LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Asimilasi Secara Lengkap Beserta Faktor Pendorongnya

Loading...
Pengertian Asimilasi Secara Lengkap Beserta Faktor Pendorongnya- Ada banyak kata dan istilah yang terkadang sulit dimengerti bagi orang awam. Salah satunya istilah Asimilasi. Apa itu asimilasi? Jika anda sedang mencari referensi tentang arti, makna dan pengertian asimilasi maka anda berarti berada di zona yang tepat.

Pengertian Asimilasi Secara Lengkap Beserta Faktor Pendorongnya
Pengertian Asimilasi 
Karena situs learn sejarah membahas berbagai pengertian. Dan pada kali ini, penulis akan membahas mengenai pengertian asimilasi, faktor pendukung beserta contoh dan faktor penghambatnya.

Pengertian Asimilasi Dan Contohnya

Pengertian Asimilasi Dan Contohnya
Pengertian Asimilasi Dan Contohnya
Pengertian asimilasi menurut bahasa diambil dari bahasa Inggeris yakni Assimilation yang berarti pembauran. Sehingga pengertian asimilasi secara umum atau istilah yaitu dua budaya yang membaur menjadi satu yang membuat ciri khas budaya asli menjadi hilang dan munculnya sebuah kebudayaan yang baru berdiri sendiri.

Adapun faktor yang mendorong asimilasi adalah adanya itikad untuk mementingkan tujuan dan kepentingan bersama, melakukan jalinan hubungan yang erat disertai perasaan dan tindakan, serta upaya untuk memperkecil perbedaan diantara kelompok. Sehingga upaya penyatuan dengan membaurkan dua kebudayaan yang berbeda menjadi satu yang baru.

Jika dilihat asimilasi merupakan sebuah proses bukanlah sebuah objek. Sebagai contoh, proses asimilasi terjadi dikarenakan penyesuaian karakter dan sifat kebudayaan asli dengan lingkungan dan budaya yang baru. Sehingga ciri khas budaya asli menjadi hilang. Dan berubah menjadi timbulnya kebiasaan dan budaya yang baru disebabkan terjadinya pembaharuan dua kebudayaan. Yang selama ini belum ada sama sekali.

Berbeda sekali pengertian asimilasi atau pembauran dengan pencampuran. Kalau asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang menjadi satu. Sedangkan ciri khas dan karakter kebudayaan asli menjadi hilang. Lalu muncullah kebudayaan yang baru. Sedangkan pencampuran budaya adalah dua kebudayaan asli yang bercampur tanpa hilangnya sifat dan karakter asli kedua budaya tersebut.

Ada banyak hal yang dilakukan atas dasar asimilasi. Terutama untuk memperkecil perbedaan antara kelompok dan individu. Sehingga anda tidak usah heran di berbagai daerah di Indonesia ada banyak proses asimilasi dilakukan untuk mempererat hubungan maupun memperkecil jurang perbedaan antara kelompok dan masyarakat.

Apalagi negara Indonesia mempunyai banyak suku dan kebudayaan yang satu sama lain saling mempengaruhi. Sehingga asimilasi dua kebudayaan menjadi hal yang tak terelakkan lagi di jaman modern saat ini. Sebuah kelompok masyarakat ingin menjadi satu dengan membentuk kebudayaan baru. Yang setiap individu mengikuti kepentingan kelompok bersama-sama. Identitas pribadi menjadi hilang dalam sebuah kelompok.

Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian asimilasi secara umum, selanjutnya dibahas pengertian asimilasi menurut para ahli. Adapun pengertian asimilasi menurut para ahli berbeda-beda. Hal ini wajar karena mereka melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

 pengertian asimilasi menurut para ahli
 pengertian asimilasi menurut para ahli
Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli :

Pengertian Asimilasi Menurut Koentjaraningrat berpendapat bahwa asimilasi merupakan sebuah proses berubahnya kultur sosial dalam sistem kemasyarakatan suatu kelompok. Hal ini disebabkan adanya jalinan interaksi sosial antara sesama anggota kelompok yang terjadi secara intens, konsisten dan berkelanjutan. Yang berlanjut pada hasil akhir berupa pembauran dua kebudayaan lama menjadi satu kebudayaan baru yang berbeda dari aslinya. Hal itu dilakukan dalam rangka mengakomodir kepentingan semua pihak.

Pengertian Asimilasi Menurut Seymour Smith mengatakan asimilasi adalah suatu proses tahapan merubahnya kultur budaya dan sosial di masyarakat. Hal ini biasanya diawali adanya proses akulturasi dan difusi kebudayaan. Yang membuat terbentuk sebuah kebudayaan baru yang dapat diterima secara baik oleh seluruh anggota masyarakat. Proses asimilasi terjadi disebabkan adanya niat untuk menghindari konflik sosial di masyarakat.

Pengertian Asimilasi Menurut Vander Zanden berkomentar bahwa pengertian asimilasi yaitu proses interaksi sosial antara individu dalam satu kelompok yang melakukan pembauran untuk kepentingan bersama. Kemudian mereka bersikap saling menghargai dan mulai berpikir untuk membentuk satu identitas baru dengan kebudayaan baru.

Faktor Pendorong Asimilasi

faktor pendorong asimilasi
faktor pendorong asimilasi
Asimilasi tidak terbentuk dengan sendirinya. Melainkan ada faktor pendorong yang mencetuskannya. Berikut ini faktor pendorong asimilasi, antara lain :

Adanya pernikahan yang berbeda budaya dalam satu kelompok
Munculnya sikap toleransi antara sesama anggota kelompok yang memiliki kebudayaan yang saling berbeda 
Memiliki musuh bersama dan bersatu padu melawan musuh tersebut
Adanya sikap saling menghargai dan menghormati diantara sesama anggota kelompok
Tindakan yang terbuka dari ketua kelompok untuk menerima kebudayaan baru apapun
Persamaan dalam nilai budaya yang umum dan sikap menghormati orang asing yang membawa kebudayaannya masing masing.

Demikianlah penjelasan pengertian asimilasi secara lengkap beserta faktor pendorongnya. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda sekalian.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Asimilasi Secara Lengkap Beserta Faktor Pendorongnya

0 komentar: