'

LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Perbedaan DNA dan RNA Lengkap Banget

Perbedaan DNA dan RNA - DNA dan RNA adalah dua organ sel yang menjadi cetak biru dari semuanya awal kehidupan. DNA dan RNA merupakan rangkaian asam amino yang berperan jadi penyimpan info biologis makhluk hidup. Baik DNA ataupun RNA, keduanya tersusun atas makromolekul sederhana yang bekerja dalam sistem sintesis protein. Pada artikel kesempatan ini, kita tak kan mengulas DNA dan RNA secara detail. Kita cuma juga akan mengulas perbedaan dari kedua organel sel ini. 

Yuhuu semuanya, apa kabarnya? kesempatan ini learnsejarah. com menginginkan sharing artikel mengenai Perbedaan DNA dan RNA berbentuk tabel untuk sahabat semuanya. Nah pastinya materi ini termasuk juga dalam materi Biologi SMA yang di ajarkan di kelas 12 SMA. 

Dengan lebih detil hal semacam ini dibicarakan dalam BAB Materi Genetik. Jadi saya dapat menebak bila beberapa besar yang berkunjung ke artikel ini adalah bebrapa sahabat yang tengah duduk dikelas 12 SMA. 

Oh ya kelak kita juga akan mengulas mengenai perbedaan DNA dan RNA, tetapi untuk sahabat yang belum juga tahu pengertian dari semasing baik DNA ataupun RNA, kelak juga akan saya terangkan singkatnya ya. Tetapi bila memanglah kelak keterangan singkat saya kurang sahabat mengerti, sahabat dapat berkunjung ke artikel yang nanti juga akan saya merekomendasikan untuk sahabat. 

Oke segera saja kita menuju ke kajian pertama yakni pengertian DNA dan RNA. Tersebut penjelasannya : 

Pengertian DNA dan RNA 

Pengertian DNA (Deoxyribonucleic acid) adalah satu polimer yang terbagi dalam beberapa unit berulang yang dimaksud nukleotida. DNA pertama kalinya diketemukan oleh Friedrich Miescher pada th. 1869 saat menyelidiki susunan kimiawi nukleus. 

DNA juga merupakan penyusun gen pada kromosom didalam inti sel, tetapi, DNA juga diketemukan di mitokondria, sentriol, kloroplas, dan plastida. 

DNA ini disusun oleh nukleotida-nukleotida yang jumlahnya beberapa ratus sampai beberapa ribu. Tiap-tiap nukleotida terbagi dalam 3 komponen, diantaranya : 

  • Gula pentosa dioksiribosa (ribosa yang kehilangan satu atom oksigennya) 
  • Gugus fosfat (PO4-) 
  • Basa Nitrogen yang terbagi dalam purin dan pirimidin. 

Nah keduanya masih tetap dibagi sekali lagi, tersebut untuk lebih detilnya : 
Purin, ada 2 jenis yakni guanin (G) dan adenin (A)  
Pirimidin, ada 2 jenis yakni timin (T) dan sitosin (S). 

Pengertian RNA 
Pengertian RNA (Ribonucleic acid) adalah makromolekul polinukleotida yang berupa untai tunggal. RNA ini bertindak dalam sistem sintesis protein. Kehadiran RNA dalam sel tidak tetaplah karna RNA gampang terurai dan haris di produksi ulang. 
Komponen penyusun RNA yakni seperti berikut : 

  • Gula ribosa berkarbon 5 
  • Gugus fosfat 
  • Basa nitrogen, terdiri atas 2 jenis : 

➽ Purin, ada 2 yakni guanin (G) dan adenin (A) 
➽ Pirimidin, ada 2 yakni urasil (U) dan sitosin (S) 


Perbedaan DNA dan RNA 

Perbedaan DNA dan RNA Dirunut dari bagian bahasa, DNA adalah akronim dari kata Deoxyribo Nucleic Acid atau Asam Deoksiribosa Nukleat, sedang RNA adalah akronim dari kata Ribonucleic Acid atau Asam Ribosa Nukleat. Mengenai bila dirunut dari pengertiannya, DNA merupakan gugus asam amino rantai ganda yang berperan dalam mengatur kesibukan genetis dan sintesis protein dengan kandungan 3 basa nitrogen (purin, pirimidin, dan gugus fosfat). Sedang RNA adalah gugus asam amino rantai tunggal yang memiliki kandungan 2 basa nitrogen (yakni purin dan pirimidin) cuma berperan untuk lakukan sintesis protein. 


perbedaan dna dan rna
perbedaan dna dan rna

Dari pengertian diatas, pasti kita telah bisa mengidentifikasi apa sajakah sebagai perbedaan DNA dan RNA. Perbedaan keduanya diantaranya terdapat pada fungsi, letak, bentuk, ukuran, komponen gula dan basa nitrogen yang dikandungnya, dan pada fluktuasi kandungannya. 

Perbedaan DNA dan RNA pada umumnya bisa di ketahui kalau DNA memiliki kandungan polimer yang lebih panjang dari RNA. DNA (Deoxyribonucleic acid) merupakan area untuk menyimpan info genetic. Susunan DNA beruntai ganda. frances crick dan Watson (1953) sukses temukan DNA berstruktur heliks. Mereka mengatakan kalau DNA heliks memiliki kandungan makromolekul plinukleotida yang tersusun dengan berulang dari polimer nukleotida. Susunan rangkap membuat haliks ganda yang menghadap ke kanan. Ada tiga gugus molekul dalam tiap-tiap nukleotida. Ke-3 gugus itu adalah gugus folat, gula 5 karbon, dan basa nitrogen atas purin dan adenine. 

Letak susunan bisa jadikan pembeda pada DNA dan RNA. DNA memiliki letak susunan di mitokondria, sentriol, kloroplas dan inti sel. RNA memiliki letak susunan di sitoplasma, ribosom, dan inti sel. Bentuk DNA adalah polinukleotida ganda dan terpilin ganda, sedang pada RNA berupa tunggal dan polinukleotida pendek. Didalam DNA ada gula yang bernama deoxyribosa dan ribose dalam RNA. DNA termasuk dalam sebagian kelompok yakni purin (adenine dan guanine), dan pirimidin (timin dan cytosine). Sesaat kelompok RNA adalah guanine dan adenine dan pirimin (urasil dan cytosine). DNA dan RNA memiliki fungsi yang berlainan. DNA memiliki fungsi jadi sentesis RNA, yang dilanjutkan pada sintesis protein, setra jadi pengontrol karakter yang mulai 
alami penurunan. RNA mempunyai 

Fungsi cuma untuk sintesis protein. Kandungan yang ada pada DNA tidak memperoleh dampak dari sintesis protein. Kedua pita yang ada diletak basa nitrogen sama-sama bertemu yang diikat oleh ikatan hydrogen. Hal semacam ini berlainan dengan RNA yang memperoleh dampak dari sintesis protein. 

Susunan DNA terbagi dalam makromolekul berstruktur primer yang diperlengkapi rantai rangkap berpilin. Fosfodiester diambil jadi tempat penghubung beberapa susunan DNA. Dalam DNA, Heliks ganda memiliki polaritas yang berlawanan dengan tujuan yang memiliki tiga jenis yang dipakai untuk ketahui momen gerakan DNA. Fungsi RNA jadi penyalur info dan penyimpanan genetic yang disebut sistem translasi yang memiliki maksud untuk sintesis protein. 

Dengan lebih komplit, di bawah ini kami sudah cantumkan tabel perbedaan DNA dan RNA agar bisa Anda identifikasi. 


perbedaan dna dan rna
















1. Perbedaan Fungsi 
Perbedaan RNA dan DNA yang pertama terdapat pada fungsi keduanya. Fungsi DNA lebih kompleks, yaitu jadi pengendali kesibukan genetis (aspek keturunan) dan aktivitas sintesis protein. Disamping itu, RNA cuma berperan sebagi pengendali sintesis protein saja. 
2. Perbedaan Letak 
Letak DNA dan RNA juga berlainan. DNA biasanya bisa kita dapatkan cuma pada inti sel, sesaat RNA dapat diketemukan pada sebagian organel sel diantaranya inti sel, sitoplasma, atau ribosom. 
3. Perbedaan Bentuk dan Ukuran 
DNA adalah gugus asam amino rantai ganda, sedang RNA adalah gugus asam amino rantai pendek. Oleh karenanya, dengan ukuran, bentuk DNA biasanya lebih panjang dengan bentuk membulat, sesaat ukuran RNA lebih pendek bentuk bentuk yang lebih tidak tebal. Saksikan gambar diatas untuk ketahui perbedaan ukuran itu. 
4. Perbedaan Komponen Gula 
Gugus gula yang membuat DNA adalah gugus Deoksirobosa, sedang gugus gula yang membuat RNA adalah Ribosa. Deoksiribosa merupakan paduan 2 gusus gula ribosa. 
5. Perbedaan Type Basa Nitrogen 
Perbedaan DNA dan RNA juga terdapat pada type basa nitrogen yang dikandungnya. DNA memiliki kandungan 3 basa nitrogen yang diantaranya Purin (adenin dan guanin), Pirimidin (sitosin dan timin), dan gugus fosfat, sesaat RNA cuma memiliki kandungan 2 basa nitrogen yakni Purin (adenin dan guanin) dan Pirimidin (sitosin dan urasil). 
6. Perbedaan Kandungan 
Kandungan RNA bisa beralih karna ada kesibukan sintesis protein, sedang kandungan DNA berbentuk statis karna tidak di pengaruhi kesibukan sintesis protein ataupun kesibukan genetis. 

Nah, tersebut 6 perbedaan DNA dan RNA singkatnya yang bisa kami terangkan. Mudah-mudahan karna diperlengkapi dengan tabel, Anda dapat makin gampang mengidentifkasi perbedaan kedua organel sel yang bertindak perlu dalam kesibukan perkembangan dan perubahan itu. Mudah-mudahan berguna. 

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan DNA dan RNA Lengkap Banget

0 komentar: