LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Sejarah Handphone Paling Lengkap

Loading...
Sejarah Handphone - Telepon genggam atau handphone makin menjamur saat ini seperti dengan laptop atau computer. Baik dari anak SD s/d kakek-kakek saat ini memakai handphone untuk berkomunikasi. Tapi adakah yang tahu siapa penemu telepon genggam atau handphone tersebut?? Berbagi kesempatan ini juga akan saya ulas mengenai sejarah handphone atau telepon genggam. 

Handphone juga telah alami pergeseran dari suatu benda elegan serta mahal, jadi suatu hal yang umum di orang-orang. 

Dahulu cuma beberapa orang berkantong tidak tipis yang dapat miliki handphone. Saat ini, tukang sayur keliling juga telah terima pesanan lewat smartphone kepunyaannya. 

Bicara tentang pergeseran, saya berani taruhan bila cuma segelintir dari orang-orang saat ini yang mengetahui dengan baik sejarah handphone. 

Nah, supaya Anda tidak masuk kedalam grup sebagian besar yang tidak paham mengenai perubahan handphone dari masa ke masa, yuk simak tulisan ini hingga selesai. 

Sejarah Handphone dari Masa ke Masa

sejarah handphone
SEJARAH HANDPHONE

1970-an 

Berikut tonggak paling utama lahirnya handphone didunia. Untuk pertama kalinya, komunikasi lewat handphone berlangsung pada th. 1973. 

Yaitu Direktur Motorola, Martin Cooper, yang menelepon pejabat Bel Labs yang disebut lawan paling utama dalam usaha telekomunikasi di Amerika Serikat saat itu. 

Motorola DynaTAC 

Waktu itu, Cooper dengan bangga mengatakan kalau komunikasi yang dia kerjakan memakai satu handphone. Catatan perlu juga keluar dalam sejarah handphone dunia di New York, Amerika Serikat. 

Handphone yang dipakai Cooper untuk lakukan panggilan pada lawan bisnisnya itu yaitu Motorola DynaTAC (DYNamic Adaptive Keseluruhan Ruang Coverage). Ini adalah prototipe handphone yang di buat oleh Motorola. 

Janganlah pikirkan memiliki bentuk telah seperti handphone yang beredar banyak sekarang ini. Ukuran DynaTAC begitu besar serta tidak nyaman dibawa-bawa. 

Beratnya menjangkau 2 pounds atau nyaris 1 kg. Walau sekian, prototipe ini memanglah telah dapat digunakan menelepon tanpa ada mesti tersambung dengan kabel. 

Masa komunikasi moderen juga mulai beralih mulai sejak kelahiran Motorola DynaTAC. 


1980-an 

Sepanjang satu dekade lalu, Motorola semakin banyak berjibaku di laboratorium untuk menyempurnakan prototipe handphone buatan mereka. 

Sampai pada akhirnya pada 1983, sejarah handphone juga terwujud waktu keluar Motorola DynaTAC 8000X. Ini adalah handphone pertama yang di buat dengan komersial. 

Motorola DynaTAC 8000X 

Memiliki bentuk masih tetap cukup besar serta tidak tipis, bila dibanding handphone generasi saat ini. Tetapi kekuatannya telah jauh lebih dari seri prototipe. 

Motorola DynaTAC 8000X miliki baterai yang tahan sepanjang 8 jam. Diluar itu, beratnya juga cuma sekitaran 28 ounce atau 793 gr saja. Masih tetap cukup berat tapi tidaklah terlalu jadi beban waktu dibawa didalam kantong. 

Tetapi, berhubung handphone waktu itu masih tetap termasuk juga benda yang langka, harga jualnya juga cukup fantastis. Pertama kalinya dilepaskan ke orang-orang, Motorola DynaTAC 8000X di jual dengan harga 4. 000 dolar AS. 

Harga yang dapat dimaksud begitu mahal, bahkan juga oleh orang-orang Amerika Serikat meskipun. 

Penelitian Motorola juga selalu berlanjut. Selang sekitaran enam th. lalu, Motorola juga membuat satu handphone yang lebih user friendly. 

Ukurannya telah tambah lebih kecil dengan bobot yang lebih enteng. Handphone ini dinamakan Motorola MicroTAC 9800X. 

Motorola MicroTAC 9800X 

Memiliki bentuk telah mulai mengadaptasi jenis flip yang nantinya jadi keunikan handphone pabrikan ini. Satu antena memiliki bahan plastik tampak di handphone ini. 

Tapi ini lebih adalah aksesori tanpa ada peranan dengan kata lain sebatas pemanis penampilan. 

Bobot MicroTAC 9800X menjangkau 300 gr. Sesaat ketahanan baterainya cuma sekitaran 30 menit saja. 

Tetapi telah cukup mengasyikkan untuk orang-orang waktu itu karna tak akan mesti membawa handphone memiliki ukuran besar serta berat didalam tas mereka. 

1990-an 

Dekade 1990-an dapat disebut jadi masa perubahan jenis serta tehnologi handphone. Sampai Motorola MicroTAC terwujud, satu handphone cuma dapat digunakan untuk terima serta lakukan panggilan telepon. 

Tak ada sekali lagi peranan yang lain. 

Masuk dasawarsa ke-3 dalam sejarah handphone, perubahan tehnologi handphone berlangsung begitu cepat. Dapat disebut, akselerasi tehnologi pada dekade ini bertambah berlipat-lipat di banding masa terlebih dulu. 

Mulai sejak 1992, handphone telah mulai dapat kirim pesan singkat dengan kata lain SMS. Pertama kalinya ada SMS didunia yaitu waktu ada ucapan Selamat Natal lewat jaringan Vodafone di Amerika Serikat. 

Di masa ini, tonggak smartphone mulai tertancap didunia seluler. Yaitu IBM Simon yang disebut-sebut jadi smartphone paling pertama didunia. Handphone ini dapat berperan jadi telepon, pager, mesin fax, serta PDA (Personal Digital Assistant). 

IBM Simon 

Di masa ini juga kejayaan Motorola dalam dunia seluler mulai disaingi Nokia. Satu perusahaan yang ada jauh di Finlandia. Tetapi, berani mendatangkan tehnologi paling baru dengan design yang lebih charming. 

Seperti waktu melaunching Nokia 7110. Ini adalah handphone pertama yang telah diperlengkapi dengan tehnologi WAP (Wireless Application Protocol). Hingga sangat mungkin tiap-tiap pemakainya lakukan searching di internet. 

Nokia 7110 

Serta, yang paling fenomenal dari Nokia yaitu waktu meluncurkan seri 3210. Ini yaitu handphone paling laku selama sejarah. Tidak kurang dari 160 juta Nokia 3210 yang terjual di semua dunia waktu itu. 

Nokia 3210 

Indonesia juga jadi customer paling banyak memakai seri handphone ini hingga dikatakan sebagai “handphone sejuta umat”. 

Bahkan juga, dapat disebut 8 dari 10 pemakai handphone di masa ini tentu sempat mempunyai Nokia 3210. Mungkin saja saja Anda satu diantara pemakainya. 

2000-an 

Nokia bisa bangga sempat membuat handphone paling laku dalam sejarah dunia seluler. Tetapi, mereka mesti mengaku bila Sharp-lah yang pertama kalinya membuat handphone dengan camera. 

Handphone memiliki kamera pertama didunia yaitu Sharp J-SH04 yang dilaunching pada 2000. 

Sharp J-SH04 

Mulai sejak itu, perubahan dunia seluler juga semakin cepat. Handphone tidak sekali lagi sebatas untuk menelepon atau kirim pesan singkat. Beberapa feature mutakhir juga mulai disisipkan. 

Seperti waktu Blackberry melaunching seri 5810. Ini adalah handphone yang tersambungsi ke data internet dengan keseluruhan. Berarti, feature yang berada di handphone ini akan tidak berperan tidak ada koneksi data. 

Blackberry 5810 

Motorola yang di masa terlebih dulu berkompetisi hebat dengan Nokia mulai sedikit dapat bernapas. Pasalnya, seri RAZR yang pertama kalinya dilaunching pada 2004 mampu menembus angka penjualan 50 juta buah pada pertengahan 2006.  

Motorola RAZR 

Di masa ini, lahirlah seri iPhone buatan Apple yang legendaris. Handphone hasil karya Steve Jobs ini merubah pojok pandang orang-orang yang sampai kini terpaku dengan jenis ber-keypad standard. Apple tawarkan handphone dengan tehnologi monitor sentuh. 

Apple juga yang cepat tanggap dengan perubahan di jalur koneksi data. Pada 2007, Apple melaunching seri handphone yang dapat dipakai pada koneksi data 3G. 

iPhone pertama 

Perubahan dalam kecepatan koneksi data ini yang turut merubah peta handphone dunia. Apple juga tetaplah teguh selalu untuk memakai system operasi buatan mereka sendiri yakni iOS. 

Di masa yang penuh dengan perubahan koneksi data ini, nyatanya pihak yang pertama melaunching handphone dengan memakai system operasi Android malah HTC yang melaunching seri Dream Slider pada 2008. 

HTC Dream Slider 

Hadirnya HTC Dream Slider ini memancing banyak produsen beda untuk buat handphone yang memercayakan OS Android. 


2010-an 

Masuk dasawarsa ke-5, dunia handphone pernah diguncang oleh demam Blackberry. Terutama di Indonesia yang pernah jadi pemakai paling banyak Blackberry didunia sesudah Amerika Serikat. 

Sebagian jenis Blackberry 

Indonesia juga sering jadikan referensi tingkat keberhasilan Blackberry baru waktu dilaunching ke market. Karenanya, Indonesia pernah jadi tempat rilis seri paling baru dari Blackberry sebelumnya di jual ke beragam negara didunia. 

Akan tetapi, sejarah handphone juga mencatat bila Blackberry pada akhirnya tidak dapat berkompetisi dengan handphone berbasiskan Android serta iOS. 

Sesudah demikian lama bertahan dengan jenis “QWERTY”, Blackberry juga ikuti selera orang-orang yang lebih suka dengan jenis monitor sentuh. 

Kecepatan akses data juga telah menjangkau level 4G. Serta bebrapa sekali lagi, handphone pertama yang dapat tersambungsi dalam akses data 4G ini yaitu HTC.  

HTC Evo 

Pabrikan asal Taiwan ini melaunching seri HTC Evo yang disebut smartphone pertama yang telah sesuai sama standard 4G. 

Tehnologi yang diusung juga semakin mutakhir. Camera yang dahulu cuma berkwalitas dibawah 1 MP, saat ini rata-rata handphone telah diperlengkapi dengan camera minimum 5 MP. Bahkan juga telah banyak yang memakai camera diatas 12 MP. 

Contoh jenis handphone jaman sekarang 
Kekuatan processor yang ditanamkan dalam handphone juga selalu berkembang. Termasuk juga kemampuan memory serta ROM yang makin besar. Bersamaan keperluan tempat menaruh aplikasi yang makin tinggi. 

Kesimpulan Sejarah Handphone

Sekianlah garis besar atau lini masa sejarah handphone dalam kehidupan manusia. Anda mungkin saja telah memakai handphone berkecepatan 4, 5 G dengan processor serta kwalitas monitor yang begitu bening. 


Tapi, semuanya handphone mutakhir yang dipakai sekarang ini bermula dari satu benda besar serta berat dimuka 1970-an.
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Handphone Paling Lengkap

0 komentar: