LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Pajak Menurut Para Ahli Dan Undang Undang

Loading...
Pengertian Pajak Menurut Para Ahli Dan Undang Undang – Pajak merupakan hal yang tak asing lagi dalam sistem keuangan negara. Peranan pajak sangat penting dalam rangka membangun bangsa dan negara. Dengan mempunyai pemasukan negara dari pajak maka berbagai sektor pembangunan di kota maupun desa dapat terus tumbuh dan ditingkatkan. Saat ini banyak ragam contoh dan bentuk pajak. Hal ini membuat pemasukan negara dari sektor pajak terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan potensi pajak di Indonesia sangat besar. Mengingat jumlah wajib pajak sangat besar di tanah air. Dari tingkat perkotaan hingga desa terpencil.

Hidup di sebuah negara tidaklah gratis. Melainkan pemerintah membebankan pajak kepada orang tersebut. Pajak adalah pungutan yang dibebankan kepada rakyat yang dilakukan oleh negara. Dan sifat pajak yang memaksa dengan diperkuat oleh perundang-undangan yang berlaku. Sehingga jika ada yang tidak membayar pajak maka ia bisa dikenakan sanksi ringan hingga berat yakni dimasukkan ke dalam penjara.

Pengertian Pajak Menurut Para Ahli Dan Undang Undang

Sebenarnya rakyat yang membayar pajak kepada negara tidak langsung mendapatkan manfaat. Namun manfaat dirasakan secara tidak langsung melalui berbagai fasilitas umum yang telah didirikan negara. Seperti jembatan, jalan raya dll. Semua proyek dan pembangunan sarana dan prasarana yang dibangun pemerintah untuk rakyatnya mayoritas dananya berasal dari pajak.

BACA JUGA : Pengertian Administrasi Secara Lengkap

Bagi orang yang dalam keadaan ekonomi miskin pastinya akan diberatkan dengan adanya beban pajak yang sangat tinggi. Mengingat pajak bukan hanya menyasar kalangan ekonomi menengah ke atas dengan pajak barang mewah. Tapi juga pajak menyasar kalangan menengah ke bawah dengan pajak bumi dan bangunan. Dengan besaran pajak yang sangat tinggi tentu memberatkan rakyat Indonesia yang saat ini sedang mengalami kelesuan ekonomi.

Atas dasar itulah, pajak yang sejatinya bertujuan untuk mensejahterakan rakyat secara umum berbalik menjadi menyengsarakan rakyat. Pajak yang tinggi dianggap arogansi pemerintah terhadap rakyatnya. Oleh karena itu, sebagian kecill wajib pajak melakukan penghindaran untuk bayar pajak. Mereka melakukan perlawanan dan penolakan untuk membayar pajak yang sangat besar. Dengan berbagai cara mereka menghindar untuk membayar pajak. Yang termasuk dalam jenis pelanggaran hukum negara.

Pengertian Pajak Menurut Para Ahli Dan Undang Undang

Pajak bukanlah hal yang harus ada dalam sebuah negara. Sebab ada beberapa negara yang benar-benar kaya dan bisa hidup mandiri tanpa dari pajak. Negara ini tidak memungut pajak dari rakyatnya yaitu Negara Uni Emirat Arab. Kapankah negara Indonesia bisa berjalan tanpa adanya pajak dari pemerintah seperti yang dilakukan negara United Emirate  Arab?

BACA JUGA : Pengertian Konvensional Secara Lengkap

Pajak yang berkaitan dengan uang di Indonesia dikelola secara langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak. Di setiap kota atau kabupaten mempunyai kantor cabang Direktorat Pajak. Lembaga ini berada di bawah Kementerian Keuangan RI. Orang yang bekerja di Direktorat Pajak atau mengurusi keuangan mempunyai gaji tinggi dan banyak yang kaya raya. Contohnya Gayus Tambunan.

Pengertian Pajak Menurut Para Ahli Dan Undang Undang

Pengertian Pajak Menurut Para Ahli Dan Undang Undang

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang arti pajak lebih dalam secara lengkap. Berikut ini pengertian pajak menurut para ahli dan undang undang, antara lain :

1.Menurut Professor DR.MJH Smeeths bahwa pajak adalah suatu prestasi yang diraih oleh negara dan bisa dipaksakan kepada rakyatnya. Pajak digunakan untuk kemakmuran suatu negara dalam rangka mendapatkan pemasukan kas negara dalam membiayai berbagai pengeluaran negara bagi rakyat secara umum.

2.Professor DR Rochmat Soemitro SH menyatakan pajak adalah pungutan atau iuran yang dipaksakan kepada rakyat oleh negara yang didukung oleh perundang-undangan yang sah. Pajak pula disebut merupakan awal proses perpindahan dari kekayaan pribadi atau swasta menuju kepada kekayaan publik untuk menunjang kemakmuran bangsa dan negara secara menyeluruh.

3.Menurut Leroy Bealieu bahwa pajak adalah pungutan berupa uang atau barang tertentu yang dilakukan negara kepada rakyat dalam rangka memberikan pendapatan bagi negara dalam membiayai semua pembangunan. Pajak bersifat memaksa merupakan sebuah sumbangan rakyat kepada negara tanpa adanya balas budi secara langsung yang dapat dilakukan oleh pemerintah.

4.Menurut Undang Undang Nomor 28 tahun 2007 pasal 1 mengenai Perpajakan dijelaskan pengertian pajak secara lengkap yaitu suatu kontribusi atau bentuk ikut serta rakyat yang sifatnya wajib dan memaksa dalam proses pembangunan bangsa dan negara. Dan semua itu dijalankan sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku.

BACA JUGA : Pengertian Ideologi Secara Lengkap

Demikian pengertian pajak menurut para ahli dan undang undang. Pajak sendiri mempunyai banyak contoh dan ragam. Seperti pajak penghasilan, pajak barang mewah, pajak kendaraan bermotor, pajak bumi bangunan dll. Dari semua jenis pajak itu tentu penghasilan yang didapatkan negara sangat besar dari hanya sektor pajak. Manfaat pajak dirasakan oleh semua lapisan bangsa dan masyarakat Indonesia.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Pajak Menurut Para Ahli Dan Undang Undang

0 komentar: