LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Loading...
Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya - Kalau bicara tentang pemanasan global mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya global warming. Nah materi ini biasanya tertera pada buku paket IPS kalian sejak duduk di bangku sd. Sudah pasti mengupas materinya kan? Dan menjadi bahan pembelajaran tentang bagaiman pemanasan global tersebut terjadi.

Sekarang, yang jadi pertanyaan admin adalah, sudahkah kamu tahu mengenai pengertian pemanasan global ? Apa hanya mengetahui saja? Istilah lain pemanasan global adalah global warming? Tak mengapa kalau hanya paham seperti itu. Karena disini kita berusaha belajar lagi mengingat dan mempelajarinya.

Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Oke, pertanyaan yang sering muncul adalah, apa sih pengertian pemanasan global? penyebab pemanasan global adalah? dampak pemanasan global adalah ? Cara mengatasi pemanasan global adalah ? Kalian pastinya di suruh menjelaskan dan menyebutkan tentang jawaban dari pertanyaan di atas. Tenang, jawabannya ada di bawah ini. Simak lebih lanjut ya!

BACA JUGA : Perbedaan Cuaca dan Iklim Secara Lengkap

Pengertian Pemanasan Global Secara Umum

Pengertian Pemanasan Global Secara Umum
Pengertian Pemanasan Global Secara Umum
Apakah anda mengenal dengan istilah pemanasan global? Jika belum maka sangat tepat untuk membaca artikel ini. Pengertian pemanasan global yang disebut juga global warming merupakan sebuah gejala meningkatnya suhu bumi secara umum. Sehingga fenomena alam saat ini bisa dirasakan di berbagai negara di seluruh dunia. Yang meliputi peningkatan suhu bumi, lautan, daratan, dan lapisan atmosfer.

Pemanasan global bisa disebut juga sebuah pencemaran udara yang membuat bumi suhunya semakin tinggi. Berdasarkan hasil riset dari berbagai ilmuwan ternama di dunia bahwasanya dalam abad sekarang ini planet bumi sedang mengalami kenaikan suhu yang sangat tinggi hingga 0,6 derajat celcius. Walaupun peningkatan suhu bumi terbilang kecil. Tapi dampak maupun efek pemanasan global bagi kehidupan di bumi sangatlah besar.

Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli

Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli
Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli
Organisasi pencinta lingkungan hidup yang berdiri di Amerika Serikat bernama  Agen Perlindungan Lingkungan USA memberikan pengertian tentang pemanasan global yakni sebuah gejala alam meningkatnya suhu bumi secara rata-rata. Pemanasan global saat ini dapat dirasakan di berbagai negara di dunia. Hal ini menjadi perhatian banyak orang, lembaga dan pemerintah.

Adapun pengertian pemanasan global berdasarkan Asosiasi Energi Matahari New Mexico USA yaitu meningkatnya temperatur atau suhu di atas permukaan bumi akibat efek rumah kaca yang tumbuh subur di berbagai negara di dunia. Mengapa rumah kaca bisa meningkatkan efek pemanasan global? Karena dengan dibangun rumah kaca maka panas terperangkap di dalam bumi. Ditambah dengan banyaknya gas emisi karbondioksida, kebakaran hutan, asap industri, asap pabrik, asap kendaraan bermotor yang membuat panas di bumi semakin lebih dalam.

BACA JUGA : Perbedaan Mitosis dan Meiosis Secara Lengkap

Sedangkan menurut Natural Resources Defense Council bahwa pengertian pemanasan global yaitu suatu krisis kemanusiaan dan lingkungan yang sekarang sedang melanda bumi. Dimana meningkatnya suhu dan temperatur bumi secara drastis yang diakibatkan oleh panas yang terperangkap dalam atmosfir bumi disebabkan terhalang oleh gas karbon dioksida. Dampak dari pemanasan global adalah timbulnya berbagai bencana dan perubahan iklim di muka bumi.

National Wildlife Federation berpendapat bahwa pemanasan global merupakan sebuah peristiwa meningkatnya temperatur udara bumi yang memicu timbulnya berbagai bencana alam di muka bumi. Seperti banjir, kekeringan yang panjang, badai dan lain sebagainya. Selain itu, pemanasan global dapat mengakibatkan terbunuhnya beberapa spesies binatang dan mengubah iklim di bumi secara keseluruhan dalam jangka panjang.

Penyebab Pemanasan Global

Adapun yang menjadi penyebab terjadinya pemanasan global adalah banyak hal, antara lain : adanya peningkatan pencemaran udara di bumi, efek pembakaran dari bahan bakar fosil, efek rumah kaca, dan peningkatan karbon dioksida di udara. Namun dari semua itu, penyumbang terbesar penyebab pemanasan global paling utama adalah efek rumah kaca. Yang mengakibatkan perubahan iklim bumi secara drastis dan global berlangsung sangat cepat dan tak beraturan.

Penyebab Pemanasan Global
Penyebab Pemanasan Global
Penyebab global warming lainnya adalah teknologi canggih yang dipergunakan di negara-negara maju yang memicu semakin meningkatnya suhu bumi. Seperti negara Inggris, Rusia, China, Amerika Serikat dan negara maju lainnya. Sehingga tercapai sebuah kesepakatan bahwa negara penyumbang pemanasan global paling besar tersebut harus mengeluarkan dana hibah untuk memberdayakan hutan-hutan di dunia yang mampu mengatasi global warming. Selain itu, pola konsumsi dan gaya hidup manusia modern saat ini yang buruk turut serta meningkatkan pemanasan global.

Berikut ini beberapa penyebab pemanasan global secara lebih lengkap, antara lain :

1.Polusi udara karbondioksida
Zat karbondioksida merupakan senyawa yang lahir dari pembakaran mesin kendaraan bermotor, pembakaran pembangkit listrik bahan bakar fosil, mesin industri dan pabrik dan lain sebagainya. Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia dan dunia yang melonjak tajam saat ini turut serta mempercepat pemanasan global di bumi.
2.Pemakaian bahan kimia
Berbagai produk buatan manusia yang memakai bahan kimia ikut andil dalam meningkatkan pemanasan global. Seperti pupuk kimia tanaman yang mempunyai kandungan gas nitrogen karbondioksida sangat tinggi. Apabila dipakai berlebihan akan meningkatkan suhu bumi.
3. Pembakaran dan penebangan hutan
Penebangan hutan yang disertai pembakaran dapat memicu pemanasan global lebih cepat. Hal ini dikarenakan pohon-pohon yang tumbuh di hutan merupakan aset yang banyak menghasilkan oksigen untuk kehidupan di muka bumi.  Selain itu, pembakaran hutan menimbulkan polusi udara karbon dioksida di lapisan bumi.

Dampak Dan Cara Mengatasi Pemanasan Global

Dampak Dan Cara Mengatasi Pemanasan Global
Dampak Dan Cara Mengatasi Pemanasan Global
Ada banyak dampak buruk dari pemanasan global. Berikut ini kumpulan dampak pemanasan global, antara lain :

1.Perubahan cuaca dan iklim. 
Dimana meningkatnya temperatur udara di bumi secara merata. Membuat suhu bumi lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya.
2.Es di Kutub Selatan dan Kutub Utara mencair. 
Inilah contoh dampak pemanasan global yang paling menonjol di muka bumi
3.Terjadinya hujan asam yang membuat kerusakan pada tanaman dan benda logam

4.Permukaan air laut menjadi naik

Dengan melihat dampak buruk pemanasan global tersebut maka ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk mengurangi pemanasan global, antara lain :

1.Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan memilih menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan seperti sepeda.
2.Mengurangi penggunaan listrik dengan cara berhemat
3.Mempertahankan kelestarian hutan dan lingkungan

BACA JUGA : Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Itulah beberapa hal pengertian pemanasan global, penyebab, dampak dan cara mengatasinya. Isu internasional ini sudah banyak dibahas di berbagai forum dunia dan ditulis dalam beberapa makalah maupun artikel ilmiah oleh para ilmuwan. Namun hingga saat ini proses pemanasan global terus berlangsung tanpa adanya solusi yang tepat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

0 komentar: