Pengertian Budaya Secara Singkat dan Lengkap

Pengertian Budaya - Pengertian Budaya adalah materi yang akan kami jadikan artikel untuk ini. Dimana sebuah materi yang sedikit menyinggung budaya yang ada di Indonesia. Dalam hal ini budaya sendiri memiliki banyak dan beberapa arti. Yang mana, mungkin kamu bisa jadikan suatu pembelajaran tentang pendidikan budaya.

Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang pengertian budaya, apa itu budaya, definisi seni budaya, ciri ciri budaya, unsur budaya, contoh budaya, fungsi budaya baik secara umum maupun pengertian budaya rujukan oleh para ahli.

Secara umum pengertian budaya adalah cara hidup yang mengatur agar setiap manusia mengerti dan memahami kaya gimana mereka sesegera bisa jadi bertindak, berlaku, berbuat, menentukan sikap saat berhubungan dengan orang lain.

Budaya berasal dari bahasa inggris yaitu "culture" yang memiliki arti yang sebanding dengan kebudayaan.

Budaya sebanding artinya juga dengan kata "colere" yang berasal dari bahasa latin yang artinya yang mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau petani.

Kata budaya juga diambil dari bahasa sanskerta yaitu buddayah yang merupakan kata jamak dari buddhi yang artinya budi atau akal.

Pengertian Budaya adalah cara hidup yang dapat berkembang secara bersama dalam suatu kelompok masyarakat secara turun temurun dari saru generasi ke generasi berikutnya dimana budaya terbentuk dari beberapa unsur yaitu sistem politik, adat istiadat, agama, bahasa, pakaian, perkakas, karya seni dan karya bangunan.


pengertian budaya
PENGERTIAN BUDAYA

Apa Sih Pengertian Budaya Itu ?


Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berhubungan dengan budi, serta akal manusia.

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan dikatakan culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. dapat diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga terkadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Pengertian Budaya adalah mengatur agar manusia dapat mengerti kaya gimana seharusnya bertindak, berbuat, menentukan sikapnya kalau mereka berhubungan dengan orang lain. Istilah Budaya berasal dari kata Culture yang merupakan istilah bahasa asing yang sebanding artinya dengan kebudayaan, berasal dari kata latin “colere” yang berarti mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau petani.

Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan pada keperluan masyarakat 

Cipta merupakan kemampuan mental, kemampuan berpikir dari orang-orang yang hidup bermasyarakat dan antara lain menghasilkan filsafat serta ilmu pengetahuan, baik yang berwujud murni, maupun yang telah disusun untuk langsung diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Rasa dan Karsa dinamakan kebudayaan rohaniah (spritual dan immaterial culture).

Dalam konteks ini, hasil rasa masyarakat mewujudkan norma-norma dan nilai-nilai kemasyarakatan yang sangat perlu untuk mengadakan tata tertip dalam pergaulan kemasyarakatan. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi dari kekuatan-kekuatan yang buruk yang tersembunyi dalam masyarakat. Dengan demikian, hakikatnya penciptaan norma-norma dan kaidah-kaidah adalah merupakan petunjuk-petunjuk tentang kaya gimana manusia sesegera bisa jadi bertindak dan berlaku di dalam pergaulan hidup.

Oleh karena itu, setiap masyarakat terdapat apa dinamakan pola-pola perilakuan (pattern of behavior). Pola-pola perilakuan tersebut adalah cara-cara bertindak atau berkelakuan yang sebanding alih alih orang-orang yang hidup bersama dalam masyarakat yang sesegera bisa jadi diikuti oleh semua anggota masyarakat tersebut. Pola perilakuan masyarakat sangat dipengaruhi oleh kebudayaannya.


Apa Saja Macam Pengertian Budaya ?


Dalam sebuah kategori pengertian budaya, terbagi menjadi beberapa macam untuk pengertian budaya itu sendiri. Banyak hal yang menjadikan pengertian budaya sebagai opini pribadi. Simak kutipan mengenai penjelasan definisi budaya dari berbagai macam sumber.


Definisi Budaya Menurut Wikipedia

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, salah satu sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. 

Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan daerah tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang lebih memilih menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang lain Perihal budaya, dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar, dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Beberapa Karena mengapa mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya: Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri"Citra. yang memaksa" itu mengambil bentuk-bentuk lain Perihal dalam berbagai budaya seperti "individualisme kasar" di Amerika, "keselarasan individu dengan alam" di Jepang dan "kepatuhan kolektif" di Tiongkok.

Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.

Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.


Pengertian Budaya Menurut Beberapa Ahli

Pengertian budaya menurut Edward Burnett Tylor yang mengungkapkan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah keseluruhan dari yang rumit atau kompleks yang dalam telah terkandung kesenian, moral, adat istiadat, hukum, kepercayaan, pengetahuan dan berupa kemampuan-kemampuan yang lain yang diterima dari seseorang yang menjadi anggota masyarakat.

Pengertian Budaya atau kebudayaan menurut C. Kliucckhohn yang menyatakan bahwa pengertian budaya adalah suatu sistem mata pencaharian hidup, sistem teknologi dan peralatan, sistem pengetahuan, sistem kesenian, bahasa, religi, upacara keagamaan dan sistem organisasi masyarakat.

Pengertian budaya atau kebudayaan menurut Andreas Eppink yang menyatakan bahwa penegrtian budaya atau kebudayaan adalah sesuatu yang mengandung bentuk dari seluruh pengertian tentang nilasi sosial, ilmu pengetahuan, norma sosial serta keseluruhan dari struktur-struktur sosial, religius dan lain-lainnya, serta mengandung segala pernyataan intelektual dan artisitk yang menjadi ciri khas dari suatu masyarakat.

Pengertian budaya atau kebudayaan menurut oleh Prof. Dr. Koentjoroningrat yang menyatakan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah keseluruhan pada sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya dari manusia didalam rangka berkehidupan bermasyarakat yang telah dijadikan sebagai miliki diri manusia dengan belajar. Hal itu berarti bahwa jelas jelas hampir dari seluruh tindakan manusia merupakan kebudayaan karena hanya sedikit dari tindakan manusia didalam rangka kehidupan bermasyarakat yang tidak butuh dibiasakan dengan melakukan belajar, seperti refleks, tindakan naluri, beberapa adanya tindakan akibat dari proses fisiologi, atau perilaku jika dia sedang membabi buta. Bahkan tindakan manusia itu merupakan suatu kemampuan naluri yang sudah terbawa oleh makhluk manusia yang didalam gennya secara bersama seperti minum, berjalan dan makan, dan juga dirombak olehnya menjadi suatu tindakan yang berkebudayaan 

Pengertian budaya atau kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara yang mengungkapkan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah suatu buah budi manusia yang berasal dari hasil perjuangan manusia terhadap adanya dua pengaruh yang kuat yaitu zaman (kodrat dan masyarakat) dan alam yang merupakan suatu bukti dari kejayaan hidup manusia untuk bisa mengatasi segala macam rintangan dan kesukaran yang ada didalam hidup dan penghidupannya yang berguna untuk mencapai suatu kebahagiaan dan keselamatan yang pada lahirnya telah bersifat damai dan tertib.

Pengertian Budaya atau kebudayaan menurut Malinowski yang menyebutkan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah yang prinsipnya berdasar atas segala bentuk sistem dari kebutuhan manusia. pada setiap tingkat kebutuhan tersebut menghadirkan suatu corak budaya yang begitu khas. Semisal, berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia akan hidup keselamatannya maka timbullah kebudayaan yang berupa suatu perlindungan yaitu seperangkat budaya dalam bentuk yang terdefinisi jelas semisal lembaga kemasyarakatan 

Pengertian budaya atau kebudayaan menurut EB. Taylor didalam bukunya “Primitive Culture” menyatakan bahwa pengertian budaya atau kebudayaan adalah sebuah satu kesatuan atau jalinan yang rumit yang mencakup kesenian, hukum, susila, adat-istiadat, pengetahuan dan kesanggupan-kesanggupan yang lainnya yang telah diperoleh dari seseorang sebagai suatu anggota masyarakat 

Pengertian budaya atau kebudayaan menurut Alfred G Smith yang mengungkapkan bahwa pengertian budaya adalah suatu kode yang telah kita pelajari secara bersama dan untuk Hal itu dibutuhkan adanya komunikasi. Komunikasi tersebut membutuhkan adanya pengkodean dan simbol-simbol yang mesti ditelisik. Godwin C Chu telah mengatakan bahwa setiap pola budaya dan pada setiap tindakan tersebut telah melibatkan komunikasi. untuk bisa dipahami maka keduanya mesti dipelajari secara bersama setara. Budaya tidak akan bisa terpahami dengan tak kita menyidik jauh komunikasi dan komunikasi tersebut hanya bisa terpahami dengan kita bisa memahami budaya yang menjadi pendukungnya.


Itulah beberapa pengertian budaya menurut beberapa ahli.


Macam - Macam Kebudayaan 


Inilah macam-macam budaya atau kebudayaan yang sesegera bisa jadi kita ketahui yang ada didunia yakni:

Menurut Roy T. Cogdell dan KS. Sitaram telah membagi kebudayaan dunia dalam lima kategori  :

  • Kebudayaan Timur yang telah didominasi Hindu dan Buddha
  • Kebudayaan orang kulit hitam amerika
  • Kebudayaan Afrika
  • Kebudayaan Barat (orang kaukasia yang sudah tinggal di Eropa dan Amerika)
  • Kebudayaan Islam


Ciri - Ciri Budaya


Inilah ciri ciri budaya yang mesti diketahui, Hal tersebut perlu untuk menjadi tanda bahwa itulah yang disebut sebagai budaya atau kebudayaan.

  1. Budaya itu bukan bawaan akan tetapi dipelajari
  2. Budaya bisa disampaikan dari seseorang ke seseorang yang lain, dari suatu kelompok kepada kelompok yang lain dan dari sebuah generasi kepada generasi selanjutnya.
  3. Budaya meletakkan dirinya lewat simbol
  4. Budaya itu memiliki sifat dinamis, suatu sistem yang akan terus berubah disepanjang masa 
  5. Budaya itu bersifat selektif, yang merepresentasikan segala pola perilaku dari pengalaman manusia yang jumlahnya itu terbatas
  6. Adanya berbagai macam unsur budaya yang saling berkaitan 
  7. Etnosentrik (menganggap bahwa budaya itu sendiri sebagai sesuatu yang terbaik atau standar untuk dapat menilai budaya yang lain) 
  8. Unsur-unsur budaya yakni adanya suatu perilaku-perilaku tertentu, adanya gaya berpakaian, adanya kebiasaan-kebiasaan, adanya adat istiadat, adanya kepercayaan dan adanya tradisi.


Fungsi Kebudayaan


Fungsi kebudayaan yang paling utama yakni untuk dapat menyidik jauh warisan yang berasal dari nenek moyang kita, apakah warisan itu baik untuk dipertahankan atau mesti diperbaharui atau mesti kita tinggal ketika itu menghancurkan.

Budaya dan unsur-unsur yang terdapat didalamnya itu terikat oleh waktu dan bukanlah menjadi kuantitas yang statis. Budaya akan tetap berubah, seberapa lamban pun dari perubahan tersebut. kecepatan atau kelambanan perubahannya itu antara lain bergantung dari seberapa jauh kekuatan dari kebudayaan tersebut dan seberapa besar intensitas interaksinya terhadap budaya lainnya. Suatu budaya atau kebudayaan yang tak kuat (sebagai minoritas semisalnya atau komunitas yang memiliki percaya diri yang kurang karena sudah pernah dijajah oleh bangsa yang lain atau yang sering berinteraksi dengan kebudayaan yang lain dimana kebudayaan tersebut lebih kuat, dominan dan maju itu akan cepat mengalamai perubahan karena disebabkan pengaruh budaya luar.

Hal ini bisa kita lihat dari Budaya Indonesia yang senantiasa cepat mengalami perubahan karena telah dipengaruhi oleh adanya budaya barat. sehabis itu bila dibalik komunitas budaya yang memiliki intensitas komunikasi yang sedikit dengan pengaruh budaya luar itu akan senantiasa lambat terjadi perubahan, seperti yang telah ditunjukkan pada budaya suku eskimo yang ada di kutub utara, Suku Amish yang berasal dari Amerika, Suku aborigin yang ada di Australia dan Budaya Suku Baduy yang ada didalam jawa Barat.


Manfaat Budaya Yang Beragam


Promotes nilai-nilai kemanusiaan 

Ketika suatu organisasi memiliki sekelompok karyawan milik beragam budaya, Hal ini menunjukkan bahwa organisasi mengakui dan merayakan dan memperingati keragaman yang ada pada orang dari latar belakang yang lain Perihal. Ini membuat orang-orang organisasi berpikir bahwa nilai mereka dan kontribusi layak sedang direalisasikan oleh organisasi dan manajemen.

Improves produktivitas dan profitabilitas 

Terlepas dari nilai-nilai kemanusiaan, keragaman budaya juga membawa beberapa manfaat nyata kepada bisnis di seluruh dunia. Persuasi aktif keragaman di tempat kerja langsung dampak produktivitas dan profitabilitas organisasi serta karyawan. ada peningkatan produktivitas pekerjadan profitabilitas bagi organisasi.

Helps untuk membuat kolam bakat 

Ketika organisasi berinvestasi dalam keragaman, hasil dalam penciptaan kolam bakat yang lebih besar. Ini adalah terhadap masa win-win baik bagi karyawan dan organisasi. Pertukaran karyawan dan belajar setiap otherâ ¼  positif dan kompetensi. seperti kolam bakat menyediakan organisasidengan keunggulan kompetitif, yang membantu untuk kemajuan dalam lingkungan yang besar dan kompetitif.

Exchange ide-ide inovatif

Ketika sebuah organisasi terdiri dari orang dengan berbagai latar belakang, budaya dan pengalaman, ide-ide kreatif dan inovatif baru menopang dalam pikiran orang yang lain Perihal. Ituwajar bahwa orang-orang dengan berbagai pengalaman dan perspektif dalam hidup akan mampumenghasilkan ide-ide unik dan solusi untuk masalah. Ini adalah nilai besar untuk keduaorganisasi dan karyawan. Pertukaran dinamis seperti yang terjadi antara orang yang memiliki persepsi yang lain Perihal menghasilkan hasil yang kreatif. terhadap masa seperti ini pernah dibuat dalamkelompok orang yang berpikir sebanding dan milik budaya mirip.

Other manfaat keanekaragaman

Banyak studi yang berkaitan dengan perilaku organisasi menyimpulkan bahwa mempromosikankeragaman budaya mengurangi tingkat ketidakhadiran, perputaran karyawan yang lebih rendah,mengurangi biaya yang berkaitan dengan perekrutan karyawan baru dan mengurangi tanggung jawab hukum dalam gugatan diskriminasiDalam. dunia persaingan, di mana keragaman budaya memiliki begitu banyak faedah.


Unsur - Unsur Kebudayaan


Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:

Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:

  • alat-alat teknologi
  • sistem ekonomi
  • keluarga
  • kekuasaan politik
Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:

  • sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sebanding antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
  • organisasi ekonomi
  • alat-alat, dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
  • organisasi kekuatan (politik)
C. Kluckhohn mengemukakan ada 7 unsur kebudayaan secara universal (universal categories of culture) yaitu:

  • bahasa
  • sistem pengetahuan
  • sistem tekhnologi, dan peralatan
  • sistem kesenian
  • sistem mata pencarian hidup
  • sistem religi
  • sistem kekerabatan, dan organisasi kemasyarakatan
Itulah merupakan pengertian budaya secara lengkap dijelaskan mengenai budaya.
Post a Comment