
Pengertian Pemasaran, Strategi, Definisi dan Tujuannya - Jika ditanya apa pengertian pemasaran? Pastinya jawabannya sangat tergantung. Mau melihat pengertian pemasaran dari sudut pandang mana. 

Apakah secara umum, khusus maupun menurut para ahli. Salah satu pengertian pemasaran yang paling populer adalah pengertian pemasaran menurut Philip Kotler seorang ahli marketing ternama. 


Pengertian Pemasaran, Strategi, Definisi dan Tujuannya
Pengertian Pemasaran, Strategi, Definisi dan Tujuannya
Beliau mengatakan pemasaran merupakan aktifitas yang dilakukan manusia dalam rangka memenuhi permintaan pasar lewat transaksi.

Jelaskan Pengertian Pemasaran Secara Umum

Pemasaran yaitu bagian dari sebuah aktifitas bisnis yang dilakukan dengan manajemen yang matang dan proses sosial. Dengan melakukan pemasaran maka sang pelaku itu sendiri baik secara perorangan maupun kelompok mendapatkan apa yang diinginkan berupa uang. Pemasaran erat kaitannya dengan marketing. Namun cakupannya lebih luas lagi dari sistem penjualan itu sendiri.


Pengertian Pemasaran Secara Umum

Ada banyak aktifitas dari kegiatan pemasaran selain penjualan barang antara lain merencanakan pembuatan barang, produksi produk, menentukan harga jual barang, melakukan promosi produk, menentukan target market barang, mendistrisbusikan produk hingga sampai ke tangan konsumen. Dan memastikan produk dapat memuaskan konsumen. 
Untuk berlangsung pemasaran secara baik dan benar serta komprehensif maka diperlukan sebuah manajemen pemasaran. Sehingga pengertian manajemen pemasaran lebih lengkap, detail dan spesifik ketimbang masalah pemasaran itu sendiri.

Strategi Pemasaran Adalah

Strategi Pemasaran Adalah

Setiap perusahaan yang berorientasi pada keuntungan atau laba pastinya menjalankan konsep pemasaran secara baik dan benar untuk memaksimalkan profit usaha. Untuk lebih jelas, berikut ini strategi pemasaran adalah :

1.Mencari kebutuhan konsumen atau pasar
Anda bisa melihat di lingkungan sekitar anda apa produk yang mereka butuhkan? Kemudian anda bisa memenuhinya sebagai bagian dari konsep pemasaran. Misalkan di daerah penulis kebanyakan berprofesi sebagai petani maka anda bisa menjual alat-alat dan obat pertanian lengkap.
2.Membuat produk yang bisa dipasarkan dan bernilai jual. 
Pastikan barang yang anda jual mempunyai nilai tambah bagi orang lain atau konsumen. Sehingga mereka rela menukarkan uang mereka dengan produk anda.
3.Menyukai langganan bukan barang sobat
Kesuksesan bisnis anda tergantung pelanggan anda. Selama mereka loyal maka anda akan memperoleh uang dari mereka. Oleh karena itu, pastikan pelayanan terhadap pelanggan sangat bermutu, mempunyai nilai lebih dan memberikan kepuasan bagi pelanggan.
BACA JUGA : Pengertian Konvensional Secara Lengkap 

Definisi Konsep Pemasaran

Definisi Konsep Pemasaran

Untuk definisi konsep pemasaran sendiri mempunyai beberapa bidang, antara lain :

1.Bidang produksi
Dalam arti, pemasaran dilakukan terlebih dahulu dengan membuat sebuah produk yang dicintai oleh konsumen. Salah satu cirinya dengan kemasan menarik, harga lebih murah, stok produk tersedia selalu, barang mudah didapatkan dimanapun dan lain sebagainya. Dengan sistem produksi produk harus dilakukan sebanyak mungkin dalam waktu singkat. Hal ini untuk mencapai efisiensi waktu dan tenaga. Selain itu, distribusi produk harus dilakukan secara seluas mungkin.
2.Bidang produksi barang
Harga barang yang diproduksi secara massal atau pemasaran harus sesuai dengan daya beli masyarakat sekitar. Dan produk menawarkan nilai tambah, ciri khas terbaik, performa unggul dan mutu berkualitas bagus yang membuat calon konsumen tertarik untuk membelinya. Sehingga sebelum anda membuka usaha pastikan mampu membikin sebuah barang tertentu yang dibutuhkan pasar dengan kualitas terbaik. Supaya pelanggan menyukai produk anda. 
3.Bidang penjualan
Untuk pemasaran dalam segi penjualan adalah memastikan konsumen dengan mudah mendapatkan produk anda di pasaran. Dalam arti, konsumen jangan dibiarkan saja. Tapi kita harus aktif dan massif melakukan promosi dan penjualan secara masif dan berkesinambungan.

Tujuan Pemasaran

Tujuan Pemasaran

Dalam melaksanakan sebuah aktifitas pastinya mempunyai tujuan. Begitupula dalam menjalankan pemasaran ada beberapa tujuan yang ingin didapatkan. Berikut ini tujuan pemasaran secara lengkap, antara lain :

BACA JUGA : Pengertian Ideologi Secara Lengkap

1.Untuk mengetahui kebutuhan pasar

2.Membuat barang yang dibutuhkan konsumen dengan kualitas terbaik

3.Mengenalkan produk dan memberikan citra baik pada produk tersebut
Dengan begitu, produk yang dijual akan mudah laris manis seiring dengan semakin popularitas lewat iklan, bazaar maupun rekomendasi dari mulut ke mulut.
4.Meningkatkan penjualan
Salah satu tujuan dari kegiatan pemasaran adalah meningkatkan penjualan itu sendiri. Sehingga secara konsisten dan berkala perusahaan menyusun target penjualan setiap bulan dan setiap tahun untuk memastikan kenaikan penjualan diakibatkan pemasaran yang dilakukan. Salah satu cara meningkatkan penjualan dengan memberikan produk yang benar-benar dibutuhkan konsumen dengan kemasan terbaik dan berkualitas tinggi. Sehingga pelanggan tidak membeli produk pesaing.
Itulah pengertian pemasaran, strategi, definisi dan tujuannya yang harus diketahui banyak orang sebagai bahan referensi terutama bagi kalangan pebisnis untuk memajukan perusahaannya melalui strategi pemasaran yang baik dan benar.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Pemasaran, Strategi, Definisi dan Tujuannya

0 komentar: