LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Kelangkaan : Apa Itu Kelangkaan?

Pengertian Kelangkaan - Haloo.. kali ini saya hadir kembali ke dalam artikel yang mungkin kamu nantikan kwkw. Ya,  pada kali ini admin akan membahas mengenai sebuah materi tentang pengertian kelangkaan. Simak di bawah ini!

Tiap-tiap manusia yang hidup tentu mempunyai keperluan untuk dipenuhi. Keperluan hidup manusia ini juga dapat bermacam jenisnya serta jumlahnya. 

Walau masing –masing orang mempunyai keperluan hidup yang berlainan, tapi tiap-tiap orang pasti berupaya agar bisa penuhi keperluan itu dengan beragam usaha. 

Tetapi, ada saatnya manusia tidak dapat penuhi keperluan hidupnya ini dengan baik. Pemicunya juga dapat berbagai –macam. Dapat karna sumber daya ekonomi yang memanglah terbatas, atau dikarenakan beda. 

Bila dilihat dari perspektif pengetahuan ekonomi, keadaan tidak tercukupinya keperluan hidup manusia berikut yang dikatakan sebagai kelangkaan. 

Kelangkaan yaitu satu kondisi di mana jumlah barang yang disuruh semakin banyak dari pada jumlah barang yang di tawarkan. Atau satu keadaan di mana hasrat manusia tidak terbatas, sedang alat pemuas hasrat manusia terbatas. 

pengertian kelangkaan
pengertian kelangkaan


Pengertian Kelangkaan 


Tidak seperti pengertian kelangkaan pada umumnya, didalam pengetahuan ekonomi, kelangkaan tidak selamanya bermakna kalau semua suatu hal yang dipakai untuk penuhi keperluan hidup susah untuk didapat. 

Pengertian kelangkaan (scarcity) dalam pengetahuan ekonomi ini disimpulkan jadi bentuk kesenjangan pada sumber daya ekonomi yang terbatas dengan jumlah keperluan hidup manusia yg tidak terbatas. 

Munculnya kelangkaan biasanya karena keperluan manusia yang selalu jadi bertambah. Mengakibatkan, sumber daya yang ada tak akan cukup agar bisa penuhi kebutuhannya. 

Dalam kondisi begini, manusia biasanya juga akan terdorong untuk lakukan pilihan diantara beragam alternatif yang dipandang paling untungkan baginya. Kelangkaan ini memanglah jadi satu hal yang perlu dihadapi oleh tiap-tiap manusia. Sebab, kelangkaan nyaris tentu dapat diketemukan di beberapa segi kehidupan. 

Karenaya, telah semestinya bila manusia dapat berlaku bijak serta rasional dalam membagikan sumber daya ekonomi hingga problem kelangkaan ini dapat diatasi atau dihadapi dengan jalan yang paling baik. 

Kelangkaan yaitu keadaan dimana kita tidak memiliki cukup sumber daya untuk memuaskan semuanya keperluan kita. 

Dengan secara singkat kelangkaan berlangsung karna jumlah keperluan semakin banyak dari jumlah barang serta jasa yang ada. Kelangkaan bukanlah bermakna semuanya susah didapat atau diketemukan. 

Kelangkaan dapat juga disimpulkan alat yang dipakai untuk memuaskan keperluan jumlahnya tidak seimbang dengan keperluan yang perlu dipenuhi. Kelangkaan memiliki kandungan dua pengertian : 

  • Alat pemenuhan keperluan kurang untuk penuhi keperluan. 
  • Untuk memperoleh alat pemuas keperluan membutuhkan pengorbanan yang beda. 

Problem kelangkaan senantiasa dihadapi adalah problem bagaimana seorang bisa penuhi keperluan yang banyak serta beragam macam dengan alat pemuas yang terbatas. 

Dalam hadapi problem kelangkaan, pengetahuan ekonomi bertindak perlu karna massal ekonomi yang sesungguhnya yaitu bagaimana kita dapat menyeimbangkan pada hasrat yg tidak terbatas serta alat pemuas keperluan yang terbatas. 

Jika satu sumber daya bisa dipakai untuk hasilkan satu alat pemuas keperluan dalam jumlah tidak terbatas, jadi sumber daya itu disebutkan tidak alami kelangkaan. 

pengertian kelangkaan tenaga kerja adalah pengertian kelangkaan dalam konteks ekonomi adalahpengertian kelangkaan dan kemakmuran adalah


Faktor Penyebabnya Kelangkaan 


Problem kelangkaan kelihatannya memanglah jadi problem yg tidak dapat dijauhi didalam orang-orang. Sering, ada sumber daya yang alami kelangkaan hingga menyebabkan bermacam problem. Lalu, apa sangkanya sebagai aspek penyebabnya kelangkaan yang muncul dalam kehidupan orang-orang ini?  

Kelangkaan sumber daya ini pada intinya dapat dihadapi oleh tiap-tiap orang, bangsa serta negara. Walau keadaan masing -masingnya tidak sama, tetapi pokok persoalan ekonominya pada intinya dapat dipandang sama. Yaitu, yaitu tentang langkah manusia penuhi keperluan hidupnya yang bermacam, sesaat manusia juga ditempatkan dengan ketersediaan alat pemenuh keperluan yang terbatas. 

Mengakibatkan, problem kelangkaan juga tidak dapat dijauhi. Bila dilihat, terdapat banyak aspek penyebabnya kelangkaan yang paling umum berlangsung. Faktor penyebabnya kelangkaan ini meliptui : 

A. Terbatasnya Sumber Daya Alam 

Lingkungan alam jadi satu diantara sumber daya yang melimpah yang dapat sediakan keperluan manusia. Walau berlimpah, sumber daya alam ini ada yang disebut sumber daya yang bisa diperbaharui serta ada pula yg tidak bisa diperbaharui. 

Sumber daya alam yg tidak bisa diperbaharui berikut yang jumlahnya begitu terbatas hingga pemakaiannya mesti benar –benar dikontrol. Walau demikian, jumlah sumber daya alam keseluruhannya bisa makin menyusut karena sifat manusia yang serakah serta eksploitatif. Akhirnya, sumber daya alam, baik yang bisa diperbaharui serta yg tidak bisa diperbaharui juga dapat alami kelangkaan. 

B. Ketidaksamaan Letak Geografis 

Letak geografis yang berlainan –beda bisa mengakibatkan persebaran sumber daya jadi tidak rata. Mengakibatkan, ada lokasi yang mempunyai tanah subur serta kaya barang tambang, tetapi ada juga lokasi yang tandus serta minim sumber daya alam, bahkan juga kekurangan air bersih. 

Karena ada ketidaksamaan letak geografis berikut, jadi bisa muncul kelangkaan sumber daya. Kelangkaan sumber daya karna letak geografis ini biasanya lebih susah untuk dijauhi. 

C. Tidak seimbangan Perkembangan Penduduk 

Thomas Robert Malthus, seseorang pakar demografi serta ekonomi politik dari Inggris, menyebutkan kalau laju bertambahnya masyarakat lebih cepat dari pada laju perkembangan produksi. Problemnya, laju bertambahnya jumlah masyarakat yang cepat ini sebenarnya tidak dibarengi dengan hasil produksi. 

Mengakibatkan, hasil produksi yang ada juga tidak dapat untuk penuhi keperluan hidup manusia yang bermacam serta makin bertambah. 

D. Rendahnya Kekuatan Produksi 

Tersedianya alat pemenuhan keperluan hidup manusia dapat tercukupi saat ada orang atau tubuh yang lakukan produksi. Sebab, kekuatan produksi ini punya pengaruh dengan segera pada ketersediaan barang serta jasa jadi alat pemenuhan keperluan. 

Tetapi sayang, kekuatan produksi yang terbatas bisa menyebabkan rendahnya kemampuan produksi ini. Rendahnya kemampuan produksi ini juga dikarenakan oleh rendahnya kekuatan sumber daya manusia yang dipakai dalam sistem produksi. 

E. Lambatnya Perubahan Teknologi 

Tehnologi juga jadi aspek penentu dalam usaha manusia penuhi keperluan hidup. Tetapi, tekonologi yang dipakai produsen dalam sistem produksi ini seringkali tidak sepadan dengan perkembangan masyarakat. Produsen memerlukan saat yang relatif panjang manfaat mengaplikasikan tehnologi produksi yang baru. 

Walau sebenarnya, keperluan hidup manusia selalu alami perubahan, baik dalam sisi kwalitas ataupun jumlah. Lambatnya perubahan serta aplikasi tehnologi berikut yang lalu mengakibatkan tidak tercukupinya keperluan manusia atau mengakibatkan kelangkaan. 

F. Terjadinya Bencana Alam 

Bencana alam juga jadi satu diantara aspek alam yang bisa memengaruhi pemenuhan keperluan hidup manusia. Ada bencana alam dengan segera bisa menyebabkan rusaknya lingkungan. Mengakibatkan, keberlangsungan hidup manusia juga turut dipengaruhi. 

Jadi contoh, bencana alam banjir bisa menghalangi kelancaran distribusi barang serta jasa. Keterlambatan ini yang lalu mengakibatkan orang-orang tidak bisa selekasnya konsumsi barang serta jasa hingga menyebabkan kelangkaan. 


Cara Menangani Kelangkaan. 

Usaha yang bisa dikerjakan manusia untuk menangani kelangkaan sumber daya seperti berikut : 

a. Membuat Taraf Prioritas. 

Beberapa hal yang butuh di perhatikan dalam memastikan taraf prioritas seperti berikut : 

  1. Tingkat Urgensi/kebutuhan 
  2. Peluang yang dipunyai 
  3. Pertimbangan masa depan. 
  4. Kekuatan diri. 
  5. Memakai barang pengganti, misalnya minyak tanah ditukar dengan arang atau kayu bakar. 
  6. Lakukan penghematan pemakaian sumber daya. 

b. Pemakaian sumber daya dengan efisien serta effisien. 

Langkah memakai daya dengan efisien serta efektif dan menggali yang belum juga digunakan, seperti berikut : 

1. Merubah bentuk benda untuk tingkatkan nilai hasil. 
2. Mengombinasikan manfaat benda. 
3. Melakukan perbaikan barang yang rusak. 
4. Mendaur ulang barang sisa untuk jadikan barang yang bernilai manfaat. 
5. Membuat tebang tentukan dalam pemakaian hasil rimba serta membuat reboisasi. 
6. Mengadakan pendidikan serta kursus ketrampilan untuk tingkatkan kwalitas sdm. 
7. Mengelola mendayagunakan sumber daya dengan pas.


Nah itulah tadi merupakan pengertian kelangkaan semoga dapat menjadi hal yang baik ya. Dan bisa bermanfaat.

Bersumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kelangkaan
http://www.porosilmu.com/2016/09/pengertian-kelangkaan-dan-faktor.html
http://www.temukanpengertian.com/2014/01/pengertian-kelangkaan.html?m=0
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Kelangkaan : Apa Itu Kelangkaan?

0 komentar: