LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Hari Kiamat Bahas Secara Lengkap

Pengertian Hari Kiamat - Halo guys. Kali ini saya akan membahas mengenai hari akhir. Dimana saya akan membahas dan menjelaskan mengenai sebuah artikel tentang pengertian hari kiamat.

Pengertian Hari Kiamat Menurut Islam adalah suatu peristiwa di mana seluruh alam semesta akan mengalami kehancuran, dan membinasakan semua makhluk, kecuali yang dikehendaki Allah. Datangnya hari kiamat ini dipercayai dan terdapat dalil yang jelas di masing-masing kitab suci agama samawi tersebut, yaitu Yahudi, Kristiani dan Islam. 

Khusus dalam Islam, mempercayai hari kiamat salah satu dalam rukun iman. Dalil mengenai hari kiamat ini banyak tersebar di Al Qur’an dan hadis Nabi 

Peristiwa hari kiamat atau yaumul qiyamah dalam Islam ditandai dengan ditiupnya terompet sangkakala oleh Malaikat Isrofil sesuai perintah dari Allah. 

Selepas bunyi sangkakala terdengar, maka seluruh alam semesta akan mengalami Hal yang tak pernah terbayangkan oleh pikiran manusia. Semuanya akan luluh lantak, dan yang masih hidup pasti akan mati, kecuali yang diperintahkan Allah untuk tetap hidup.

Gambaran yaumul qiyamah atau pengertian hari kiamat bisa kita lihat secara jelas dalam QS. At Takwiir ayat 1 sampai ayat 6, dimana Allah SWT telah berfirman bahwa pada hari itu matahari digulung, binatang-binatang berjatuhan, gunung-gunung telah dihancurkan, dan unta-unta bunting tak ada yang memperdulikan, binatang-binatang liar juga dikumpulkan, dan lautan pun dijadikan meluap menghantam sisi bumi.

Kemudian dalam QS. Az Zumar ayat 68 digambarkan bahwa pada hari itu bumi akan terguncang, dan manusia seperti orang mabuk hingga ibu yang mengandung akan keguguran, dan ibu menyusui lupa pada bayinya, anak-anak tiba-tiba rambutnya telah beruban, dan setan-setan pun berlarian ketakutan. keadaan itu akan berlangsung beberapa lama, lalu Allah akan memerintahkan Malaikat Israfil meniup sangkakala.

Itulah gambaran dari pengertian hari kiamat. Hari yang sudah dipastikan terjadinya. Kapan waktunya, hanyalah Allah saja yang tahu. Bahkan para malaikat pun tidak mengetahui kapan akan terjadinya. Dalam QS. Al A’raf ayat ke-187 dijelaskan bahwa sesungguhnya pengetahuan mengenai hari kiamat hanyalah pada sisi Allah. 

Tidak ada seorangpun yang bisa menjelaskan tentang waktu kedatangan hari kiamat selain Allah.

pengertian hari kiamat


Pengertian Hari Kiamat Secara Lengkap

Hari Kiamat adalah peristiwa di mana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang membunuh semua makhluk di dalamnya dengan tak terkecuali. Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh Malaikan Israfil atas perintah dari Allah SWT.

Setelah semua makhuk yang hidup mati maka Allah SWT akan membali memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup terompet untuk yang kedua kali guna membangunkan orang semua yang telah mati untuk bangkit kembali mulai dari manusia pertama zaman Nabi Adam hingga manusia yang terakhir saat kiamat tiba untuk melaksanakan hari pembalasan.

Pengertian iman kepada hari akhir (kiamat) secara umum adalah mempercayai dan menyakini bahwa seluruh alam semesta dan segala seisinya pada suatu saat nanti akan mengalami kehancuran dan mengakui bahwa selepas kehidupan iniakan ada kehidupan yang kekal yaitu akhirat.

Pengertian iman kepada hari akhir/kiamat terbagi dua yaitu pengertian iman kepada hari akhir menurut bahasa dan pengertian hari akhir menurut istilah. 

Pengertian iman kepada hari akhir menurut bahasa (etimologi) adalah percaya akan datangnya hari akhir/kiamat. sedangkan Pengertian iman kepada hari akhir menurut istilah (terminologi) adalah mempercayai dan menyakini akan adanya kehidupan yang kekal dan abadi selepas kehidupan ini. 

Sebelumnya Pengertian hari akhir/kiamat adalah hari kebinasaan atau kehancuran dunia dan seisinya. Pengertian hari akhir/kiamat juga terbagi dua yakni pengertian hari akhir menurut bahasa dan pengertian hari akhir menurut istilah. 

Pengertian hari akhir menurut bahasa (etimologi) adalah hari berakhirnya segala sesuatu yang ada dimuka bumi. sedangkan pengertian hari akhir menurut istilah (terminologi) adalah peristiwa dimana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang akan membunuh semua makhluk didalamnya dengan tak terkecuali.


Macam - Macam Hari Kiamat

Kiamat ada dua macam, yakni :

1. Kiamat Sughra/Sughro (Kiamat Kecil)

Kiamat Sughra adalah kiamat kecil yang sering terjadi dalam kehidupan manusia yaitu kematian. selepas mati roh seseorang akan Berada di alam barzah atau alam kubur yang merupakan alam antara dunia dan akhirat.

Kiamat sughra sudah sering terjadi dan bersifat umum atau biasa terjadi di lingkungan sekitar kita yang merupakan suatu teguran Allah SWT pada manusia yang masih hidup untuk kembali ke jalan yang lurus dengan taubat.

2. Kiamat Kubra/Kubro (Kiamat Besar)

Kiamat kubra adalah kiamat yang mengakhiri kehidupan di dunia ini karena hancurnya alam semesta beserta isinya. selepas kiamat besar maka manusia akan melalui alam selepas alam barzah / alam kubur.

Kiamat kubra akan terjadi satu kali dan itu belum pernah terjadi dengan kejadian yang benar-benar luar biasa di luar bayangan manusia dengan tanda-tanda yang jelas dan pada saat itu segala amal perbuatan tidak akan diterima karena telah tertutup rapat.


Tanda-Tanda Hari Kiamat Akan Tiba


Kapan akan datang hari kiamat, tidak seorang pun tahu salah satu Nabi Muhammad SAW. Namun kita dapat mengetahuinya dengan memperhatikan tanda-tanda di mana hari kiamat akan datang, yaitu antara lain :

1. Asap di Timur dan Barat
2. munculnya Dajjal
3. muncul binatang melata di bumi (Dabatul Ard)
4. Terbit matahari sebelah barat
5. Turunnya Nabi Isa AS
6. Keluarnya Yakjuj dan Makjuj
7. Gerhana di timur
8. Gerhana di barat
9. Gerhana di jazirah Arab
10. Keluarnya api dari kota Yaman yang menghalau manusia ke tempat pengiringannya

Tambahan :

Persiapkan diri kita sebaik dapat jadi untuk menghadapi kiamat kecil dan kiamat besar karena itu pasti akan terjadi. Jadilah orang yang beriman dan bertakwa untuk selamat dari siksa neraka dan mendapati surga dari Allah SWT.


Fungsi Iman Kepada Hari Kiamat

Fungsi iman kepada hari kiamat adalah sebagai berikut :

  1. Menyadari bahwa alam seisinya akan hancur lebur maka setiap orang muslim sesegera bisa jadi banyak melakukan amal kebaikan serta menjauhi segala amal perbuatan yang tidak baik atau menjauhi larangan Allah swt. 
  2. Mengingat bahwa hidup di dunia ini merupakan sawah ladang kehidupan alam akhirat atau merupakan jembatan untuk menuju ke alam akhirat maka kita sesegera bisa jadi membelanjakan atau menginfakkan sebagian harga untuk menghindari diri dari sifat rakus, tamak, dan kikir. 
  3. Berani dan tidak takut mati karena membela agama, serta menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam 
  4. Tak iri terhadap kenikmatan yang diperoleh orang lain. 
  5. Dapat menenteramkan jiwa orang yang mendapati perlakukan kurang adil 

Peristiwa-Peristiwa selepas Hari Akhir/Kiamat

Peristiwa-peristiwa yang akan dialami oleh manusia di hari akhir adalah sebagai berikut 

1. Yaumul Barzah 

Barzakh secara bahasa berarti pembatas atau dinding. Pengertian yaumul barzah aadlah hari penantian manusia di alam kubur selepas mati. Barzah batas atau perantara antara alam dunia dan alam akhirat. 

Di alam inilah manusia akan menunggu hari kebangkitan. Kejadian-kejadian yang akan dihadapi manusia di alam barzah adalah pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir, Manusia akan diperiksa amal perbuatannya dan keimanannya ibadahnya oleh malaikat Munkar dan Nakir, nikmat dan siksa kubur.

2. Yaumul Ba'as

Pengertian Yaumul Ba'as. adalah hari bangkitnya seluruh makhluk dari kuburnya, dari ketika manusia pertama hingga berakhir. Penegasan Allah SWT terhadapnya hari kebangkitan terdapat dalam QS. An Nahl ayat 38, artinya : 

"Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpahnya yang sungguh-sungguh : "Allah tidak akan membangkitkan orang yang mati". (Tidak demikian), bahkan (pasti Allah akan membangkitnya), sebagai suatu janji yang benar dari Allah, akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengenali. (QS. An Nahl :38). 

dan Surat Yaasin ayat 51, artinya : 

" dan ditiuplah sasangkala, maka tiba-tiba mereka ke luar dengan dengan laju di kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. (QS. Yaasin :51) 

3. Yaumul Hasyr (Hari berkumpulnya manusia) 

Pengertian Yaumul Hasyr adalah fase manusia digiring ke suatu tempat yang bernama Padang Mahsyar selepas kebangkitan dari kubur. Allah SWT berfirman : 

"Dan kami kumpulkan mereka, maka kami tidak tak membawa mereka seorang pun". (QS. Al Kahli : 47) 

4. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan) 

Pengertian Yaumul Hisab adalah hari manusia dihisab, dihitung dan ditimbang amal perbuatannya selama dunia akhirat. Allah SWT berfirman : 

"Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah yang dirugikan seseorang barang sedikit pun. dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti kami mendatangkan (pahala)nya. dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan. "(QS. Al-Anbiya : 47). 

5. Yaumul Jaza'. (Hari Pembalasan) 

Pengertian yaumul jaza' adalah hari ketika Allah SWT memberi keputusan kepada manusia 

6. Surga dan Neraka 

Surga adalah tempat yang penuh dengan berbagai kenikmatan, yang disediakan Allah bagi orang-orang yang bertakwa, sedangkan Neraka adalah tempat yang penuh dengan berbagai siksaan, yang disediakan Allah bagi orang-orang yang durhaka. 


Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir/Kiamat

Hikmah beriman pada hari akhir (hari kiamat), antara lain sebagai berikut. 

  • Memperkuat keyakinan bahwa Allah SWT Mahakuasa dan Mahaadil. 
  • Memberikan dorongan untuk membiasakan diri dengan sikap dan perilaku terpuji (akhlaqul-karimah) dan menjauhkan diri dari sikap serta perilaku tercela (akhlaqul-mazmumah)
  • Memberi dorongan untuk bersikap optimis dan tawakal, serta sabar meskipun tertimpa berbagai kemalangan
Nah itulah merupakan rangkuman mengenai pengertian hari kiamat. Semoga dapat bermanfaat ya bagi kalian semua. Aamiin.

Sumber :
http://www.organisasi.org/1970/01/pengertian-hari-kiamat-tanda-ciri-dan-macam-jenis-kiamat-hari-akhir.html
http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-iman-kepada-hari-akhir-kiamat.html
http://www.dakwahmuslimah.com/2016/03/pengertian-hari-kiamat-menurut-islam.html
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Hari Kiamat Bahas Secara Lengkap

0 komentar: