LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Akuntansi Secara Singkat, Fungsi dan Manfaatnya

Loading...
Pengertian Akuntansi Dasar Secara Singkat dan Umum - Setiap orang diberi karunia oleh Allah SWT berupa kemampuan untuk menulis dan mencatat segala apa yang terjadi. Misalkan mencatat pelajaran sekolah, mencatat bahan ceramah, mencatat materi kuliah, mencatat  pengeluaran belanja bulanan, mencatat uang kas masuk, mencatat uang jajan harian, mencatat keuangan lain sebagainya. Hal tersebut terlihat sepele. Padahal peranannya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bagi orang yang hobi mencatat maka semua itu sangatlah mudah dilakukan.

Pengertian Akuntansi Secara Singkat, Fungsi dan Manfaatnya

Dalam kehidupan seseorang tidak bisa dilepaskan dari uang masuk atau aset dan uang keluar yang disebut liabilitas. Pencatatan uang masuk dan keluar harus dilakukan supaya kita mengetahui berapa besar uang masuk dan berapa besar biaya pengeluaran setiap harian. 

BACA JUGA : Pengertian Administrasi Secara Lengkap

Sehingga arus kas berjalan secara positif dan tidak lebih besar pasak daripada tiang. Pendek kata, pencatatan keuangan bisa dimulai dari hal terkecil. Misalkan biaya belanja harian. Seperti dalam satu hari membeli tiga kopi sachet. Itulah yang dinamakan akuntansi.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian akuntansi menurut AAA atau American Accounting Association yaitu suatu kegiatan yang dilakukan dalam mengukur, mengidentifikasi data. Yang kemudian dapat disimpulkan dan ditarik kesimpulan untuk selanjutnya menjadi sebuah laporan ekonomi yang sangat berharga untuk menunjang kegiatan apapun. Dengan bekal laporan ekonomi itu maka seseorang bisa melakukan sebuah keputusan yang tepat dan jelas demi tercapainya sebuah target tertentu.

BACA JUGA : Pengertian Ideologi Secara Lengkap

Sedangkan pengertian akuntansi menurut AICPA (America Institute of Certified Public Accountants) yakni sebuah proses peringkasan, penggolongan dan pencatatan yang dilakukan secara tepat guna dengan berisikan peristiwa transaksi keuangan dalam mata uang.  Dari hasil akuntansi itu akan bisa diperoleh sebuah kesimpulan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pengertian akuntansi menurut AAA

Berdasarkan pengertian kedua ahli tersebut bisa disimpulkan bahwasanya pengertian akuntansi adalah proses untuk mencatat, mengukur, mengidentifikasi dan melaporkan atas identifikasi tersebut. Sehingga bisa diperoleh kesimpulan dan langkah keputusan bijak yang bisa dilakukan dari hasil laporan akuntansi tersebut.

Fungsi Akuntansi Bisnis

Fungsi Akuntansi Bisnis

Adapun fungsi akuntansi dalam sebuah bisnis, antara lain :

1.Sebagai media pencatatan setiap transaksi pembelian maupun penjualan barang, pencatatan keuntungan dan kerugian perusahaan.

2.Menghitung besaran penyusutan aset dan properti

3.Memberikan laporan keuangan dan transaksi yang berharga dan dapat dipertanggungjawabkan atas sebuah transaksi kepada pihak instansi, peneliti, supplier, kantor pemerintahan, karyawan, kreditor, distributor, dan investor.

Manfaat Akuntansi

Manfaat Akuntansi

Di tengah jaman modern dan serba canggih ini sebuah proses akuntansi atau pencatatan sangat penting. Banyak sekali manfaat akuntansi yang menjadi salah satu disiplin ilmu di berbagai perguruan tinggi. Manfaat akuntansi sangat besar bagi sebuah perusahaan untuk memahami tingkat keuntungan sebuah perusahaan dan bisa mengetahui situasi finansial perusahaan secara lebih dalam. 

Untuk lebih lengkap dan jelas, inilah manfaat akuntansi dalam kehidupan sehari-hari, antara lain :

1.Informasi yang sangat berharga tentang kondisi keuangan bagi pihak yang memerlukannya. Sebuah perusahaan yang mempunyai banyak karyawan dengan didukung sistem akuntansi yang baik maka kinerja perusahaan berjalan baik. Dalam segi keuangan, pembayaran gaji pegawai, dll.

2.Bahan mengevaluasi finansial. Akuntansi bukan hanya diperlukan oleh kalangan individu dan keluarga. Tapi juga diperlukan oleh perusahaan untuk melakukan evaluasi atas kinerja keuangan selama ini. Apakah keuntungan perusahaan meningkat atau menurun drastis? Lalu bagaimana caranya meningkatkan profit usaha? Semua itu didasarkan atas laporan akuntansi.

3.Untuk persyaratan pinjaman modal usaha di bank. Salah satu syarat meminjam modal uang di bank bagi pengusaha adalah melampirkan proposal usaha dan rekening koran data transaksi usaha. Sehingga bagaimanapun akuntansi diperlukan bagi perusahaan itu sendiri secara internal maupun eksternal.

4.Bukti yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Jika sebuah usaha dilakukan tanpa sistem akuntansi yang baik dan benar maka akan kacaulah perusahaan tersebut dalam sistem pembayaran gaji karyawan, daftar hutang kredit yang harus dibayarkan dll. Dengan adanya bukti akuntansi berupa pencatatan maka anda bisa mengetahui berapa banyak utang kredit, berapa besar laba, kerugian dan biaya modal dan lain sebagainya.

5.Memperlancar ekonomi rumahtangga. Sebuah rumah tangga yang dijalankan atas dasar ilmu akuntansi yang baik maka seseorang dapat mengatur biaya belanja bulanan sesuai dengan penghasilan yang ia dapatkan. Sehingga tidak ada istilah arus kas merugi atau defisit. Jika sebuah ekonomi rumahtangga mengalami defisit maka ia bisa sesegera mungkin memperbaiki dengan menambah sumber pemasukan baru.

Demikianlah pengertian akuntansi secara singkat, lengkap dan jelas beserta fungsi dan manfaatnya. Mudah-mudahan dapat memberikan wawasan baru bagi pembaca dan mengetahui lebih dalam penjelasan mengenai arti akuntansi dan seluk beluknya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Akuntansi Secara Singkat, Fungsi dan Manfaatnya

0 komentar: