LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i

Loading...
Kata Kata Mutiara, Syair,Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i – Bagi umat Islam di Indonesia maka tidak asing lagi mendengar nama Imam Mazhab Imam Syafi’i. Beliau adalah seorang alim ulama yang cerdas dan hafal Al Qur’an sejak kecil. 

Berbagai karya tulisnya dijadikan pedoman oleh umat Islam dalam menjalankan praktek dan ibadah dalam agama Islam. Selain Imam Syafi’i, banyak lagi Imam Mazhab yang menjadi panutan kaum muslimin. 

Seperti Imam Ahmad bin Hambal, Imam hanafi dan lainnya. Namun yang paling menonjol di umat Islam adalah nama besar Imam Syafi’i.

Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i
Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i

Lalu apa saja pelajaran, pesan dan nasihat yang disampaikan oleh Imam Syafi’i yang dijadikan pedoman oleh umat Islam ? 

Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i

Bagi anda yang penasaran, berikut ini kata kata mutiara, syair, pesan dan nasehat Imam Syafi’i yang paling populer, antara lain :


  1. Seseorang yang bisa menyimpan rahasianya dengan baik maka kebajikan berada dalam tangannya. (Kutipan Imam Syafi’i tentang sahabat). Seseorang pasti mempunyai rahasia. Maka orang yang diamanati untuk menjaga rahasia maka wajib menjaga rahasia dengan baik.
  2. Apabila anda memiliki kebutuhan yang sangat banyak dan mendesak. Kemudian semuanya itu mesti dicukupi maka pilihlah yang paling mendesak dan paling penting. (Quotes Imam Syafi’i). Inilah yang disebut ilmu prioritas. Kebutuhan primer harus didahulukan ketimbang kebutuhan sekunder dan tersier. Begitu selanjutnya.
  3. Kebahagiaan yang paling besar seorang mukmin adalah ketika berjumpa dengan mukmin lainnya. Lalu menjadi sahabat. Dan kesedihan yang paling dalam seorang mukmin adalah ketika berpisah dengannya. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda :”Setiap mukmin adalah bersaudara. Jika yang satu sakit maka mukmin lain akan merasakan sakit. Janganlah kalian menyakiti saudara kalian seiman, mencuri hartanya, dan mengambil bagiannya. Namun hendaklah menjaga kehormatan saudara seiman kalian.
  4. Manusia yang cerdas dan memiliki akal yang baik yaitu mereka yang bisa menjaga diri dari perkataan dan perbuatan tercela. Allah SWT berfirman mengenai ciri-ciri orang yang beriman adalah mereka yang menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang tercela dan sia sia.

Kata Kata Imam Syafi’i Tentang Sahabat

Bukanlah sahabat sejati kamu orang yang suka mencari muka di depanmu. Sehingga ia mengatakan hal-hal yang menyenangkan bagimu padahal itu bohong. Sahabat sejati kamu adalah mereka yang selalu mengajak anda kepada kebaikan dan kebenaran walaupun itu terasa pahit
Apabila sobat mendengarkan suatu perkataan yang sobat benci mengenai teman atau sahabat sejatimu maka jangan langsung kamu memutuskan hubungan silaturahmi dan memusuhinya. Namun datangilah kepadanya dan berkata :”Saya mendengar engkau begini dan begitu apa itu benar?” Maka apabila sahabatmu mengingkari maka ucapkanlah :”Kau lebih baik dan berkata lebih jujur”. Kalau dalam agama Islam inilah yang disebut Tabayyun atau cek and ricek.
Seburuk-buruk bekal untuk menempuh perjalanan ke akhirat yaitu permusuhan dengan manusia seiman. Karena manusia seiman adalah bersaudara. Tidak ada yang boleh tersakiti dan menyakiti.

Kata Kata Imam Syafi'i Terbaik

“Kita akan tidak mampu mengekang amarah dan udara nafsu keseluruhannya sampai tidak meninggalkan sisa apa pun dalam diri kita. Tetapi bila berusaha untuk mengatur keduanya lewat cara latihan dan kesungguhan yang kuat, pasti kita akan bisa. ” (Imam Al Ghazali) 
“Sifat paling utama pemimpin adalah beradab dan mulia hati. ” 
(Imam Al Ghazali) 
“Belum sempat saya punyai urusan dengan suatu hal yang lebih susah dari pada jiwa saya sendiri, yang terkadang menolong saya dan terkadang menentang saya. ” (Imam Al Ghazali) 
“Barangsiapa yang pilih harta dan anak-anaknya dari pada apa yang berada di bagian Allah, pasti ia rugi dan tertipu dengan kerugian yang sangat besar. ” (Imam Al Ghazali) 
“Barangsiapa yang menggunakan saat berjam-jam lamanya untuk menyatukan harta karna takut miskin, jadi dialah sesungguhnya orang yang miskin. ” (Imam Al Ghazali) 
“Teman yang sebenarnya itu yaitu saat anda memohonnya untuk ikuti anda, dia tidak ajukan pertanyaan kemana atau di mana, tetapi selekasnya beranjak dan pergi. ” (Imam Al Ghazali) 
“Barangsiapa yang meyombongkan diri pada salah seseorang dari pada hamba-hamba Allah, sebenarnya ia sudah berkelahi dengan Allah pada haknya. ” (Imam Al Ghazali) 
“Berani (karna baik dan benar) yaitu karakter orang mulia karna ia ada diantara beberapa orang pengecut dan membuta tuli. ” (Imam Al Ghazali) 
“Kebahagiaan terdapat pada kemenangan memerangi udara nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan. ” (Imam Al Ghazali) 
“Kalau besar yang dituntut dan mulia yang di cari, jadi payah melaluinya, panjang jalannya dan banyak halangannya. ” (Imam Al Ghazali) 
“Jadikan kematian itu cuma pada tubuh karna tempat tinggalmu adalah liang lahat dan penghuni pendam selalu menunggu kedatanganmu setiap waktu. ” (Imam Al Ghazali) 
“Pelajari pengetahuan syariat untuk menunaikan semua perintah Allah SWT dan pengetahuan akhirat yang bisa menanggung keselamatanmu di akhirat kelak. ” (Imam Al Ghazali) 
“Menuntut pengetahuan yaitu taqwa. Mengemukakan pengetahuan yaitu beribadah. Mengulang-ulang pengetahuan yaitu zikir. Mencari pengetahuan yaitu jihad. ” (Imam Al Ghazali) 
“Kecintaan pada Allah melingkupi hati, kecintaan ini menuntun hati dan bahkan juga merambah ke segalanya. ” (Imam Al Ghazali) 
“Ibadah dan pengetahuan sembari menelan makanan haram yaitu seperti konstruksi pada kotoran. ” (Imam Al Ghazali) 
“Pemurah (dermawan) itu yaitu satu kemuliaan karna ia ada diantara beberapa orang bakhil (rakus-pelit) dan boros. ” (Imam Al Ghazali) 
“Bersungguh-sungguhlah engkau dalam menuntut pengetahuan, jauhilah kemalasan dan kebosanan karna bila tidak sekian engkau akan ada dalam bahaya kesesatan. ” (Imam Al Ghazali) 
“Cinta adalah sumber kebahagiaan dan cinta pada Allah mesti dijaga dan dipupuk, suburkan dengan sholat dan beribadah yang lain. ” (Imam Al Ghazali) 
“Ciri yang membedakan manusia dan hewan yaitu pengetahuan. Manusia yaitu makhluk mulia yang mana ia jadi mulia karna pengetahuan, tanpa ada pengetahuan tidak mungkin ada kemampuan. ” (Imam Al Ghazali) 
“Sebisa-bisanyalah janganlah berkelahi dengan seorang dalam kondisi apa pun juga problemnya, karna pertikaian itu memiliki kandungan beragam penyakit dan dosanya tambah lebih besar dari pada faedahnya, riak, takabur, hasad dan dengki. ” (Imam Al Ghazali) 
“Hadapi kawan atau musuhmu itu dengan muka yang tunjukkan keceriaan, kerelaan, penuh kesopanan dan ketenangan. Janganlah memperlihatkan sikap angkuh dan sombong. ”  (Imam Al Ghazali) 
“Carilah hatimu di tiga tempat. Jumpai hatimu pada saat bangun membaca Al-Qur’an. namun bila tidak kau jumpai, cari hatimu saat kerjakan sholat. Bila tidak kau jumpai juga, cari hatimu saat duduk tafakur mengingati mati. Bila kau tidak jumpai juga, jadi berdo’alah pada ALLAH, mintalah hati yang baru karna intinya pada saat itu kau tidak memiliki hati! ” 
(Imam Al Ghazali) 
“Jika bersua dengan anak-anak : kalau anak-anak itu lebih mulia dari pada kita, karna anak-anak itu belum juga banyak lakukan dosa dari pada kita. ” (Imam Al Ghazali) 
Gambar Kata Kata Mutiara Imam Syafi'i Terbaru

Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i

Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i

Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i

Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i

Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i
Demikianlah kata kata mutiara, syair, pesan dan nasehat Imam Syafi’i bagi kita semua. Semoga kita bisa mempraktekkan kata kata bijak yang disampaikan oleh salah seorang Imam Mazhab yang paling terkenal di umat Islam ini. Amin. Itulah Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kata Kata Mutiara, Syair, Pesan Dan Nasehat Imam Syafi’i

0 komentar: