Wednesday, November 28, 2018

Pantun Nasehat : Contoh Pantun dan Maknanya

Contoh Pantun Nasehat Terbaru - Siapa yang tau apa pantun nasehat itu? Admin disini akan membahas materi baru yaitu materi pantun nasehat yang ada dalam materi bahasa Indonesia. Admin sendiri akan mengupas habis mengenai pantun nasehat tersebut.

Naon kang? Disini mah pasti ada yang namanya pantun nasehat. Apa sih sebenernya pengertian pantun nasehat? Pantun Nasehat adalah sebuah pantun yang mana di dalamnya mengandung makna untuk memberikan nasehat kepada para pembacanya. Gimana kalian sudah tau kan apa itu pantun nasehat?

Nah kalo belum jelas mengenai pengertian pantun nasehat sekarang biar lebih paham dan mengerti, sebaiknya kalian melihat dulu deh contoh pantun nasehat yang ada di bawah ini dan semoga suka dan bermanfaat ya kawan :)


Contoh Pantun Nasehat
Contoh Pantun Nasehat 


PANTUN NASEHAT 


Nah, gimana nih? sudah siap kan kamu dengan materi yang akan admin sampaikan mengenai contoh pantun nasehat ? Sudah dong pastinya. Sekarang mari kita lihat dan baca, ataupun kalian bisa memahami lebih jauh mengenai pantun nasehat.

Walaupun banyak sekali materi yang akan admin sampaikan. Kalian harus belajar guys! Karena tugas bahasa Indonesia bukan cuma itu aja. Gini deh selengkapnya akan di bahas deh mengenai contoh pantun nasehat. 

CONTOH PANTUN NASEHAT


Contoh Pantun Nasehat
Contoh Pantun Nasehat

Ini dia contoh pertama guys, contoh pantun nasehat agama dan jenaka :

Ilmu insan setitik embun
Tiada umat sepandai Nabi
Kala nyawa tinggal di ubun
Turutlah ilmu insan nan mati

Pantun Nasehat adalah pantun terbaru. Jadi ini contoh pantun nasehat anak :

Ke hulu membuat pagar
Jangan terpotong batang durian
Cari guru tempat belajar
Supaya jangan sesal kemudian

Banyak sayur dijual di pasar
Banyak juga menjual ikan
Kalau kamu sudah lapar
Cepat-cepatlah pergi makan

Ini dia nih contoh pantun nasehat belajar :

Di radang-radang memasap
Tertangguk badar dan gulama
Dibilang-bilang meratap
Diurai Si tambo lama

Ini dia nih  contoh pantun nasehat berbalas :

Kalau banyak bertanam puding
Dimana busut di sana seminai
Kalau bijak dalam berunding
Di mana kusur di sana selesai

Ini dia nih  contoh pantun nasehat bersajak abab :

Kalau puting sudah bertangkai
Retak tangkai disampul balik
Kalau berunding sesama pandai
Kelak berderai timbal balik

Ini dia nih  contoh pantun nasehat dalam kehidupan sehari-hari :

Jangan patahkan atap mengkuang 
Atap patah kumbang pun lalu
Jangan patahkan cakap orang 
Cakap patah orangnya malu

Ini dia nih  contoh pantun nasehat dan agama :

Tanjung China itu dimana 
Kau tanya makcik, di seberang sana
Kalau kau ini orang beragama
Rajinlah engkau terus berdoa

Ini dia nih contoh pantun nasehat dan ciri cirinya :

Hati-hati menyeberang
Jangan sampai titian patah
Hati-hati di rantau orangJ
angan sampai berbuat salah

Ini dia nih  contoh pantun nasehat dan maknanya : 

Kalau harimau sedang mengaum
Bunyinya sangat berirama
Kalau ada ulangan umum
Marilah kita belajar bersama 

Ini dia nih contoh pantun nasehat dan pantun jenaka :

Ada laksamana
Dan tiga orang tua
Janganlah kau pacari dia
Karna dia istri tetangga

Ini dia nih  contoh pantun nasehat dan remaja :

Buah berangan dan Jawa
Kain terjemur di sampaian
Jangan diri dapat kecewa
Lihat contoh kiri dan kanan


Ini dia nih contoh pantun nasehat dan teka teki :

Disini gunung disana bukit
Ditengahnya memang ada hutan
Masalah lama yang terungkit
Kenapa kamu yang kelicutan?

Ini dia nih  contoh pantun nasehat ibu :

Bilang pergi ke jakarta
Pulangnya lewat bekasi
Kalau ibu sudah berkata
Baiknya pula kau turuti

Ini dia nih contoh pantun nasehat ilmu

Jangan menjauh
Jangan berlalu
Jangan merasa jenuh
Ketika sedang menuntut ilmu

Jangan suka membuka dada
Dada terbuka lapuk bajunya
Jangan suka mengada-ada
Mengada-ada buruk lakunya

Main layangan
Tersangkut di loyang
Buang sampah sembarangan
Akibatkan banjir bandang

Ini dia nih contoh pantun nasehat kesehatan

Manis jangan lekas ditelan
Pahit jangan lekas dimuntahkan
Mati semut karena manisan
Manis itu bahaya makanan

Ini dia nih contoh pantun nasehat orang tua

Mana yang laut dilautkan
Mana yang tasik ditasikkan
Mana yang patut dipatutkan
Mana yang baik dibaikkan


Contoh Pantun Nasehat dan Maknanya


Contoh Pantun Nasehat dan Maknanya
Contoh Pantun Nasehat dan Maknanya

Ini dia nih contoh pantun nasehat tentang hutang :

Kalau terbakar rumpun padi
Eloklah terbang dibuat suluh
Kalaulah hutang itulah janji
Lunasi dulu baru kau jauh

Ini dia nih contoh pantun nasihat 4 bait :

Tertangguk badan dan gulama
Tiga gurundang di hulunya
Diuraikan si tambo lama
Tiga undang dahulunya

Ini dia nih contoh pantun nasihat 4 baris :

Pertama undang silama-lama
Kedua undang sigemak-gemak
Ketiga undang simumbang jatuh
Itulah undang masa ketika

Gimana nih tentang pantun nasehat dari kami? Bermanfaat bukan untuk sebutan contoh pantun nasehatyakinlah semua da masanya. Terimakasih telah berkunjung di artikel contoh pantun nasehat. 

Mungkin kamu cari juga : pantun nasehat, pantun teka teki, pantun lucu, pantun jenaka, isi pantun nasehat, pantun nasehat dan contohnya

Menyukai tanpa perlu merasakan. Mengenal tanpa perlu membedakan.