LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Perbedaan Kitab dan Suhuf Secara Lengkap

Perbedaan Kitab dan Suhuf - Assalamualaikum.. salam sejahtera untuk kita semua umat muslim yang di cintai Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Semoga selalu tercurahkan segala rizki yang melimpah. Pada hari ini saya akan berbagi mengenai rincian dan suatu materi pendidikan agama islam bab kitab dan suhuf. Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai kitab dan suhuf, kalian juga harus tahu beberapa hal mengenai kitab dan suhuf.


Pada hakikatnya kitab dan suhuf adalah firman Allah, dan kamu harus tahu dulu mengenai sebuah pengertian kitab dan suhuf atau bahkan isi dan perbedaan kitab dan suhuf. Tentunya setelah kalian tahu mengenai beda dari masing - masing kitab itu kalian akan jauh lebih mengenal mengenai islam.


Di postingan kali ini kami akan membagikan penjelasan mengenai Perbedaan kitab dan suhuf dalam perhatian agama islam. Firman Allah yang dituturkan kepada para rasul buat pedoman umat manusia dalam perkembangannya adanya yang dibukukan serta adanya yang tak dibukukan. Wahyu yang dibukukan menjadi satu dikatakan dengan kitab sementara wahyu yang dibiarkan dalam bentuk lembaran-lembaran dalam kondisi terpisah dikatakan dengan suhuf.


perbedaan kitab dan suhuf



Apa Sih Perbedaan Kitab dan Suhuf Itu ?


Sebelum lebih jauh membahas mengenai kitab dan suhuf  alangkah lebih baiknya kita memahami mengenai definisi kitab dan suhuf. Atau mungkin dari hal biasanya kamu akan tau mengenai pengertian kitab dan suhuf! Wow.. ini sangat menarik bukan untuk pekerjaan rumah mu mengenai pertanyaan atau bab kitab dan suhuf?


Oke.. langsung saja kita masuk dalam materi pengertian dari kitab dan suhuf.

Pengertian Kitab

Kitab ialah wahyu atau firman Allah yang sudah dibukukan dalam bentuk kitab. Dibandingkan dengan isi suhuf, isi kitab jauh lebih lengkap. Allah sudah menurunkan empat kitab kepada para rasul yaitu kitab Zabur kepada Nabi Daud, kitab Taurat kepada Nabi Musa, Injil kepada Nabi Isa serta Al-Qur’an yang merupakan penutup kepada Nabi Muhammad SAW.


Sejauh ini ada beberapa penjelasan mengenai kitab. Kesemua kitab itu yang paling utama adalah mengandung isi ke-Esa-an atau ketauhidan kepada Allah SWT. Keempat rasul tersebut diutus untuk mengarahkan umatnya agar mempercayai dan menyembah Allah SWT semata. Itulah Karena mengapa kenapa agama Islam biasa disebut dengan agama Tauhid yang hanya menjunjung tinggi dan menyembah satu Tuhan saja.


Ada sedikit perbedaan mengenai keempat kitab tersebut, yaitu dari segi sifat yang dimilikinya. Kitab yang diturunkan sebelum Al-Qur’an yang diterima oleh Nabi Daud, Musa dan Isa sifatnya lokal, berisi ajaran yang sederhana dan khusus untuk umatnya saja sedangkan Al-Qur’an sifatnya universal, menyeluruh, abadi dengan sifat ajaran yang luas.


Pengertian Suhuf

Suhuf adalah wahyu atau firman Allah yang disampaikan kepada nabi atau rasul yang bentuknya masih terpisah dalam lembaran-lembaran dan tidak dibukukan. Dibandingkan dengan isi kitab yang menyeluruh, isi suhuf lebih parsial.

Sedikit penjelasan mengenai definisi Suhuf. Untuk menekankan keberadaan suhuf, Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-A’la ayat 19 yang menyatakan bahwa yaitu suhuf-suhuf yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Musa (Al-A’la ayat 19).


Al-Qur’an menyebutkan bahwa jumlah suhuf atau sahifah yang telah diturunkan adalah 100 buah suhuf. Adapun isinya adalah hukum yang merupakan pedoman untuk menjalankan agama Islam secara sempurna.


Secara rinci dan ringkas itulah telah kami sebutkan mengenai pengertian suhuf dan pengertian kitab. Adapun untuk persamaan suhuf dan kitab adalah seperti di bawah ini yang akan kami paparkan secara jelas.


Lalu Apa Saja Persamaan Kitab dan Suhuf ?


Setelah menyinggung mengenai pengertian kitab dan suhuf, pasti akan timbul beberapa atau bahkan banyak pertanyaan mengenai kitab dan suhuf. Mengenai jenis nya, persamaan kitab dan suhuf, hingga perbedaan antara kitab dan suhuf. Menarik bukan untuk kita nikmati alur artikelnya? 


Jika ada persamaan kitab dan suhuf, sebutkan persamaan kitab dan suhuf? Oke.. ini jawabannya.


Persamaan Kitab dan Suhuf


Kitab dan suhuf keduanya adalah wahyu Allah

Tercatat ada 100 buah suhuf yang telah dirurunkan. Dan, tercatat ada empat buah kitab yang telah diwahyukan kepada empat rasul pilihan yang menghadapi dahsyatnya perlawanan dari para umatnya.


Baik suhuf maupun kitab tersebut bersumber dari firman Allah yang tujuannya adalah untuk memberi petunjuk kepada seluruh umat manusia. Kitab dan suhuf isinya bukanlah dongeng atau carita fiktif yang dikarang oleh manusia. Kitab dan suhuf adalah dua Hal yang sakral dan sesegera bisa jadi terus diyakini dan dilaksanakan apa yang diperintahkan.


Kitab dan suhuf diberikan kepada Nabi atau Rasul

Kitab dan suhuf tidak diberikan kepada sembarang orang. Penerima kitab suci ini adalah Nabi dan Rasul pilihan yang telah ditempa dengan berbagai ujian dan lulus dengan nilai memuaskan. Mereka adalah hamba Allah yang salih, lurus dan hamba pilihan yang suci.

Sungguh, tidak ada intervensi sedikitpun dari para Nabi dan Rasul atas kemurnian kitab dan suhuf yang diterimanya.



4 Perbedaan Kitab dan Suhuf


Sudah mengetahui mengenai persamaan kitab dan suhuf bukan? Tentunya juga sudah mengetahui mengenai pengertian kitab dan suhuf juga? Kali ini materi inti dari artikel ini adalah mengenai perbedaan kitab dan suhuf jadi, ini dia adalah perbedaan antara kitab dan suhuf yang ada 4.


Perbedaan kitab dan suhuf adalah :

Perbedaan Secara Wujud

Perbedaan pertama antara kitab serta suhuf ialah dari segi wujud fisiknya. Empat kitab mulai dari Zabur, Taurat, Injil serta juga Al-Qur’an dibukukan dalam bentuk buku sehingga wujud fisiknya pun lebih tebal. sementara buat suhuf wujud fisiknya lebih tipis Karena cuma berbentuk lembaran-lembaran saja.


Perbedaan Kelengkapan

Perbedaan yang kedua dari kitab serta suhuf ialah dari segi kelengkapan isinya. Dalam kitab yang telah terbentuk dalam satu buku tersebutkan secara isi akan lebih lengkap serta mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Isi tersebut lengkap, berturut-turut serta berkesinambungan. lain hal dengan isi suhuf yang tentunya tak selengkap layaknya isi kitab serta cuma berisi ajaran-ajaran sederhana.


Perbedaan kewajiban Menyampaikan

Perbedaan yang ketiga antara kitab dan suhuf adalah dari segi kewajibannya untuk menyampaikan. Para Nabi dan Rasul yang memperoleh suhuf tidak wajib menyampaikan isi dari suhuf tersebut kepada umatnya sedangkan bagi para rasul yang memperoleh kitab wajib menyampaikan isi kitab tersebut kepada seluruh umatnya entah dengan cara apapun dan mendapatkan perlawanan yang bagaimanapun juga.


Perbedaan waktu Berlakunya

Perbedaan kitab serta suhuf yang terakhir ialah dari sisi waktu berlakunya. Suhuf yang cuma berwujud lembaran lazimnya berisi ajaran yang cuma berlaku buat masa serta umat terdefinisi jelas saja sehingga sifat serta waktu berlakunya relatif lebih pendek sementara buat kitab mempunyai waktu berlaku yang lebih lama serta daya jangkauannya pun lebih luas.


Nah secara lengkap telah kami sampaikan di atas mengenai pengertian kitab dan suhuf, persamaan kitab dan suhuf serta perbedaan kitab dan suhuf. Apalagi yang jadi pertanyaan kamu mengenai kitab dan suhuf dalam materi kali ini?


Secara ilmu, mungkin kalau kalian ada pertanyaan mengenai ini, ini adalah jawaban dari pertanyaan - pertanyaan yang mungkin kuat untuk menunjukan jawabannya!


Siapa Nabi Penerima Suhuf?


  • Nabi Idris yang memperoleh suhuf sebanyak 30. 
  • Nabi Syis yang memperoleh suhuf sebanyak 50. 
  • Nabi Ibrahim yang memperoleh suhuf sebanyak 10. 
  • Nabi Musa yang memperoleh suhuf sebanyak 10.

Oke, itu dia mengenai perbedaan kitab dan suhuf Nah mungkin ada pertanyaan sekilas mengenai kitab dan suhuf? Semoga paparan kami jelas ya. Untuk itu jika ada pertanyaan mengenai siapa nabi penerima suhuf terbanyak, suhuf adalah, kitab adalah, perbedaan suhuf dan kitab adalah, kamu akan dapat menjawabnya dengan benar. Sekian dari saya mengenai materi suhuf dan kitab semoga bermanfaat :)

Yang kamu cari :

  • apa perbedaan kitab dan suhuf
  • jelaskan perbedaan kitab dan suhuf
  • perbedaan antara kitab dan suhuf
  • persamaan dan perbedaan kitab dan suhuf
  • 3 perbedaan antara kitab dan suhuf
  • apa perbedaan antara kitab dan suhuf

Sumber : 
http://danperbedaan.blogspot.co.id/2016/04/perbedaan-kitab-dan-suhuf-islam.html
http://tanyatugas.com/perbedaan-kitab-dan-suhuf-dalam-agama-islam/
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Kitab dan Suhuf Secara Lengkap

0 komentar: