LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Ilmu Bahas Secara Lengkap

Pengertian Ilmu - Halo... assalamualaikum, kali ini saya akan membuat artikel pengertian ilmu yang bertemakan mengenai ilmu. Taukah kamu apa itu ilmu? 

Mungkin kalau orang biasa ya sedikit lebih mengerucutkan niat tidak tahu menahu. Sebenernya dalam kehidupan kalian pasti sudah tau mengenai ilmu adalah apa.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan mengenai pengertian ilmu sudah paham belum? Mungkin kalian berilmu tapi bisa jadi kalian tidak mengerti akan arti atau sebuah definisi ilmu.

Ilmu ialah semua usaha sadar buat menyelidiki, menemukan, serta menaikkan pemahaman manusia dari beragam segi kenyataan dalam alam manusia. 

Segi-segi ini dibatasi supaya dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu membagikan kepastian dengan melimit lingkup pandangannya, serta kepastian ilmu-ilmu didapati dari keterbatasannya.

pengertian ilmu


Pengertian Ilmu Lengkap

Pengertian ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. 
Ilmu adalah pengetahuan yang sudah dikelompokkan, disistematisasi, dan diinterpretasikan sehingga menghasilkan suatu kebenaran objektif serta sudah diuji kebenarannya secara ilmiah. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode terdefinisi jelas yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala terdefinisi jelas di bidang (pengetahuan) itu. 

Sedangkan, dalam Kamus Webster disebutkan bahwa ilmu adalah penelurusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian, dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal-usulnya.

Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. 

Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Hal ini juga telah tertera diatas.

Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu terdefinisi jelas. 

Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berpikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

Ilmu Alam hanya bisa menjadi pasti selepas lapangannya dibatasi ke dalam Hal yang bahani (material saja), atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika lingkup pandangannya dibatasi ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang konkret. 

Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam menjawab pertanyaan tentang berapa jarak matahari dan bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemudi cocok menjadi perawat.

Pengertian Ilmu Menurut Etimologi

Kata ilmu dalam bahasa Arab "ilm" yang bermakna memahami, mengerti, atau mengenali. Dalam hubungan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan bisa bermakna menelisik suatu pengetahuan, serta ilmu sosial bisa bermakna mengenali masalah-masalah sosial, serta sebagainya.


Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Lalu Pengertian Ilmu Pengetahuan Secara umum adalah suatu sistem berbagai pengetahuan yang didapatkan dari hasil pemeriksaan-pemeriksaan yang dilakukan secara teliti dengan memasang metode-metode terdefinisi jelas. 

Secara etimologi, ilmu berasal dari bahasa arab dari kata ilm yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahuai. Jadi dapat artikan bahwa ilmu pengethuan adalah memahami suatu pengetahuan. 

Selain pengertian ilmu pengetahuan secara umum, terdapat beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian ilmu pengetahuan baik dari luar negeri maupun yang Berada di dalam negeri dalam mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian ilmu pengetahuan yaitu sebagai berikut:


Beikut ini adalah Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli 

PENGERTIAN ILMU MENURUT MINTO RAHAYU
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji
PENGERTIAN ILMU MENURUT  POPPER
Ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya dapat jadi direorganisasi 
PENGERTIAN ILMU MENURUT  DR. H. M. GADE
Ilmu adalah falsafah. yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia
PENGERTIAN ILMU MENURUT  M. IZUDDIN TAUFIQ
Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya
PENGERTIAN ILMU MENURUT  THOMAS KUHN
Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya
PENGERTIAN ILMU MENURUT  Dr. MAURICE BUCAILLE
Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sejenak.
PENGERTIAN ILMU MENURUT  NS. ASMADI
Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah)
PENGERTIAN ILMU MENURUT  POESPOPRODJO
Pengertian Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris
PENGERTIAN ILMU MENURUT  FRANCIS BACON
Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan.
PENGERTIAN ILMU MENURUT CHARLES SINGER
Ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan (science is the process which makes knowledge).

Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli di Luar Negeri 

Pengertian Ilmu Menurut Asle Montagu: Pengertian ilmu pengetahuan rujukan oleh Asle Montagu dalam bukunya the cultured man adalah sebagai pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengalaman, studi dan percobaan yang telah dilakukan dipakai untuk menentukan hakikat prinsip tentang hak yang sedang ditelisik.

Pengertian Ilmu Menurut V. Afayanev, bahwa pengertian ilmu pengetahuan dalam buknya Marxist Philosophy adlaah pengetahuan manusia tentang alam, masyarakat dan pikiran. 

Pengertian Ilmu Menurut Ralp Ross dan Ernes Van Den Haag dalam bukunya yang berjudul The Fabric of Society, bahwa ilmu memiliki kriteria empiris, rasional umum, kumulatif, dan keempatnya serentak terpenuhi. 


Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli di Indonesia

Pengertian Ilmu Menurut Moh. Hatta: Pengertian ilmu pengetahuan rujukan oleh Moh. Hatta bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan atau studi yang teratur tentang pekerjaan hokum umum, pasal akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sebanding baik dilihat dari kedudukannya maupun kaitannya..

Pengertian Ilmu Menurut Dadang Ahmad S, adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus hingga dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri. 

Pengertian Ilmu Menurut Mappadjantji Amien: Menurutnya, pengertian ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal dari pengetahuan, bersumber dari wahyu, hati dan semesta yang memiliki paradigma, objek pengamatan, metode, dan media komunikasi membentuk sains baru dengan tujuan untuk memahami semesta untuk memanfaatkannya dan menemukan diri untuk menggali potensi fitrawi guna mengenal Allah. 

Pengertian Ilmu Menurut Syahruddin Kasim, bahwa pengertian ilmu pengetahuan adalah pancaran hasil metabolisme ragawi sebagai hidayah sang pencipta yang berasal dari proses interaksi fenomena fitrawimelalui dimensi hati, akal, nafsu yang rasional empirik dan hakiki dalam menjelaskan hasanah alam semesta demi untuk menyempurnakan tanggung jawab kekhalifaan. 

Pengertian Ilmu Menurut Helmy A. Kotto: bahwasanya ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus sampai menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri. 

Pengertian Ilmu Menurut Sondang Siagian bahwa ilmu pengetahuan adalah suatu objek, ilmiah yang memiliki sekelompok prinsipol, dalil, rumus, yang melalui percobaan yang sistematis dilakukan berulang kali telah teruji kebenarannya, dalil-dalil, prinsip-prinsip dan rumus-rumus mana yang dapat diajarkan dan ditelisik. 

Pengertian Ilmu Menurut Soerjono Soekanto adalah pengetahuan yang tersusun sistematis dengan memasang kekuatan pemikiran, pengetahuan dimana selalu dapat diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang mengetahuinya.
 
Pengertian Ilmu Menurut Abu Bakar adalah suatu pendapat atau buah pikiran, yang memenuhi persyaratan dalam ilmu pengetahuan terhadap suatu bidang masalah terdefinisi jelas. 


Syarat-Syarat Ilmu Pengetahuan

Inilah syarat-syarat ilmu pengetahuan yaitu :
  1. Logis atau Masuk Akal, sesuai dengan kaidah ilmu pengetahuan yang diakui kebenarannya. 
  2. Objektif, sesuai berdasarkan objek yang dikaji dan didukung dari fakta impiris 
  3. Metodik, diperoleh dari cara terdefinisi jelas dan teratur yang dirancang, diamati dan terkontrol. 
  4. Sistematik, disusun dalam satu sistem satu dengan saling berkaitan dan menjelaskan sehingga satu kesatuan. 
  5. Berlaku umum atau universal, berlaku untuk siapapun dan dimana pun, dengan tata cara dan variabel eksperimentasi yang lama untuk hasil yang setara. 
  6. Kumulatif berkembang dan tentatif, ilmu pengetahuan selalu bertambah yang hadir sebagai ilmu pengetahuan baru. Ilmu pengetahuan yang salah sesegera bisa jadi diganti dengan yang benar disebut sifat tentatif 

Fungsi Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan memiliki beberapa fungsi utama antara lain sebagai berikut. 

Ilmu Pengetahuan itu Menjelaskan, fungsi ilmu pengetahuan menjelaskan 4 bentuk yaitu: 

  • Deduktif, ialah ilmu yang menjelaskan sesuatu berdasarkan premis pangkal ilir yang telah ditetapkan lebih awal. 
  • Probablistik adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan mengenai pola pikir induktif dari sejumlah kasus yang jelas, sehingga memberikan kepastian yang tidak mutlak dan bersifat kemungkinan besar atau hampir pasti. 
  • Fungsional, adlaah ilmu pengetahuan menjelaskan letak suatu komponen dalam suatu sistem secara menyeluruh. 
  • Genetik, adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan suatu faktor mengenai gejala-gejala yang sering terjadi. 
Meramalkan, ilmu pengetahuan menjelaskan faktor pasal akibat suatu kejadian atau peristiwa seperti disaat harga naik. 

Mengendalikan, ilmu pengetahuan yang mengendalikan sesegera bisa jadi dapat mengendalikan gejala alam berdasarkan suatu teori seperti kaya gimana mengendalikan kurs rupiah dan harga. 


Pemodelan, teori, dan hukum


Istilah "model", "hipotesis", "teori", dan "hukum" mengandung arti yang lain Perihal dalam keilmuan dari pemahaman umum. Para ilmuwan memasang istilah model untuk menjelaskan sesuatu, secara khusus yang bisa digunakan untuk membuat Dugaan yang bisa diuji dengan melakukan percobaan/eksperimen atau pengamatan.

Suatu hipotesis adalah dugaan-dugaan yang belum didukung atau dibuktikan oleh percobaan, dan hukum fisika atau hukum alam adalah generalisasi ilmiah berdasarkan pengamatan empiris.


Matematika dan metode ilmiah

Matematika sangat penting bagi keilmuan, terutama dalam peran yang dimainkannya dalam mengekspresikan model ilmiah. mengamati dan mengumpulkan hasil-hasil pengukuran, sebagaimana membuat hipotesis dan dugaan, pasti membutuhkan model dan eksploitasi matematis. Cabang matematika yang sering dipakai dalam keilmuan di antaranya kalkulus dan statistika, meskipun sebenarnya semua cabang matematika memunyai penerapannya, bahkan bidang "murni" seperti teori bilangan dan topologi.

Beberapa orang pemikir memandang matematikawan sebagai ilmuwan, dengan Anggapan bahwa pembuktian-pembuktian matematis setara dengan percobaan. sebagian yang lainnya tidak menganggap matematika sebagai ilmu, pasal tidak memerlukan uji-uji eksperimental pada teori dan hipotesisnya. Namun, dibalik kedua Anggapan itu, kenyataan pentingnya matematika sebagai alat yang sangat berguna untuk menggambarkan/menjelaskan alam semesta telah menjadi isu utama bagi filsafat matematika.

Lihat Eugene Wigner, The Unreasonable Effectiveness of Mathematics 
Richard Feynman berkata, "Matematika itu tidak nyata, tapi terasa nyata. Di manakah tempatnya berada?", sedangkan Bertrand Russell sangat senang mendefinisikan matematika sebagai "subjek yang kita tidak pernah tahu apa yang sedang kita bicarakan, dan kita tidak tahu pula kebenarannya".


Bidang-bidang keilmuan

Yang termasuk Ilmu alam adalah :

Fisika

  • Akustik
  • Astrodinamika
  • Astrofisika
  • Astronomi
  • Biofisika
  • Fisika atom, molekul, serta optik
  • Fisika bahan padat
  • Fisika komputasi
  • Dinamika
  • Dinamika fluida
  • Dinamika kendaraan
  • Fisika bahan
  • Fisika matematis
  • Fisika nuklir
  • Fisika atom kecil (atau fisika tenaga tinggi)
  • Fisika plasma
  • Fisika polimer
  • Kriogenik
  • Mekanika
  • Optik
Biologi

  • Anatomi
  • Antropologi fisik
  • Astrobiologi
  • Biokimia
  • Biofisika
  • Bioinformatika
  • Biologi air tawar
  • Biologi sel
  • Biologi struktur
  • Biologi molekul
  • Biologi pertumbuhan
  • Biologi peningkatan evolusioner ("Evo-devo" atau evolusi pertumbuhan)
  • Biologi laut
  • Botani
  • Ekologi
  • Entomologi
  • Epidemiologi
  • Evolusi (Biologi evolusioner)
  • Fikologi (Algologi)
  • Filogeni
  • Fisiologi
Biologi

  • Genetika (Genetika populasi, Genomika, Proteomika)
  • Histologi
  • Ilmu kesehatan
  • Farmakologi
  • Hematologi
  • Imunoserologi
  • Kedokteran
  • Kedokteran gigi
  • Kedokteran hewan
  • Onkologi (ilmu kanker)
  • Toksikologi
  • Ilmu saraf
  • Imunologi
  • Kladistika
  • Mikrobiologi
  • Morfologi
  • Ontogeni
  • Patologi
  • Sitologi
  • Taksonomi
  • Virologi
  • Zoologi
Kimia

  • Biokimia
  • Elektrokimia
  • Ilmu bahan
  • Kimia analitik
  • Kimia anorganik
  • Kimia fisik
  • Kimia komputasi
  • Kimia kuantum
  • Kimia organik
  • Spektroskopi
  • Stereokimia
  • Termokimia
  • Metode studi Komunikasi
Ilmu bumi
  • Geodesi
  • Geografi
  • Geologi
  • Limnologi
  • Meteorologi
  • Oseanografi
  • Paleontologi
  • Seismologi


Yang Termasuk Ilmu sosial adalah :

  • Antropologi
  • Arkeologi
  • Ekonomi
  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Ekonomi Pembangunan
  • Ilmu politik
  • Linguistik (Ilmu bahasa)
  • Sosiologi
  • Kriminologi
  • Hukum
  • Administrasi Negara
  • Adminitrasi Niaga
  • Admiministrasi Fiskal
  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Pemerintahan
Psikologi

  • Analisis perilaku
  • Biopsikologi
  • Neuropsikologi
  • Psikofisika
  • Psikometri
  • Psikologi eksperimen
  • Psikologi forensik
  • Psikologi humanis
  • Psikologi industri serta organisasi
  • Psikologi kepribadian
  • Psikologi kesehatan
  • Psikologi klinis
  • Psikologi kognitif
  • Psikologi pendidikan
  • Psikologi pertumbuhan
  • Psikologi sensasi serta persepsi
  • Psikologi sosial

Yang Termasuk Ilmu Terapan adalah :

Ilmu Komputer serta Informatika
  • Ilmu komputer
  • Ilmu kognitif
  • Informatika
  • Cybernetics
  • Systemics
Teknik serta Rekayasa
  • Ilmu biomedis
  • Ilmu pertanian
  • Teknik listrik
  • Teknik pertanian

Nah itulah merupakan materi mengenai pengertian ilmu . Dari beberapa pengertian ilmu tersebut, dapat kita simpulkan bahwa ilmu merupakan bentuk khusus dari pengetahuan, bukan sembarang pengetahuan melainkan pengetahuan yang disusun secara bersistem menurut metode terdefinisi jelas. 

Karena ilmu merupakan sebahagian dari pengetahuan, yakni pengetahuan yang memiliki sifat tertentu, maka ilmu dapat juga disebut pengetahuan keilmuan. Ilmu merupakan kegiatan berpikir untuk mendapatkan pengetahuan yang benar atau secara sederhana ilmu bertujuan mendapatkan kebenaran 

Ilmu mempunyai beberapa karakteristik, yaitu sebagai berikut:

  1. Mempercayai rasio sebagai alat untuk memperoleh pengetahuan yang benar 
  2. Alur berpikir yang logis yang konsisten dengan pengetahuan yang telah ada 
  3. Pengujian secara empiris sebagai kriteria kebenaran objektif 
  4. Mekanisme yang terbuka untuk dilakukan koreksi.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Ilmu Pengetahuan baik itu secara umum maupun pengertian menurut para ahli. Semoga sobat dapat memahami dan penjelesan itu.

Dari semua Pendapat tentang Pengertian Ilmu di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu terdefinisi jelas. 

Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi Inilah Pengertian Ilmu teranyar. Oh ya, Pengertian Ilmu ini di publikasikan dengan harapan bisa membantu anda dalam mengumpulkan materi materi yang anda butuhkan. 

Semoga Pengertian Ilmu bisa melengkapi bahan bahan materi makalah, tugas akhir, tugas sekolah, ataupun karya ilmiah yang sedang anda susun. Akhir kata kakak ucapkan Terimakasih karena telah mengunjungi blog LEARNSEJARAH.COM Jika Pengertian Ilmu bermanfaat. Silahkan berbagi dengan sahabat kalian di Facebook , Twitter maupun Google Plus.

Sumber :
http://pengertianbahasa.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-ilmu.html
http://www.pengertianahli.com/2014/08/pengertian-ilmu-apa-itu-ilmu.html
http://umum-pengertian.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-ilmu-pengetahuan-secara-umum.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Ilmu Bahas Secara Lengkap

0 komentar: