LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Sejarah Kerajaan Singasari dan Latar Belakang Kerajaan Singasari (Lengkap)

Sejarah Kerajaan Singasari - Sejarah Kerajaan Singasari wowwww! Gimana nih kudu tau kalian guys mengenai sejarah kerajaan singasari ini. Penting dan amat sangat penting hehe.

Sejarah kerajaan singasari ialah kerajaan yang pernah adanya di Indonesia tepatnya di area Malang. Kerajaan ini pernah mencapai kejayaannya sampai tak adanya yang dapat menandinginya, namun pasal karma dampak yang dilaksanakan pertama kali oleh pendiri kerajaan, bikin kerajaan ini runtuh secara perlahan. 






sejarah kerajaan singasari
via.google.com


SEJARAH KERAJAAN SINGASARI

Kerajaan Singhasari atau kerap pula ditulis Singasari atau Singosari, ialah sesuatu kerajaan di Jawa Timur yang didirikan oleh Ken Arok terhadap tahun 1222. Lokasi kerajaan ini kini diramalkan Berposisi di area Singosari, Malang.

Berdasarkan prasasti Kudadu, nama resmi Kerajaan Singhasari yang sebenarnya adalah Kerajaan Tumapel. rujukan oleh Nagarakretagama, ketika pertama kali didirikan tahun 1222, ibu kota Kerajaan Tumapel bernama Kutaraja.

Pada tahun 1253, Raja Wisnuwardhana mengangkat putranya yang bernama Kertanagara sebagai yuwaraja serta mengubah nama ibu kota menjadi Singhasari. Nama Singhasari yang merupakan nama ibu kota setelah itu itu malah lebih populer alih alih nama Tumapel. Maka, Kerajaan Tumapel pun populer pula dengan nama Kerajaan Singhasari. Nama Tumapel juga timbul dalam kronik Cina dari Dinasti Yuan dengan ejaan Tu-ma-pan.

Sejarah kerajaan singasari  Kerajaan Singasari didirikan oleh Ken Arok terhadap tahun 1222 M. Kerajaan ini beribu kota di Tumapel yang berada di kawasan bernama Kutaraja. terhadap awalnya, Tumapel hanyalah sesuatu wilayah kabupaten yang Berposisi dibawah kekuasaan Kerajaan Kediri dengan bupati/akuwu bernama Tunggul Ametung. Tunggul Ametung dibunuh oleh Ken Arok yang merupakan pengawalnya pasal terpikat oleh kecantikan istri akuwu Tunggul Ametung yang bernama Ken Dedes, serta Ken Arok ingin memperistri Ken Dedes. Ken Arok membunuh Tunggul Ametung dengan sebilah keris buatan Mpu Gandring, dimana keris ini sebetulnya belumlah sempurna, akan tapi pasal Ken Arok telah tak sabar buat meminang Ken Dedes tersebutkan direbutlah keris itu dari tangan Mpu Gandring, serta sang Mpu pun akhirnya dibunuh memakaikan keris tersebut. Sebelum mati Mpu Gandring mengeluarkan kutukan jikalau keris itu akan membunuhmu sampai tujuh turunan.







SEJARAH KERAJAAN SINGASARI ( Awal Mula )


Sejarah kerajaan singasari ini rujukan oleh Pararaton, Tumapel semula cuma sesuatu area bawahan Kerajaan Kadiri. Yang menjabat sebagai akuwu (setara camat) Tumapel saat itu ialah Tunggul Ametung. Ia meninggal dibunuh dengan metode tipu muslihat oleh pengawalnya sendiri yang bernama Ken Arok, yang setelah itu menjadi akuwu baru. Ken Arok juga yang mengawini istri Tunggul Ametung yang bernama Ken Dedes. Ken Arok setelah itu berniat melepaskan Tumapel dari kekuasaan Kerajaan Kadiri.


Pada tahun 1254 berlangsung perseteruan antara Kertajaya raja Kerajaan Kadiri menghadapi kaum brahmana. Para brahmana lantas menggabungkan diri dengan Ken Arok yang mengangkat pribadinya menjadi raja pertama Tumapel bergelar Sri Rajasa Sang Amurwabhumi. Perang menghadapi Kerajaan Kadiri meletus di desa Ganter yang dimenangkan oleh pihak Tumapel.

Nagarakretagama juga menyebut tahun yang setara buat pendirian Kerajaan Tumapel, namun tak mengatakan ada nama Ken Arok. Dalam naskah itu, pendiri kerajaan Tumapel bernama Ranggah Rajasa Sang Girinathaputra yang berhasil mengalahkan Kertajaya raja Kerajaan Kadiri.

Prasasti Mula Malurung atas nama Kertanagara tahun 1255, mengatakan kalau pendiri Kerajaan Tumapel ialah Bhatara Siwa. bisa jadi nama ini ialah gelar anumerta dari Ranggah Rajasa, pasal dalam Nagarakretagama arwah pendiri kerajaan Tumapel tersebut dipuja sebagai Siwa. disamping itu, Pararaton juga mengatakan bahwa, sebelum maju perang menghadapi Kerajaan Kadiri, Ken Arok lebih dulu memakaikan julukan Bhatara Siwa.

SEJARAH KERAJAAN SINGASARI ( SILISLAH RAJA )

Wangsa Rajasa yang didirikan oleh Ken Arok. Keluarga kerajaan ini menjadi penguasa Singhasari, serta berlanjut terhadap kerajaan Majapahit. terkandung perbedaan antara Pararaton serta Nagarakretagama dalam mengatakan urutan raja-raja Singhasari.

Versi Pararaton

Ken Arok atau lebih dikenal Rajasa Sang Amurwabhumi (1222 - 1247)Anusapati (1247 - 1249)Tohjaya (1249 - 1250)Ranggawuni atau lebih dikenal Wisnuwardhana (1250 - 1272)Kertanagara (1272 - 1292)

Versi Nagarakretagama

Rangga Rajasa Sang Girinathaputra (1222 - 1227)Anusapati (1227 - 1248)Wisnuwardhana (1248 - 1254)Kertanagara (1254 - 1292)
Kisah suksesi raja-raja Tumapel versi Pararaton diwarnai pertumpahan darah yang dilatari balas dendam. Ken Arok meninggal dibunuh Anusapati (anak tirinya). Anusapati meninggal dibunuh Tohjaya (anak Ken Arok dari selir). Tohjaya meninggal dampak pemberontakan Ranggawuni (anak Anusapati). cuma Ranggawuni yang digantikan Kertanagara (putranya) secara damai. sedangkan itu versi Nagarakretagama tak mengatakan ada pembunuhan antara raja substitusi pada raja lebih awal. Perihal ini bisa dimaklumi pasal Nagarakretagama ialah kitab pujian buat Hayam Wuruk raja Majapahit. Peristiwa mengeluarkan luka yang menimpa leluhur Hayam Wuruk tersebut dikata sebagai aib.

SEJARAH KERAJAAN SINGASARI


Di antara para raja di atas cuma Wisnuwardhana serta Kertanagara saja yang diperoleh mempublish prasasti sebagai evidensi kesejarahan mereka. Dalam Prasasti Mula Malurung (yang dikeluarkan Kertanagara atas perintah Wisnuwardhana) nyatanya menyebut Tohjaya sebagai raja Kerajaan Kadiri, bukan raja Tumapel. Perihal ini memperkuat kebenaran berita dalam Nagarakretagama. Prasasti tersebut dikeluarkan oleh Kertanagara tahun 1255 selaku raja bawahan di Kerajaan Kadiri. Dengan demikian, pemberitaan kalau Kertanagara naik takhta tahun 1254 bisa diperdebatkan. Kemungkinannya ialah jikalau Kertanagara menjadi raja muda di Kerajaan Kadiri dahulu, baru terhadap tahun 1268 ia bertakhta di Singhasari. Diagram silsilah di samping ini ialah urutan penguasa dari Wangsa Rajasa, yang bersumber dari Pararaton.


SEJARAH KERAJAAN SINGASARI ( KEJAYAAN KERAJAAN SINGASARI)

Kertanagara ialah raja terakhir serta raja terbesar dalam sejarah Singhasari (1272 - 1292). Ia ialah raja pertama yang mengalihkan wawasannya ke luar Jawa. terhadap tahun 1275 ia mentransfer pasukan Ekspedisi Pamalayu buat menjadikan Sumatra sebagai benteng pertahanan dalam melawan ekspansi bangsa Mongol. Saat itu penguasa Sumatra ialah Kerajaan Dharmasraya (kelanjutan dari Kerajaan Malayu). Kerajaan ini akhirnya dikata sudah ditundukkan, dengan dikirimkannya evidensi arca Amoghapasa yang dari Kertanagara, sebagai gejala persahabatan kedua negara.

Pada tahun 1284, Kertanagara juga mengadakan ekspedisi menaklukkan Bali. terhadap tahun 1289 Kaisar Kubilai Khan mentransfer utusan ke Singhasari meminta supaya Jawa menuturkan kedaulatan Mongol. Namun permintaan itu ditolak tegas oleh Kertanagara. Nagarakretagama mengatakan daerah-daerah bawahan Singhasari di luar Jawa terhadap waktu Kertanagara antara lain, Melayu, Bali, Pahang, Gurun, serta Bakulapura.


SEJARAH KERAJAAN SINGASARI ( KERUNTUHAN KERAJAAN SINGASARI)


Kerajaan Singhasari yang sibuk mengirimkan angkatan perangnya ke luar Jawa akhirnya merasakan keropos di area dalam. terhadap tahun 1292 berlangsung pemberontakan Jayakatwang bupati Gelanggelang, yang merupakan sepupu, dan merupakan juga ipar, dan merupakan juga besan dari Kertanagara sendiri. Dalam serangan itu Kertanagara meninggal terbunuh.


Setelah runtuhnya Singhasari, Jayakatwang menjadi raja serta membangun ibu kota baru di Kerajaan Kadiri. Riwayat Kerajaan Tumapel-Singhasari pun berakhir.


SEJARAH KERAJAAN SINGASARI ( Hubungan KERAJAAN SINGASARI)


Pararaton, Nagarakretagama, serta prasasti Kudadu mengisahkan Raden Wijaya cucu Narasingamurti yang menjadi menantu Kertanagara lolos dari maut. dikarenakan berkah pertolongan Aria Wiraraja (penentang politik Kertanagara), ia setelah itu diampuni oleh Jayakatwang serta dikasi hak mendirikan desa Majapahit.


Pada tahun 1293 datang pasukan Mongol yang dipimpin Ike Mese buat menaklukkan Jawa. Mereka dipergunakan Raden Wijaya buat mengalahkan Jayakatwang di Kerajaan Kadiri. sehabis Kadiri runtuh, Raden Wijaya dengan siasat cerdik ganti mengusir tentara Mongol keluar dari tanah Jawa.

Raden Wijaya setelah itu mendirikan Kerajaan Majapahit sebagai kelanjutan Singhasari, serta menyiratkan pribadinya sebagai partisipan Wangsa Rajasa, yaitu dinasti yang didirikan oleh Ken Arok.

Itulah tadi merupakan materi mengenai sejarah kerajaan singasari semoga bermanfaat. Kamu pasti juga mencari : artikel sejarah kerajaan singasari, makalah sejarah kerajaan singasari, sejarah kerajaan singasari dan majapahit, sejarah kerajaan singasari lengkap, sejarah kerajaan singasari lengkap dan peninggalannya, sejarah kerajaan singasari singkat

Yang kamu cari :

sumber sejarah kerajaan singasari
sejarah kerajaan singasari lengkap

peninggalan sejarah kerajaan singasari

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Singhasari
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Kerajaan Singasari dan Latar Belakang Kerajaan Singasari (Lengkap)

0 komentar: