Pengertian Sejarah : Pengertian Sejarah Secara Umum dan Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (lengkap)

Pengertian Sejarah : Pengertian Sejarah Secara Umum dan Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli - Pengertian Sejarah ialah kejadian yang berlangsung terhadap waktu lampau yang disusun didasarkan peninggalan-peninggalan beragam peristiwa. Peninggalan peninggalan itu dikatakan asal pati sejarah Dalam bahasa Inggris, kata sejarah dikatakan history, maknanya waktu lampau; waktu lampau umat manusia. Dalam bahasa Arab, sejarah dikatakan sajaratun (syajaroh), maknanya pohon serta keturunan. bila kita membaca silsilah raja-raja akan tampak layaknya gambar pohon dari sederhana serta berkembang menjadi besar, tersebutkan sejarah bisa diartikan silsilah keturunan raja-raja yang bermakna peristiwa pemerintahan keluarga raja terhadap waktu lampau.

PENGERTIAN SEJARAH

pengertian sejarah



Dalam bahasa Yunani, kata sejarah dikatakan istoria, yang bermakna belajar. Jadi, sejarah ialah ilmu pengetahuan yang menyidik jauh segala peristiwa, kejadian yang berlangsung terhadap waktu lampau dalam kehidupan umat manusia.

Dalam bahasa Jerman, kata sejarah dikatakan geschichte yang maknanya sebuah yang sudah terjadi, sebuah yang sudah berlangsung terhadap waktu lampau dalam kehidupan umat manusia. Adapun rujukan oleh Sartono Kartodirdjo, sejarah ialah rekonstruksi waktu lampau atau kejadian yang berlangsung terhadap waktu lampau.

Ada tiga aspek dalam sejarah, yaitu waktu lampau, waktu kini, serta waktu yang akan datang. waktu lampau dijadikan titik tolak buat waktu yang akan datang sehingga sejarah mengandung temuan mengenai nilai serta moral. 

Pada waktu kini, sejarah akan bisa dipahami oleh generasi penerus dari masyarakat yang terdahulu sebagai suatu cermin buat menuju kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara. 

Peristiwa yang berlangsung terhadap waktu lampau akan berikan kita gambaran mengenai kehidupan manusia serta kebudayaannya di waktu lampau sehingga bisa merumuskan kaitan Karena dampak mengapa suatu peristiwa bisa berlangsung dalam kehidupan tersebut, meskipun belum jelas saja tiap peristiwa atau kejadian akan terhitung dalam sejarah 

Sejarah terus berkesinambungan sehingga merupakan rentang peristiwa yang panjang. Oleh pasal itu, sejarah mencakup :

masa lantas yang dilukiskan didasarkan urutan masa (kronologis);ada kaitannya dengan Karena akibat;kebenarannya bersifat subjektif Karena masih perladanya studi lebih lanjut buat menelusuri kebenaran yang hakiki;peristiwa sejarah menyangkut waktu lampau, masakini, serta waktu yang akan datang.


Etimologi: Pengertian Sejarah

Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة, šajaratun) yang maknanya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah dikatakan tarikh (تاريخ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia maknanya kurang lebih ialah masa atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat terhadap bahasa Yunani yaitu historia yang bermakna ilmu atau orang pandai. setelah itu dalam bahasa Inggris menjadi history, yang bermakna waktu lantas manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut ialah Geschichte yang bermakna telah terjadi 

Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang digunakan dalam literatur bahasa Indonesia itu terkandung sebagian variasi, walaupun begitu, banyak yang menuturkan jikalau istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris diketahui dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang bermakna yang terjadi, serta bahasa Belanda diketahui gescheiedenis.

Istilah ini masuk dalam bahasa Inggris terhadap tahun 1390 dengan makna "hubungan kejadian, cerita". terhadap Bahasa Inggris Pertengahan, maknanya ialah "cerita" secara umum. Pembatasan pada arti "catatan peristiwa waktu lalu" timbul terhadap akhir abad ke-15. Saat itu masih dalam arti Yunani yang terhadap saat itu juga Francis Bacon memakaikan istilah tersebut terhadap akhir abad ke-16, ketika ia menulis mengenai "Sejarah Alam". baginya, historia ialah "pengetahuan mengenai objek yang ditentukan oleh ruang serta waktu", sehingga jenis pengetahuan disediakan oleh Ingatan (sementara Ilmu disediakan oleh akal, serta puisi disediakan oleh fantasi).

Menilik terhadap makna secara kebahasaan dari beragam bahasa di atas bisa ditegaskan jikalau pengertian sejarah menyangkut dengan masa serta peristiwa. Oleh pasal itu problem masa serius dalam menelisik satu peristiwa, tersebutkan para sejarawan lebih memilih mengatasi problem ini dengan bikin periodisasi.

Dalam sesuatu ekspresi linguistik sintetik vs. analitik / isolasi dikotomi, (史 vs. 诌) kini menunjuk kata yang lain hal buat sejarah manusia atau bercerita secara umum. Di Jerman, Perancis, serta beberapa bahasa Jermanik serta Romantis, kata yang setara masih dipakai buat penggunaan kata "sejarah" serta "cerita" kata sifat historical dibuktikan dari tahun 1661, serta historic dari tahun 1669.

Historian dalam pengartian sesuatu "Peneliti sejarah" dibuktikan dari tahun 1531. dalam seluruh bahasa Eropa, "sejarah" masih dipakai buat penggunaan kata "apa yang berlangsung dengan laki-laki", serta "studi ilmiah yang terjadi", arti yang terakhir kadang-kadang dibedakan dengan huruf kapital, "Sejarah", atau kata historiografi.


Pengertian Sejarah : Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian sejarah menurut JV. Bryce

Sejarah ialah catatan dari apakah yang sudah dipikirkan, dikatakan, serta diperbuat oleh manusia 


Pengertian sejarah menurut WH. Walsh
Sejarah itu menitikberatkan terhadap pencatatan yang bermakna serta serius saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan serta pengalaman-pengalaman manusia terhadap waktu lampau terhadap hal-hal yang serius sehingga merupakan kisah yang berarti.


Pengertian sejarah menurut Patrick Gardiner
Sejarah ialah ilmu yang menyidik jauh apakah yang sudah diperbuat oleh manusia.

Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani
Ilmu sejarah ialah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti serta menyelidiki secara sistematis keseluruhan pernyebaran masyarakat dan kemanusiaan terhadap waktu lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud buat setelah itu menilai secara kritis semua result penelitiannya tersebut, buat selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian serta penentuan kondisi kini dan arah sistem waktu depan.

Pengertian sejarah menurut Moh. Yamin
Sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas result penyelidikan sebagian peristiwa yang bisa dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun (1332–1406)
Sejarah didefinisikan sebagai catatan mengenai masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang berlangsung terhadap watak/sifat masyarakat itu 

Pengertian sejarah menurut R. Moh. Ali
Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:

Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita Cerita mengenai perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, serta atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.


PENGERTIAN SEJARAH DAN PRASEJARAH

Dulu, studi mengenai sejarah terbatas terhadap studi atas catatan tertulis atau sejarah yang diceritakan. Akan tetapi, seiring dengan pertumbuhan hitungan akademik profesional dan penjawantah cabang ilmu pengetahuan yang baru sekitar abad ke-19 serta 20, terkandung pula informasi sejarah baru. Arkeologi, antropologi, serta cabang-cabang ilmu sosial lainnya terus membagikan informasi yang baru, dan memberi pilihan teori-teori baru mengenai sejarah manusia. Banyak ahli sejarah yang bertanya: apa cabang-cabang ilmu pengetahuan ini diantaranya dalam ilmu sejarah, pasal studi yang dilaksanakan tak semata-mata atas catatan tertulis? sesuatu istilah baru, yaitu nirleka, dikemukakan. Istilah "prasejarah" dipakai buat mengelompokkan cabang ilmu pengetahuan yang meneliti periode sebelum ditemukannya catatan sejarah tertulis.

Pada abad ke-20, pemisahan antara sejarah serta prasejarah mempersulit studi. Ahli sejarah masa itu mencoba meneliti lebih dari sekadar narasi sejarah politik yang biasa mereka gunakan. Mereka mencoba meneliti memakaikan pendekatan baru, layaknya pendekatan sejarah ekonomi, sosial, serta budaya. Semuanya memerlukan bermacam-macam asal pati. Di samping itu, ahli prasejarah layaknya Vere Gordon Childe memakaikan arkeologi buat memaparkan banyak kejadian-kejadian serius di tempat-tempat yang kebiasaannya diantaranya dalam lingkup sejarah (dan bukan prasejarah murni). Pemisahan layaknya ini juga dikritik pasal mengesampingkan sebagian peradaban, layaknya yang diciptakan di Afrika Sub-Sahara serta di Amerika sebelum kehadiran Columbus.

Akhirnya, secara perlahan-lahan sepanjang sebagian dekade belakangan ini, pemisahan antara sejarah serta prasejarah beberapa besar sudah dihilangkan.Sekarang, tak adanya yang tahu pasti kapan sejarah dimulai. Secara umum sejarah dikenal sebagai ilmu yang menyidik jauh apakah saja yang dikenal mengenai waktu lantas umat manusia (walau telah hampir tak adanya pemisahan antara sejarah serta prasejarah, adanya bidang ilmu pengetahuan baru yang diketahui dengan Sejarah Besar). sekarang sumber-sumber apakah saja yang bisa dipakai buat mengenali mengenai sebuah yang berlangsung terhadap waktu lampau (misalnya: sejarah penceritaan, linguistik, genetika, serta lain-lain), diterima sebagai asal pati yang sah oleh keseringan ahli sejarah.

Itulah merupakan artikel mengenai pengertian sejarah semoga bermanfaat. Dan kamu mungkin juga mencari artikel : pengertian sejarah berdasarkan etimologi, pengertian sejarah dan prasejarah, pengertian sejarah ilmu, pengertian sejarah indonesia, pengertian sejarah menurut bahasa, pengertian sejarah menurut para ahli, pengertian sejarah sebagai ilmu, pengertian sejarah sebagai peristiwa, pengertian sejarah secara etimologi, pengertian sejarah secara umum

http://umum-pengertian.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-sejarah-secara-umum-adalah.html
http://sejarah10-jt.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-sejarah.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah
Post a Comment