Pengertian Manajemen Secara Lengkap

Pengertian Manajemen -  Kali ini saya akan membahas mengenai pengertian manajemen. Yang mana semoga dapat membantu kalian anak manajemen atau bahkan orang umum memahami dan mengetahui tentang manajemen.

Pengertian manajemen atau definisinya secara umum jelas jelas memiliki banyak sudut pandang dan persepsi. Namun dalam Hal visi dan tujuannya, kesemua pengertian tersebut akan mengerucut kepada satu hal, yaitu pengambilan keputusan.

Pengertian Manajemen yang seringkali kita dengar dalam keseharian kita, sejatinya bermakna seni dalam mengelola dan memanage. Seni tersebut menjadi krusial dalam rangka menjaga kestabilan sebuah entitas bisnis atau perusahaan dan organisasi.

Pengertian Manajemen rujukan oleh definisi beberapa para ahli yang telah kami simpulkan dan kami nyatakan Pengertian Manajemen Secara Umum. Pengertian Manajemen adalah suatu seni dalam ilmu dan proses pengorganisasian seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan. 

Dalam pengertian manajemen sebagai seni karna seni berfungsi dalam mengujudkan tujuan yang nyata dengan hasil atau manfaat sedangkan manajemen sebagai ilmu yang berfungsi menerangkan fenomena-fenomena, kejadian sehingga memberikan penjelasan yang sesungguhnya.

Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu "Manage" yang berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. sedangkan Pengertian Manajemen secara etimologis adalah seni melaksanakan dan memanage. Pengertian manajemen juga dipandang sebagai disiplin ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan organisasi dalam upaya bersama dengan sejumlah orang atau asal pati milik organisasi. Orang yang melakukan manajemen disebut dengan manajer.


pengertian manajemen
PENGERTIAN MANAJEMEN

Apa Sih Pengertian Manajemen Itu ?


Manajemen adalah skill atau kemampuan dalam berikan pengaruh orang lain agar mau melakukan sesuatu untuk kita. Manajemen memiliki kaitan yang sangat erat dengan leader atau pemimpin. pasal pemimpin yang sebenanrnya adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk menjadikan orang lain lebih dihargai, sehinnga orang lain akan melakukan segala keinginan sang pimpinan 

Namun apakah ruang lingkup manajemen terbatas pada kepemimpinan semata?

Tentu saja tidak. karena kepemimpinan hanyalah daerah dari manajemen. Sebagaimana yang saya sebutkan di atas bahwa manajemen adalah seni dalam mengelola. sebuah seni tentunya tidak hanya memasang satu metode semata. metode yang digunakan haruslah banyak untuk sehabis itu menjadikannya sebagai seni yang bernilai tinggi. Begitu pula dengan manajemen. untuk menata sebuah sistem diperlukan manajemen yang handal agar sistem tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya.


Pengertian Manajamen Berdasarkan Etimologi


Secara bahasa atau etimologi manajemen disadur dari bahasa Perancis kuno yaitu ménagement yang artinya adalah seni melaksanakan serta memanage. Dari asal usul katanya saja sudah dapat kita terka bahwa sebenarnya manajemen adalah sebuah seni. Mengapa seni? Simple, karena jika kita sudah memasuki dunia manajemen maka kita akan menemukan keindahannya. Bukankah seni itu indah?

Lalu dimana letak keindahannya? Memang, seni itu relatif. tapi kita memiliki asumsi yang sebanding bahwa apapun yang teratur, rapi, dan terstruktur itu indah. Sebagai contoh sederhananya saja adalah ranting pohon 

Ranting pohon itu menjalar tumbuh tidak teratur, tetapi ketidak teraturannya itu teratur sehingga tercipta suatu keindahan. contoh lainnya adalah corak batik. kebanyakan corak batik itu “hanya” seperti goresan gambar yang tak berpola. Tetapi, ketidak teraturan dalam corak batik itu teratur sehingga terbentuklah suatu keindahan atau “seni”.

Lalu apa hubungannya dengan manajemen? Ingat definisi diatas, manajemen itu bertujuan untuk memanage. Logikanya manajemen ada untuk mengatur sesuatu yang belum teratur. ataupun mencari keteraturan dalam suatu ketidak teraturan sehingga terciptanya sebuah pola yang baru.


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


“Manajemen adalah suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain” Mary Parker F 
“Manajemen ialah wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya”. George R. Terry

“Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usahda dari anggota entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua asal pati daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan” Stoner
Pengertian manajemen rujukan oleh Lawrence A. Appley adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain. 
Pengertian manajemen Wilson Bangun adalah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya. Pengertian manajemen rujukan oleh Koontz, mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu yang mendasarinya 
Pengertian manajemen rujukan oleh Encylopedia of the Social Science, mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah suatu proses yang pelaksanaan tujuan terdefinisi jelas diselenggarakan dan diawasi. 

Itulah beberapa pengertian manajemen menurut para ahli secara lengkap telah kami sajikan. Sebagai tambahan atau pelengkap dari definisi manajemen maka akan kami sajikan mengenai beberapa fungsi manajemen yang telah terangkum sebagai berikut. 


Fungsi Manajemen


Secara umum fungsi manajemen terbagi menjadi 4 macam, yaitu

Fungsi Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah proses untuk menetapkan tujuan dan visi organisasi (perusahaan) sebagai langkah awal berdirinya sebuah organisasi. fungsi perencanaan identik dengan penyusunan startegi, standar, dan serta arah dan tujuan dalam mencapai tujuan perusahaan 


Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian berhubungan dengan kaya gimana mengatur asal pati daya baik manusia maupun fisik agar tersusun secara sistematis berdasarkan fungsi nya masing-masing. Dengan kata lain, fungsi organizing ini lebih menekankan pada kaya gimana mengelompokan orang dan asal pati daya agar menyatu 


Fungsi Pengarahan (Directing)

Fungsi manajemen dalam Hal pengarahan lebih menekankan pada upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja dengan optimal. Mulai dari pemberian bimbingan kerja, motivasi, penjelasan tugas rutin, dan lain sebagainya 


Fungsi Pengendalian (Controlling)

Fungsi pengendalian lebih fokus pada evaluasi dan penilaian atas kinerja yang selama ini telah dilakukan dan berjalan. fungsi pengendalian akan melihat apakah terdapat suatu hambatan atau tidak dalam proses mencapai tujuan organisasi.


Nah itulah tadi mengenai pengertian manajemen semoga bermanfaat dengan tambahan dari fungsi manajemen ya. Dan mungkin juga kamu mencari : pengertian manajemen menurut para ahli, pengertian manajemen secara umum, pengertian manajemen adalah


Sumber :
http://rocketmanajemen.com/pengertian-manajemen/
http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-manajemen-fungsi-manajemen.html
Post a Comment