LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Apresiasi Seni Secara Umum, Menurut Para Ahli, Contoh Dan Tujuannya

Loading...
Pengertian Apresiasi Seni Secara Umum - Salah satu kalimat yang sering diucapkan orang bijak ketika menyaksikan karya seni dan sastra adalah “Saya mengapresiasi semua yang diberikan pada saya!”. Kata apresiasi menjadi kata populer saat ini. Lalu apa yang dimaksud dengan apresiasi dan pengertiannya secara lengkap. Apresiasi adalah sebuah ungkapan rasa dalam yang dicetuskan oleh seseorang tatkala melihat sebuah karya seni dan sastra yang begitu indah dan mempesona.

Pengertian Apresiasi
Pengertian Apresiasi
Namun bagi orang awam pastinya kurang paham arti sesungguhnya dari apresiasi itu sendiri dan bagaimana penempatannya pada kalimat atau perbincangan. Mengingat macam apresiasi sangat banyak. Dari apresiasi seni teater, seni tari, seni sastra dan karya seni lainnya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk memahami pengertian apresiasi secara umum, khusus dan pandangan dari para ahli. 

Pengertian Apresiasi
Pengertian Apresiasi
Berdasarkan literature yang dapat dipercaya, pengertian apresiasi secara umum yaitu sebuah proses menjiwai, menghayati, mendengar, melihat, menghargai dan membandingkan sebuah karya seni yang mempunyai nilai estetika yang sangat bagus. Sehingga orang berucap wah. Dalam arti, mengapresiasi karya seni yang disimaknya. Pendek kata, apresiasi merupakan sebuah proses menghargai atas eksistensi sebuah karya seni yang telah dilihatnya.

Pengertian Apresiasi Seni Menurut Para Ahli

pengertian apresiasi seni menurut para ahli
pengertian apresiasi seni menurut para ahli
Tampak jelas sekali apresiasi merupakan sebuah ekspresi seseorang dalam menghargai suatu karya seni. Sehingga apresiasi erat sekali hubungannya dengan karya seni. Berikut ini pengertian apresiasi seni menurut para ahli, antara lain :
Pengertian Apresiasi Menurut Aminuddin bahwa pengertian apresiasi seni adalah sebuah pengakuan batin atau pengenalan atas keindahan sebuah karya seni yang dapat dirasakan langsung oleh penikmatnya. Yang ditulis oleh pengarang dalam sebuah kertas atau buku. Jelaslah, Aminuddin melihat pengertian apresiasi seni dari segi karya seni sastra.
Pengertian apresiasi seni menurut Albert R Candler adalah sebuah aktifitas menyadari dan mengetahui akan adanya unsur unsur keindahan dalam karya seni. Yang membuat para pembacanya dapat menikmati langsung karya itu sendiri dengan khusyuk dan selanjutnya bisa menilainya.
Adapun Pengertian Apresiasi Menurut Alfred North Whitehead mengatakan apresiasi seni merupakan kegiatan memahami sesuatu yang dilaksanakan seseorang dalam sebuah karya. Yang berikutnya dapat melakukan penilaian secara objektif sesuai dengan yang dirasakan oleh jiwa estetika.
Pengertian Apresiasi Menurut  Effendi berpendapat apresiasi seni sastra adalah kegiatan untuk mengenal atau mengakrabi sebuah karya seni sastra secara optimal sehingga bisa dirasakan manfaat, pengertian dan keindahan yang terkandung di dalamnya. Sehingga selepas membaca karya sastra bisa memberikan penilaian dan penghargaan.
Pengertian Apresiasi Menurut John Dewey dan Jarret berpendapat apresiasi seni merupakan proses ketertarikan atau rasa kagum seseorang atas sebuah karya sastra berdasarkan pengalaman yang dibacanya.
Pengertian apresiasi seni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu sebuah penghargaan atau penilaian baik atas suatu karya seni sastra, teater, suara dan lain-lain.

Contoh Apresiasi Seni

Banyak orang yang mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi sebuah karya berarti ia merasa kagum atas karya seni tersebut. Hal itu menjadi dambaan setiap seniman. Untuk lebih jelas, inilah contoh apresiasi seni yang sering dilontarkan orang, antara lain :

1.Menonton perhelatan pentas seni tari atau teater
2.Melihat sebuah karya seni sastra yang memukau
3.Melakukan kritik terhadap seni

Tujuan Apresiasi

Mengapresiasi adalah sebuah kegiatan menghargai sebuah seni setelah menyaksikan seni tersebut. Ada berbagai macam karya seni yang bisa diapresiasi dengan baik. Seperti setelah membaca sebuah novel atau karya seni sastra,  mendengarkan karya musik secara seksama, menonton karya seni teater, melihat berbagai karya seni kreasi di museum  atau galeri dan lain sebagainya. Kata apresiasi seni mengalir dari para penikmatnya secara langsung dengan sendirinya. Mengingat manusia dalam lubuk hatinya sudah ditakdirkan mempunyai jiwa seni. 

Lalu apa tujuan dari apresiasi karya seni? Untuk lebih jelasnya, berikut ini tujuan apresiasi seni, antara lain :

Tujuan pokok
Tujuan pokok seseorang mengapresiasi karya seni adalah untuk mempublikasikan atau memperkenalkan sebuah karya seni kepada khalayak ramai. Sehingga banyak orang bisa merasakan betul dan menikmati karya seni tersebut sesuai dengan yang dirasakannya.
Tujuan Akhir
Untuk tujuan akhir apresiasi karya seni adalah untuk meningkatkan daya kreasi dan merasakan nilai karya seni yang estetika tinggi. Dengan begitu para penikmat bisa memberikan tanggapan atas apresiasi karya seni berupa nilai estetika, nilai empatik dan kritik. 
Itulah pengertian apresiasi seni secara umum, menurut para ahli serta contoh dan tujuannya.  Semoga anda bisa memahami arti sesungguhnya dari apresiasi seni. Teruslah menyimak artikel selanjutnya dari blog learn sejarah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Apresiasi Seni Secara Umum, Menurut Para Ahli, Contoh Dan Tujuannya

0 komentar: