Perbedaan Cerpen dan Novel Paling Lengkap

Perbedaan Cerpen dan Novel - Dalam materi bahasa Indonesia mengenai bab cerpen ataupun bab novel. Kamu pasti ada tugas kan biasanya mengenai perbedaan cerpen dan novel. Banyak hal yang kamu harus tau. Apalagi kalau kamu adalah anak bahasa!

Materi bahasa Indonesia mengenai materi cerpen dan materi novel memang seringkali di jumpai anak sd, smp, ataupun sma. selain drama dan puisi, prosa merupakan salah satu bentuk karya sastra fiksi yang telah dikenal luas masyarakat Indonesia. 

Prosa merupakan karya sastra yang berupa tulisan naratif berisi unsur cerita seperti alur, penokohan, latar, tema, perwatakan, dan konflik. beberapa contoh prosa yang telah familiar dalam sastra Indonesia di antaranya adalah cerpen dan novel.


Perbedaan cerpen dan novel ternyata cukup banyak, bagi Anda yang ingin mengetahuinya secara jelas silakan simak ulasan berikut ini. Cerpen dan novel merupakan Hal yang sering dijumpai, keduanya sama-sama berisi cerita-cerita yang sebagian besar merupakan hiburan. 

Cerpen sendiri merupakan singkatan dari cerita pendek, berisi cerita-cerita yang hampir mirip dengan novel. Namun cerpen dan novel sendiri memiliki perbedaan yang cukup banyak. Ketahui perbedaannya tersebut dengan menyimak uraiannya berikut ini.


perbedaan cerpen dan novel


Apa Sih Perbedaan Cerpen dan Novel Itu?


Siapa yang belum tahu mengenai apa itu cerpen atau apa itu novel? Dalam konteks pendidikan dan pengetahuan biasanya yang ditanyai ialah pengertian cerpen dan pengertian novel. 

Sebelum membahas mengenai perbedaan antara cerpen dan novel alangkah lebih baik ketahuilah tentang pengertian dari cerpen maupun pengertian dari novel.


Novel

Novel dalam arti umum berarti cerita berbentuk prosa dalam ukuran yang luas yaitu cerita dengan plot dan tema yang kompleks, karakter yang banyak dan setting cerita yang beragam. Novel merenungkan dan melukiskan realitas yang dilihat, dirasakan dalam bentuk terdefinisi jelas dengan pengaruh terdefinisi jelas atau ikatan yang dihubungkan dengan tercapainya gerak-gerik hasrat manusia.

Novel memiliki ciri-ciri sebagai berikut :


  1. Menceritakan sebagian kehidupan yang luar biasa
  2. Terjadinya konflik hingga menimbulkan perubahan nasib
  3. Terdapat beberapa alur atau jalan cerita
  4. Terdapat beberapa insiden yang berikan pengaruh jalan cerita
  5. Perwatakan atau penokohan dilukiskan secara mendalam


Novel ialah suatu cerita dengan alur panjang mengisi satu buku atau lebih, yang mengarang kehidupan manusia, yang bersifat imajinatif, menceritakan kehidupan manusia hingga terjadinya konflik yang dapat menyebabkan perubahan nasib bagi para pelakunya.


Cerpen


Cerpen singkatan dari cerita pendek. Oleh karena itu bentuknya yang pendek, maka yang ditampilkan oleh cerpen hanyalah sebagian saja dari kehidupan yang dialami oleh tokoh kisah. 

Lalu Apa Perbedaan Cerpen dan Novel ?


Sudah tau mengenai pengertian cerpen dan novel? Disitu saya juga menambahkan materi mengenai ciri-ciri dari sebuah cerpen kan?


Lalu sekarang pertanyaan yang muncul apa perbedaan cerpen dan novel ? Hayo yang tahu harus dan wajib menjawabnya. Jadi, inilah dia perbedaan cerpen dan novel yang lagi kamu cari-cari dalam artikel cerpen dan novel ini.

Perbedaan Cerpen dan Novel


1. Perbedaan Alur


Perbedaan cerpen dan novel yang paling utama Berposisi pada alur ceritanya. Alur cerita cerpen umumnya sangat sederhana dengan gerak yang sempit dan terbatas. sementara alur cerita novel lebih memilih rumit dan sangat dinamis dengan ruang yang tak terbatas. Inilah yang menyebabkan kenapa cerpen memiliki jumlah kata yang jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah kata novel 

Jika dilihat dari alurnya, novel memiliki alur cerita yang lebih kompleks. Alur cerita dari novel lebih panjang, lebih rumit dan lebih luas. sedangkan cerpen memiliki alur cerita yang lebih sederhana dan ruang geraknya terbatas atau sempit.


2. Perbedaan Penokohan


Cerpen dan novel juga lain Perihal dari segi jumlah tokoh yang muncul di dalamnya. Dengan alur yang singkat dan sederhana, tokoh yang muncul dalam cerpen umumnya hanya beberapa saja. sementara dengan alur yang rumit, jumlah tokoh yang muncul pada cerpen umumnya lebih banyak dengan karakter dan perwatakan yang beraneka ragam.

Untuk novel, karakter dari tokohnya akan disampaikan secara mendetail. sedangkan karakter tokoh pada cerpen disampaikan yang penting saja atau tidak mendetail. tidak hanya itu, novel akan memunculkan tokoh yang lebih banyak dengan berbagai karakter. Kehidupan yang diceritakan bahkan dapat berupa masa kecil dari si tokoh sampai ia mati. sedangkan cerpen hanya menampilkan beberapa tokoh saja dan jalan ceritanya sangat singkat.


3. Perbedaan Latar


Perbedaan cerpen dan novel juga Berposisi pada latar ceritanya. Latar cerita dalam cerpen umumnya sangat sempit dan terbatas, dengan jumlah tidak lebih dari 10. sementara latar cerita dalam sebuah novel umumnya sangat banyak dengan jangkauan geografis yang luas 

Latar dari novel biasanya akan lebih luas dan juga dalam waktu yang cukup lama. sedangkan latar cerpen akan dilukiskan secara terbatas dan hanya sejenak.


4. Perbedaan Tema


Tema yang diangkat dalam cerpen dan novel juga lain Perihal. tema yang diangkat cerpen umumnya adalah masalah-masalah yang sederhana sehingga alurnya mudah ditebak. sementara tema yang diangkat dalam novel bisa lebih kompleks dan rumit.


5. Perbedaan Perwatakan


Setiap perwatakan yang diangkat dalam cerita pendek umumnya disebut secara jelas, singkat, dan langsung terarah. sementara perwatakan yang diangkat dalam novel umumnya disebut secara perlahan, sedikit demi sedikit pada setiap daerah kisah. Inilah mengapa novel umumnya lebih digemari oleh orang dewasa yang sudah memiliki wawasan luas, sementara cerpen lebih diperuntukan bagi remaja dan anak-anak.


6. Perbedaan Konflik

Cerpen umumnya hanya menelurkan satu konflik saja dengan satu titik klimaks. sementara novel bisa menelurkan banyak konflik dengan beberapa klimaks. Inilah yang membuat novel umumnya lebih disukai karena lebih asik dibaca sehingga pembacanya bisa larut ke dalam setiap konflik yang disajikan.


Novel menampilkan konflik yang tidak hanya terdiri dari satu konflik sehingga alurnya lebih terinci dan bercabang-cabang. sedangkan konflik pada cerpen hanya terdiri dari satu konflik saja, berpusat pada satu klimaks


Demikian perbedaan dari novel dan cerpen yang dapat Anda ketahui. Novel dan cerpen merupakan Hal yang sangat berbeda, dilihat dari berbagai sisi. Novel biasanya menampilkan konflik batin, namun tidak pada cerpen yang tidak sesegera bisa jadi terjadi konflik batin. cerita dapat disebut sebagai novel jika jumlah kata-katanya melebihi batas minimal yaitu 35 ribu kata. 

sedangkan cerpen biasanya hanya terdiri dari jumlah kata yang sedikit, maksimal hanya 10 ribu kata. untuk membaca novel dibutuhkan waktu yang lebih lama dibanding membaca cerpen. selain itu, masih banyak lagi perbedaan cerpen dan novel secara mendetail 

Nah, itulah beberapa perbedaan cerpen dan novel yang dapat kami jelaskan. Ternyata, setiap unsur yang terdapat dalam cerpen dan novel meski keduanya sama, tapi ternyata keduanya memiliki spesifikasi yang lain Perihal. Semoga bisa menambah wawasan ilmu sastra Anda

Yang kamu cari :

  • perbedaan cerpen dengan novel
  • pengertian cerpen dan novel
  • apa perbedaan cerpen dan novel
  • jelaskan perbedaan cerpen dan novel
  • persamaan dan perbedaan cerpen dan novel
  • sebutkan perbedaan cerpen dan novel


Sumber :
http://perbedaanterbaru.blogspot.co.id/2015/07/perbedaan-cerpen-dan-novel-secara.html
http://danperbedaan.blogspot.co.id/2016/05/perbedaan-cerpen-dan-novel.html
Post a Comment