Perbedaan Mitosis dan Meiosis Secara Lengkap

Perbedaan Mitosis dan Meiosis - Salam sejahtera untuk perbedaan yang harusnya memiliki kesamaan. Kali ini saya akan membahas mengenai materi mitosis dan meiosis. Sudahkah kamu siap menyerap ilmu mengenai apa itu mitosis dan apa itu meiosis?


Materi Mitosis dan Meiosis ini materi mengenai biologi. Benar begitu teman-teman? Nah materi ini diajarkan pada mapel biologi yang dibahas ketika duduk di bangku kelas 12 SMA untuk kurikulum 2013. Jadi saya bisa menebak kalau kebanyakan yang sedang membaca artikel ini adalah sobat-sobat saya yang tengah duduk dikelas 12.


Sebelum mengetahui tentang perbedaan mitosis dan meiosis kamu juga harus tahu mengenai pembelahan dan pengertian dari ini.


perbedaan mitosis dan meiosis


Apa Sih Mitosis dan Meiosis Itu ?


Pengertian Meiosis adalah proses pembelahan ketika reproduksi sel yang memiliki tahapan profase metaphase hingga anaphase telofase yang mengalami reduksi atau pengurangan pada jumlah kromosomnya, sedangkan mitosis adalah proses reproduksi sel yang bisa membelah secara teratur yang juga mengalami tahap seperti meiosis namun dalam prosesnya membutuhkan interfase atau masa istirahat karena bahan yang digunakan inti sel adalah bahan inti itu sendiri.


Meiosis menyebabkan pembelahan sel yang dapat menghasilkan sel anak yang memiliki kromosom sampai dengan setengah dari sel yang dimiliki induk sel. Pembelahan yang terjadi pada meiosis terdapat pada gametosit atau dua sel kelamin. Pembelahan kromosom pada meiosis tidak diselingi interfase dan prosesnya terjadi hingga dua kali berturut-turut. Meiosis juga pertama kalinya muncul melalui siklus profase yang terus berlanjut ke tahap metaphase pertama, lalu anaphase, dan juga telofase.



Pembelahan mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang bisa menghasilkan 2 sel anakan yang serupa secara genetis. Artinya, kedua sel anakan yang terbentuk mempunyai susunan genetika yang sebanding dengan induknya.

Pembelahan meiosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel anakan haploid (n) yang berasal dari sel induk diploid (2n). pada kejadian ini, setiap sel anakan mempunyai separuh kromosom sel induk.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis Lengkap


Dari perbedaan mitosis dan meiosis, ada beberapa yang dapat digaris bawahi. Berikut ulasannya 

1. Tujuan Proses
Meiosis sendiri memiliki tujuan untuk mempertahankan adanya diploid, sedangkan bagi mitosis tujuan prosesnya adalah untuk masa pertumbuhan seseorang.

2. Jumlah pembelahan sel
Dalam proses meiosis, sel yang dibelah akan menghasilkan 4 anak sel, sedangkan untuk mitosis hanya menghasilkan 2 anak sel saja.

3. Tempat terjadinya proses
Proses meiosis terjadi pada sel gonad di dalam tubuh, sedangkan untuk proses mitosis terjadi di sel romantik.

4. Sifat sel anak
Sifat sel anak yang dimiliki oleh meiosis adalah berupa haploid atau n. sedangkan untuk mitosis sifat sel anaknya adalah diploid atau 2n.


Untuk mengetahui perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel menggunakan tabel adalah sebagai berikut :



Perbedaan mitosis dan meiosis juga terjadi dalam binatang, tidak hanya pada tumbuhan saja. seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mitosis hanya bertujuan untuk memperbanyak jumlah sel yang berguna dalam proses pertumbuhan, sedangkan meiosis sendiri bertujuan untuk pembentukan sel gamet. 

Mitosis terjadi pada tempat yang berjaringan merismatis. Jaringan-jaringan seperti ini hanya terdapat pada batang dan ujung akar tumbuhan. untuk meiosis sendiri terjadi pada organ kelamin jantan maupun betina tumbuhan tersebut. 

Pada tahapan mitosis pertama, terjadi sekali pembelahan yang dilakukan sel induk, sedangkan pada meiosis itu justru terjadi dua kali pembelahan. jumlah kromosom yang dihasilkan dari pembelahan sel mitosis juga sebanding banyaknya degan sel induk, sedangkan pada meiosis hanya memiliki jumlah kromosom yang separuh dari milik induknya.

Demikianlah perbedaan mitosis dan meiosis yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga tulisan di atas dapat membatu Anda dalam memahami proses pembelahan sel, khususnya proses mitosis dan meiosis. pada dasarnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mitosis dan meiosis dapat dibedakan dari tujuan prosesnya, jumlah pembelahan sel, tempat pembelahan dan sifat sel anak.

Yang kamu cari :
  • perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel
  • jelaskan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis
  • perbedaan pembelahan sel mitosis dan meiosis
  • jelaskan perbedaan mitosis dan meiosis
  • persamaan dan perbedaan mitosis dan meiosis


Sumber :
http://perbedaanterbaru.blogspot.co.id/2015/08/pembelahan-sel-perbedaan-mitosis-dan.html
http://www.informasibelajar.com/2017/01/perbedaan-pembelahan-mitosis-dan-meiosis.html
Post a Comment