LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Administrasi Secara Umum, Khusus, Menurut Para Ahli Dan Unsurnya

Loading...
Pengertian Administrasi Secara Umum, Khusus, Menurut Para Ahli Dan Unsurnya - Taukah kamu apa itu pengertian administrasi? Tentunya kalau kalian terdampar disini, kalian sedang menelusuri mengenai pengertian administrasi yang mana bisa jadi ini adalah tugas kalian dari para guru-guru di sekolah. Mengenai hal tersebut tentunya kalian menginginkan yang lengkap dan jelas mengenai materi tersebut.

Jadi, apa yang lebih kalian ingin pelajari dibanding pengertian administrasi? Kalau menurut admin, untuk tugas harusnya kalian paham terlebih dahulu mengenai pengertian administrasi secara umum, pengertian administrasi secara khusus, pengertian administrasi menurut para ahli dan unsur administrasi itu apa saja.

pengertian administrasi
pengertian administrasi
Sudah siap untuk memahami materi tersebut? Silakan cek dan baca secara lengkap dan jelas materinya dibawah ini ya!

Pengertian Administrasi Secara Umum

pengertian administrasi secara umum
pengertian administrasi secara umum
Pengertian Administrasi Secara Umum - Salah satu kata atau istilah yang sudah tidak asing dalam dunia perkantoran adalah administrasi. Setiap perusahaan, kantor, lembaga pemerintah, lembaga swasta, BUMN, organisasi dan lain sebagainya pasti memiliki kegiatan administrasi yang disusun sendiri. Hal itu dilakukan untuk kelancaran organisasi sesuai dengan yang diharapkan lembaga tersebut.

Pada awalnya sebuah lembaga atau organisasi berjalan tanpa administrasi. Namun seiring dengan semakin berkembang maka sebuah badan, lembaga dan kantor memerlukan proses administrasi yang biasanya dilakukan seorang admin. Lalu apa itu administrasi? Pengertian administrasi secara luas adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengelola suatu kegiatan secara terencana dan terstruktur baik sehingga bisa dicapai apa yang diharapkan selama ini. 

Secara bahasa pengertian administrasi dapat dilihat dari asal usul kata. Istilah administrasi berasal dari bahasa Yunani yakni AD dan Ministrare. Yang artinya, sebuah kegiatan yang menunjang, memenuhi, membantu dan melayani sebuah pekerjaan hingga berjalan rapi dan terstruktur secara sempurna. Disebut juga tata usaha yaitu berbagai pekerjaan dalam segala bidang yang ditata dan diatur supaya mendapatkan tujuan lembaga itu sendiri.

Sebuah pekerjaan, bisnis atau organisasi yang telah disusun secara administrasi maka proses perjalanan atau kinerja lembaga dan perusahaan tersebut akan berjalan lancar tanpa kehadiran kita. Sebab semuanya berjalan secara otomatis sesuai prosedur yang dijalankan. Jadi pengertian administrasi secara umum meliputi semua bidang pekerjaan. Pekerjaan apapun bisa disusun proses administrasi sehingga berjalan lancar sesuai keinginan.

Pengertian Administrasi Secara Khusus

Pengertian Administrasi Secara Khusus
Pengertian Administrasi Secara Khusus
Pengertian Administrasi Secara Khusus - Adapun pengertan administrasi secara sempit atau khusus yaitu segala aktifitas yang dilakukan dalam urusan ketata usahaan. Aspek administrasi sangat penting bagi sebuah perusahaan atau lembaga. Apalah jadinya sebuah perusahaan atau lembaga yang tidak menjalankan administrasi dengan baik. Pastilah akan kacau perusahaan dan badan yang berjalan tersebut.

Hal ini dirasakan oleh penulis yang pernah bekerja sebagai administrasi di sebuah perusahaan kuliner sale pisang. Orang yang menjalankan proses administrasi disebut juga admin. Pekerjaan administrasi meliputi seluruh pekerjaan yang dikelola secara baik. Sehingga seorang admin bisa disejajarkan sebagai wakil kepala atau otaknya perusahaan dan organisasi itu sendiri. Adapun jenis pekerjaan yang umumnya dilakukan seorang administrasi adalah menyusun arsip, membuat laporan, kesekretariatan dan korespondensi.

Pada umumnya orang yang melakukan tugas administrasi berjenis kelamin wanita. Namun tidak menutup kemungkinan pekerjaan administrasi dilakukan oleh seorang pria yang mengerti betul ilmu administrasi yang baik. Seperti halnya, penulis pernah menjadi seorang karyawan administrasi di sebuah lembaga perusahaan atas dasar hobi dan keterampilan.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

pengertian administrasi menurut para ahli
pengertian administrasi menurut para ahli
Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli - Nah dibawah ini adalah pengertian administrasi menurut sondang p siagian, pengertian administrasi menurut george r tehri, pengertian administrasi menurut willam l dan edwin robinsoh serta pengertian administrasi menurut ulbert. Simak dibawah ini ya :
Sondang P Siagian mengatakan bahwa administrasi adalah suatu bentuk hasil dari kerjasama yang dilakukan. Proses administrasi dijalankan secara rasionalitas dan bisa dilaksanakan oleh seorang individu, dua orang sampai lebih untuk memperoleh tujuan bersama.
George R Tehri berpendapat lain. Menurutnya, administrasi merupakan sebuah aktifitas yang dijalankan sesuai sistem dengan pengorganisasian, pengendalian dan perencanaan yang sangat tepat. Seseorang dalam lembaga, perusahaan dan kantor tidak dapat melanggar proses administrasi. Namun harus mengikuti proses administrasi demi kelancaran usaha, kantor, perusahaan dan lembaga bersangkutan. Hingga mendapatkan target yang sesuai diinginkan bersama secara baik.
Menurut Willam L and Edwin Robinsoh bahwa pangertian administrasi adalah sebuah ilmu manajemen yang lebih kecil lagi. Dimana aktifitas ini berusaha melaksanakan pengaturan tatacara kerja sesuai yang ditetapkan untuk lebih efisien dan efektif. Salah satu tugas administrasi adalah mendokumentasikan file dan laporan secara rapi.
Ulbert mengatakakan bahwa administrasi adalah pekerjaan penyusunan informasi dan data yang dituangkan dalam bentuk catatan yang akurat dan tersusun dengan baik. Dengan data yang ada bisa diolah sehingga didapat suatu kesimpulan dan dijadikan acuan untuk menentukan kebijakan pada masa selanjutnya untuk kemajuan usaha, kantor dan lembaga.

Unsur-Unsur Administrasi

unsur unsur administrasi
unsur unsur administrasi 
Yang menjadi unsur dalam sebuah administrasi, antara lain :

1.Komunikasi
2.Manajemen merupakan alat yang mengatur manajemen adminsitrasi supaya berjalan baik seperti tenaga operasional, manajer, penggerak dll.
3.Organisasi yaitu sebagai tempat kegiatan administrasi dilaksanakan secara baik.
4.Public Relation (PR)
5.Kepegawaian

Demikianlah pengertian administrasi secara umum, khusus, menurut para ahli dan unsurnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya walaupun singkat. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Administrasi Secara Umum, Khusus, Menurut Para Ahli Dan Unsurnya

0 komentar: