LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya

Loading...
Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya – Bagi orang yang memeluk agama Islam pastinya tidak asing mendengar istilah umroh dan haji. Menunaikan ibadah umroh dan haji merupakan salah satu perintah dari Allah SWT yang dibebankan kepada setiap muslim yang beriman dan mampu. Taukah anda mengenai perbedaan ibadah haji dan umroh ?

Atas itulah setiap muslim termotivasi untuk menunaikan rukun islam yang kelima dan umroh. Namun dalam pelaksanaannya tidak semudah yang dibayangkan. Untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh memerlukan persiapan matang dari segi fisik dan finansial.

perbedaan haji dan umroh
perbedaan haji dan umroh

Sudah menjadi impian banyak orang untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji di dalam hidupnya. Menunaikan ibadah haji dan umroh minimal satu kali seumur hidup. Namun untuk melaksanakan ibadah haji ini tidak mudah. 
Karena daftar antrian calon jamaah haji sangat panjang. Jika anda daftar ibadah haji tahun ini maka dalam beberapa tahun mendatang baru bisa melaksanakan ibadah haji. Maka, anda harus tahu mengenai perbedaan haji dan umroh. 

Dengan antrian sangat panjang bagi calon jamaah haji membuat sebagian muslim di Indonesia memilih untuk melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu. Melakukan ibadah umroh lebih cepat, lebih murah dan lebih mudah. Hal ini didukung oleh banyaknya biro perjalanan ibadah haji dan umroh yang dapat memberangkatkan setiap muslim untuk menunaikan ibadah umroh di Mekkah Al Mukarromah.

Pengertian Haji

pengertian haji
pengertian haji
Secara bahasa, Haji adalah bermaksud atau sengaja. Dalam arti, bermaksud untuk mendatangi Mekkah Al Mukarromah dalam rangka menunaikan ibadah haji karena Allah SWT. Sedangkan menurut istilah, haji merupakan serangkaian proses ibadah yang dilaksanakan dengan tata cara tertentu dan di waktu tertentu dengan niat semata-mata mencari  ridho Allah SWT.

Menunaikan ibadah haji merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim yang akil baligh yang sudah mampu secara fisik dan keuangan. Jika ia belum mampu maka tidak mengapa tak melaksanakan ibadah haji. Dengan menunaikan ibadah haji maka seorang muslim telah menyempurnakan rukun Islam yang lima. Dan titel haji di tanah air seringkali menjadi sebuah gelar yang bergengsi. Setiap muslim atau muslimah yang pulang pasca melaksanakan ibadah haji maka ia disebut Bapak haji atau Bu Hajjah. Padahal panggilan itu tak ada ketentuan dalam agama Islam.

Pengertian Umroh

pengertian umroh
pengertian umroh
Inilah yang oleh Rasulullah SAW disebut haji kecil yang hukumnya sunat muakkad. Dalam arti, jika dilaksanakan akan mendapatkan pahala. Dan jika ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa. Namun ibadah umroh merupakan amalan sunat yang sangat dianjurkan untuk memperoleh keutamaan di hadapan Allah SWT. Sama seperti ibadah haji, untuk menunaikan ibadah umroh memerlukan biaya harta benda yang tidak sedikit.

Untuk melaksanakan ibadah haji biaya yang dibutuhkan lebih besar dari umroh. Untuk harga ongkos naik haji saat ini dikisaran Rp 30 juta per orang yang disesuaikan dengan kurs dollar. Sedangkan untuk biaya melaksanakan ibadah umroh dibawah biaya ongkos naik haji. Apalagi jika anda melaksanakan ibadah umroh secara backpacker maka biaya lebih murah lagi sekitar Rp 14 juta per orang.

Perbedan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya

perbedaan ibadah haji dan umroh beserta dalilnya
perbedaan ibadah haji dan umroh beserta dalilnya
Lalu apakah perbedaan ibadah haji dan umroh? Bagi orang awam sangat sulit untuk membedakan antara haji dan umroh. Sebenarnya disamping umroh dan haji memiliki persamaan.  Umroh yang disebut dengan haji kecil. Namun dibalik itu, ada banyak perbedaan. Berikut ini perbedaan ibadah haji dan umroh beserta dalilnya, antara lain :

1.Ibadah haji dapat dilakukan hanya pada waktu tertentu yakni musim haji pada bulan Dzulhijjah. Sedangkan ibadah umroh tidak ditentukan waktunya. Kapan saja bisa dilaksanakan.

2.Untuk menunaikan ibadah haji memerlukan waktu yang sangat lama. Mengingat daftar antrian calon jemaah haji sangat panjang. Anda daftar jadi calon jemaah haji tahun ini maka lima tahun mendatang baru dapat menunaikan ibadah haji.  Sedangkan ibadah umroh tidak ada istilah daftar antrian yang panjang. 

3.Hukum menunaikan ibadah umroh adalah sunnat. Dalam arti tidak berdosa jika tidak dilakukan. Namun berpahala jika dilaksanakan ibadah umroh. Sedangkan hukum melaksanakan ibadah haji adalah wajib. Dalam arti bagi orang yang mampu secara fisik dan keuangan.

Mengenai dalil hukumnya wajib melaksanakan ibadah haji adalah firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 97 yang berbunyi : “Dan Allah mewajibkan kepada manusia supaya menunaikan ibadah haji ke Baitullah bagi mereka yang mampu melaksanakannya.” Arti mampu di sini adalah kemampuan dalam segi waktu, fisik dan biaya. Adapun bagi orang sakit karena ia tidak mampu maka tidak berdosa tak melakukan ibadah haji. Begitupula bagi orang yang miskin tak mempunyai uang untuk menjalankan ibadah haji. Dari ayat di atas jelas bahwa hukum ibadah haji adalah wajib satu kali seumur hidup.

Demikianlah perbedaan ibadah haji dan umroh beserta dalilnya yang sangat jelas dan nyata. Sehingga anda bisa membedakan secara baik antara ibadah haji dan umroh. Semoga anda dapat melaksanakan ibadah ini mengingat banyak hikmah dan manfaat yang dirasakan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Ibadah Haji Dan Umroh Beserta Dalilnya

0 komentar: