LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Perbedaan Margarin dan Mentega Beserta Contohnya

Loading...
Perbedaan Margarin dan Mentega Beserta Contohnya – Anda pastinya sudah tidak asing lagi mendengar nama mentega dan margarin. Perbedaan Margarin dan Mentega adalah suatu hal yang memang ada. Banyak orang yang menganggap antara margarin dan mentega adalah sama. Padahal keduanya sangat berbeda. 

Persamaan keduanya adalah sama-sama sering dijadikan bahan makanan untuk pembuatan roti kering, kue basah, bolu, adonan kue dan dioles pada roti tawar. Pada usaha roti bakar kedua bahan ini sering digunakan.

Atas ketidaktahuan masyarakat perbedaan antara mentega dan margarin membuat banyak orang salah kaprah. Mereka menyebut mentega padahal itu margarin. Dan menyebut margarin padahal itu mentega. 
Perbedaan Margarin dan Mentega
Perbedaan Margarin dan Mentega 
Oleh sebab itu, pada kali ini penulis akan menjelaskan perbedaan antara mentega atau butter dan margarin beserta contohnya selengkap mungkin. Diharapkan anda dapat mengetahui perbedaan antara keduanya. Sehingga tidak menyebut mentega sebagai margarin dan sebaliknya. Perbedaan Margarin dan Mentega ini memang layak untuk selalu di bincangkan.

Hal ini sebenarnya sangat umum terjadi di masyarakat Indonesia yang sulit membedakan antara margarin dan mentega. Perbedaan Margarin dan Mentega pun susah dikenali. Namun bagi kalangan yang telah lama terjun dalam dunia kuliner dan masak memasak sangat mudah melihat perbedaan keduanya.

Perbedaan Margarin dan Mentega Beserta Contohnya

Perbedaan Margarin dan Mentega
Perbedaan Margarin dan Mentega 
Cara mengetahui perbedaan margarin dan mentega beserta contohnya bisa dilakukan dengan hal berikut ini, antara lain :

1.Warna
Perbedaan Margarin dan Mentega
Perbedaan margarin dan mentega dapat dilihat dari segi warnanya. Margarin memiliki warna yang lebih kuning. Sedangkan mentega mempunyai warna agak putih dan kalau kuning lebih pucat. Sehingga dari tampilan luar dapat dibedakan antara mentega dan margarin.
2.Bahan Pembuatan
Perbedaan Margarin dan Mentega
Margarin terbuat dari lemak nabati. Sedangkan mentega berasal dari lemak hewani. Sehingga bagi orang yang diet sebisa mungkin menghindari makan mentega yang mengandung lemak hewani. Dan lebih memilih makan margarin yang mengandung lemak nabati dan lebih menyehatkan. 
Mentega yang disebut pula booter atau butter dibuat dari susu hewani dengan kandungan lemak sebesar 80 persen. Mentega mempunyai rasa lebih gurih dengan aroma yang lebih wangi. Ada dua jenis mentega yakni yang tawar dan yang asin. Contoh produk mentega adalah Golden Fern, Anchor, Blue Triangle, Orchid, Elle And Vire, dan Merk Wijsman. 
3.Aroma berbeda
Bahan pembuatan mentega dan margarin yang berbeda berakibat pada aroma yang berbeda pula. Mentega sangat bagus dijadikan campuran olahan untuk membuat kue. Sebab mempunyai aroma yang sangat wangi seperti susu. Sedangkan margarin aromanya sangat kalah wangi dengan mentega.
4.Kandungan lemak
Disebabkan bahan pembuatan mentega dan margarin berbeda maka kandungan lemak pada keduanya sangat berbeda jauh. Margarin memiliki kandungan lemak tidak jenuh karena terbuat dari lemak nabati. Sedangkan mentega memiliki kandungan lemak jenuh sampai 80 persen dan mengandung kolesterol cukup tinggi.
5. Tekstur berbeda
Jika dilihat dari segi tekstur, margarin agak lembek. Sedangkan mentega agak padat. Oleh karenanya, mentega sangat cocok dijadikan campuran bahan untuk bahan pembuatan kue basah. Adapun untuk bahan pembuatan kue kering lebih bagus menggunakan margarin.
6.Harga berbeda
Harga margarin dan mentega keduanya sangat berbeda. Karena bahan pembuatannya pun berbeda. Margarin terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Sedangkan mentega dari lemak hewani. Harga margarin seperti Simas atau ForVita di pasaran saat ini dikisaran Rp 5000 per 250 gram. Sedangkan harga mentega lebih mahal dari margarin.

Blue Band Mentega Atau Margarin

Perbedaan Margarin dan Mentega

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah blue band termasuk mentega atau margarin? Melihat tanda dan ciri blue band sangat jelas bahwa blue band termasuk margarin. Karena berasal dari minyak nabati kelapa sawit. Hal ini bisa dilihat dari komposisi dalam bungkus blue band. Selain itu, blue band lebih cepat meleleh dan mempunyai warna lebih kuning. Contoh lain dari margarin selain blue band adalah forVita, Simas dan Filma.

Demikianlah perbedaan margarin dan mentega beserta contohnya. Semoga apa yang penulis sampaikan bisa memberikan manfaat pada pembaca sekalian. Sehingga bisa membedakan dengan baik dan benar antara mentega dan margarin. Nantinya ketika anda membeli mentega maka pihak toko memberikan mentega sesuai keinginan anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Margarin dan Mentega Beserta Contohnya

0 komentar: