LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Penyebab Terjadinya Revolusi Rusia

Loading...
Penyebab Terjadinya Revolusi Rusia - Sejak kekalahannya dalam perang melawan Jepang pada th. 1905, bayangan revolusi selalu terlihat di Rusia. 

Bermacam pergerakan rakyat menentang pemerintah ditindas dengan kekerasan senjata. Pergerakan itu berbentuk sporadis serta seberapa juga usaha pemerintah untuk menindasnya, beberapa gerakan sama senantiasa keluar. 

Penyebab Terjadinya Revolusi Rusia
Penyebab Terjadinya Revolusi Rusia

Penyebab Terjadinya Revolusi Rusia

Akhirnya, revolusi benar-benar berlangsung di dalam Perang Dunia saat Rusia alami kekalahankekalahan besar. Sebab-sebab terjadinya revolusi seperti berikut :

a. Pemerintahan Tsar Nicholas II yang reaksioner 
Saat negara-negara beda mulai mengaku hak-hak politik untuk warga negaranya, Tsar Nicholas II masih tetap malas lakukan hal yang sama. 

b. Susunan pemerintahan Tsar yang buruk 
Pemerintahan pada saat Tsar Nicholas II tidak disusun dengan rasional, tetapi atas basic favoritisme. Tsar tidak pilih beberapa orang yang cakap untuk pemerintahannya, beberapa orang yang dipilihnya untuk jabatan-jabatan pemerintahan hanya beberapa orang yang disenanginya. 

c. Ketidaksamaan sosial yang mencolok mata 
Keadaan kehidupan pada ke-2 kelompok orang-orang di Rusia pada saat itu begitu jauh ketidaksamaannya. Tsar serta beberapa bangsawan hidup elegan serta kaya raya, sesaat rakyat, terlebih petani serta buruh, begitu miskin serta sengsara. 

d. Masalah tanah 
Perubahan kebijakan agraria oleh Menteri Stolypin pada th. 1906 cuma hasilkan perubahan tanah-tanah mir jadi punya perorangan anggota mir. Diluar mir, banyak tanah memiliki ukuran luas sebagai punya beberapa tuan tanah, baik bangsawan ataupun beberapa kulak (petani-petani besar). 

e. Ada aliran-aliran yang menentang Tsar 
Dalam revolusi pada th. 1905, aliran-aliran yang menentang Tsar bisa ditindas, namun tidak lenyap. Mereka lakukan pergerakan bawah tanah serta menyatukan kemampuan sembari menanti peluang untuk kembali keluar. Aliran-aliran itu seperti berikut. 

1) Golongan liberal yang disebut Kadet (Konstitusional Demokrat). Aliran ini menginginkan Rusia jadi kerajaan yang berundang-undang basic. 
2) Golongan sosialis menginginkan susunan orang-orang yang sosialis dan pemerintahan yang moderen serta demokratis. Golongan sosialis adalah anasir yang revolusioner serta terdiri sekali lagi atas dua aliran : Mensheviks (moderat atau sosial demokrat) serta Bolsheviks (radikal, lalu berkembang jadi partai komunis). 

f. Kekalahan perang 
Saat melibatkan diri dalam Perang Dunia I, sesungguhnya Rusia tidak memiliki maksud perang yang spesifik. Rusia turut perang karna terikat serta terbawa oleh perjanjian-perjanjiannya dengan negara-negara beda, terlebih yang tergabung dalam Triple Entente. Keikutsertaan Rusia dalam Perang Dunia I memperoleh sambutan dingin dari rakyatnya. Peperangan yg tidak di dukung oleh rakyat pasti hasilkan kekalahan. 

g. Ancaman bahaya kelaparan 
Lima belas juta warga Rusia dimobilisasi untuk perang. Kesejahteraan mereka mesti ditanggung penuh oleh negara. Sesaat, banyak orang yang di kirim ke medan perang menyebabkan minimnya tenaga kerja, baik dalam bagian industri ataupun pertanian. 

Itulah tadi mengenai Penyebab Terjadinya Revolusi Rusia yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah berkunjung.
Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Terjadinya Revolusi Rusia

0 komentar: