LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Pengertian Bangsa Paling Lengkap

Pengertian Bangsa - Tepat di hari ini, saya cinta Indonesia akan memberikan ulasan dan memberitahukan mengenai artikel yang akan saya bahas dengan judul pengertian bangsa semoga dalam penyampaian anda paham dan dapat mengerti dengan baik. 

Pengertian Bangsa itu apa sih? Bangsa ialah sekolompok manusia yang mempunyai persamaan tertenu dan mempunyai keinginan untuk menjadi satu. Secara singkat bangsa bisa diartikan seperti itu. Bangsa merupakan materi pertama yang bakal sobat jumapi jika belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMA. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menghadirkan sebuah penjelasan mengenia pengertian bangsa, unsur-unsur dan terbentuknya bangsa. 

Negara atau bangsa? Kedua kata tersebut sering kali kita dengar, biasanya kedua kata tersebut ditambahi dengan Indonesia sehingga menjadi bangsa Indonesia atau negara Indonesia. Kedua kata tersebut bagi orang awam dapat jadi dianggap memiliki arti yang sama, padahal keduanya adalah sesuatu yang lain Perihal. Negara merupakan suatu organisasi yang terarur dan memiliki kekuasan hukum yang dapat mengatur masyarakat, sementara bangsa merupakan sekumpulan masyarakat terdefinisi jelas yang memiliki ciri khas terdefinisi jelas. 

Ada juga yang mengatakan bahwa bangsa merupakan sekelompok orang atau individu yang menempati wilayah. sedangkan negara merupakan sekolompok orang dalam jumlah yang banyak yang menempati wilayah dan memiliki kedaulatan atau kekuasaan untuk mengatur orang yang ada di wilayah tersebut. Negara itu kedudukannya lebih tinggi dibandingkan dengan bangsa, karena negara akan mengatur segala tindakan yang dilakukan bangsanya.

Istilah bangsa dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang memiliki identitas, budaya, adat, serta ideologi yang sama, sedangkan istilah negara dapat diartikan sebagai wadah organisasi yang digunakan untuk menampung dan melayani bangsa – bangsa yang ada di dalamnya. Contonya Padang, Jawa, Batak, Papua, Melayu (merupakan bangsa) dan Indonesia (merupakan negara).

Hingga saat ini, sudah ada banyak sekali ahli di bidang sosial yang mencoba untuk mendefenisikan arti kata bangsa, seperti beberapa contohnya adalah sebagai berikut.


pengertian bangsa
via.learniseasy.com



Pengertian Bangsa Secara Lengkap


Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap Nasional memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, dan sejarah. Mereka umumnya dianggap memiliki asal usul keturunan yang setara.

Istilah bangsa memiliki berbagai makna dan pengertian yang berbeda-beda. Bangsa merupakan terjemahan dari kata ”nation” (dalam bahasa Inggris). Kata nation bermakna keturunan atau bangsa. Seiring perkembangan zaman, maka pengertian bangsa juga mengalami pernyebaran. pada awalnya bangsa hanya diartikan sekelompok orang yang dilahirkan pada tempat yang setara.

Nation dalam bahasa Indonesia, diistilahkan bangsa, yaitu orang-orang yang bersatu karena kesamaan keturunan. Sebaliknya, dalam arti bahasa Inggris dapat dicontohkan seperti wangsa, trah (Jawa), dan marga (Batak), misalnya wangsa Syailendra, trah Mangkunegara, marga Sembiring. Mereka menjadi satu bangsa karena berasal dari keturunan yang setara.


Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Ini dia merupakan beberapa pengertian menurut para ahli :

1. Pengertian Bahasa Menurut Otto Bauer
Dalam buku "the Austrians: A Thousand-year Oddessey" karangan Gordon (1996), Otto Bauer mengatakan bahwa bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter atau perangai yang timbul karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh dan berkembang bersama dangsa tersebut.
2. Pengertian Bahasa Menurut Ernest Renant
Dalam bukunya yang berjudul "La Reforme Intellectuelle et Morale" (1929), Ernest Renanat berpendapat bahwa bangs adalah kesatuan jiwa. Jiwa yang mengandung kehendak untuk bersatu, orang-orang merasa diri satu dan mau bersatu. Dalam istilah Prancis, bangsa adalah Ledesir d'etre. ensemble. Bangsa dapat terdiri atas ratusan, ribuan, bahkan jutaan manusia, tetapi sebenarnya merupakan kesatuan jiwa. Apabila semua manusia yang hidup di dalamnya mempunyai kehendak untuk bersatu maka sudah merupakan satu bangsa 
3. Pengertian Bahasa Menurut Hans Kohn
Menurut Hans Kohn dalam bukunya "Nationalism and Liberty: The Swiss Example" (1966), bangsa diartikan sebagai hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah dan karena itu selalu bergelombang dan tak pernah membeku. Suatu bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam dan tidak bisa dirumuskan secara eksak. kebanyakan bangsa memiliki beberbagai faktor obyek terdefinisi jelas yang membedakannya dengan bangsa lain. Faktor-faktor itu berupa persamaan keturunan, wilayah, bangsa, adat istiadat, kesamaan politik, perasaan, dan agama 
4. Pengertian Bahasa Menurut Jalobsen dan Lipman
Menurut Jalobsen dan Lipman dalam buku "Politics: Individual and State" karya Robert Wesson (1998), bangsa adalah suatu kesatuan budaya (cultural unity) dan satu kesatuan politik (political unity). Dari beberapa pengertian bangsa oleh beberapa orang ahli yang satu dengan lainnya lain Perihal. Hal ini disebabkan oleh sudut padnang mereka yang lain Perihal pula.
5. Pengertian Bahasa Menurut Lothrop Stoddard
Bangsa, nation, natie adalah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sejumlah orang yang cukup banyak, bahwa mereka merupakan suatu bangsa. Ia merupakan suatu perasaan memiliki secara bersama sebagai suatu bangsa 
6. Pengertian Bahasa Menurut Ir. Soekarno
Bangsa adalah segerombolan manusia yang besar, keras ia mempunyai keinginan bersatu, le desir d’etre ensemble (keinginan untuk hidup bersama), keras ia mempunyai character gemeinschaft (persamaan nasib/karakter), persamaan watak, tetapi yang hidup di atas satu wilayah yang nyata satu unit.
7. Pengertian Bahasa Menurut Ben Anderson
Bangsa merupakan komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya serta berdaulat.
 8. Pengertian Bahasa Menurut F.Ratzel
Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya (paham geopolitik).


PENGERTIAN BANGSA SECARA UMUM

Bangsa merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu "nation" yang mana berasal dari bahasa latin "natio" yang artinya adalah sesuatu telah lahir, bisa dimaknai sebagai keturunan. Bangsa merupakan sekelompok orang yang Berada dalam satu keturunan. 


Pengertian Bangsa Menurut SOSIOLOGIS / ANTROPOLOGIS

Definisi bangsa menurut sosiologis adalah persekutuan hidup yang disatukan oleh adanya kesamaan sejarah, keturunan, tradisi, kepercayaan, budaya dan basa. Kumpulan orang yang saling membutuhkan dan bekerja sebanding dalam rangka mencapai tujuan dalam suatu wilayah tertentu, itulah yang disebut dengan persekutuan hidup 


Pengertian Bangsa Menurut POLITIS

Dalam pengertian politik, bangsa adalah suatu masyarakat dalam suatu daerah yang sebanding dan mereka tunduk kepada kedaulatan negaranya sebagai suatu kekuasaan teringgi keluar dan kedalam, bangsa diikat oleh sebuah organisasi kekuasaan / politik, yaitu negara beserta pemerintahnya, serta di ikat oleh satu kesatuan wilayah nasional, hukum, perundang-undangan yang berlaku.


Pengertian Bangsa Menurut KBBI

Berdasarkan yang tertulis dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bangsa memiliki arti sebagai orang-orang yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejasejarah serta berpemerintahan sendiri.


Faktor - Faktor Pembentukan Bangsa

Sebuah bangsa biasanya hanya bisa terbentuk ketika beberapa faktor di bawah ini telah terpenuhi :

Primordial

Faktor pembentuk bangsa yang pertama adalah primordial. Primordial merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kesamaan dalam berbagai macam bidang seperti kesamaan dalam Hal budaya, kesamaan dalam Hal bahasa, kesamaan dalam Hal adat istiadat, kesamaan dalam Hal suku bangsa, dan ikatan kekerabatan.


Sakral

Faktor pembentuk bangsa yang kedua adalah sakral. Istilah sakral dalam faktor ini dapat diartikan sebagai kesamaan agama atau pun kepercayaan yang dianut oleh masayarakat anggota suatu bangsa terdefinisi jelas 


Tokoh

Faktor pembentuk bangsa yang ketiga adalah tokoh. Dalam pembentukan bangsa, tokoh sangat dibutuhkan untuk mewujudkan misi – misi bangsa 


Sejarah

Faktor pembentuk bangsa yang keempat adalah sejarah. Sejarah dapat diartikan sebagai riwayat perjuangan bersama yang dialami oleh sekelompok masyarakat yang menumbuhkan solidaritas antar sesama anggota suatu bangsa 


Perkembangan Ekonomi

Faktor pembentuk bangsa yang terahir adalah perkembangan ekonomi. perkembangan ekonomi biasanya akan menimbulkan perubahan dalam pola hidup masyarakat. Nah, ketika suatu bangsa secara bersama – sebanding tumbuh dan berkembang di dalam dunia ekonomi, maka antar personel dalam bangsa tersebut akan bisa saling dukung dalam pemenuhan kebutuhan mereka sehingga keutuhan bangsa dapat terus terjaga.


Unsur - Unsur Pembentukan Bangsa


Benedict Anderson mengartikan bangsa sebagai komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya serta berdaulat. ada tiga unsur pokok dari pengertian itu.


1. Komunitas politik yang dibayangkan

Suatu bangsa merupakan komunitas politik yang dibayangkan karena pada anggota dari bangsa yang paling kecil sekalipun tidak saling kenal. meskipun demikian, para anggota bangsa itu selalu memandang satu sebanding lain sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Perasaan sebangsa inilah yang menyebabkan banyak anggotanya rela mati bagi komunitas yang dibayangkan itu 


2. Mempunyai batas wilayah yang jelas

Bangsa dibayangkan sebagai sesuatu yang pada hakikatnya bersifat terbatas. Bangsa-bangsa yang paling besar sekalipun dengan penduduk ratusan juta jiwa mempunyai batas wilayah yang relatif jelas. Di luar perbatasan itu akan ditemui wilayah bangsa-bangsa yang lain. tidak satu bangsa pun membayangkan dirinya meliputi semua umat manusia di bumi 


3. Berdaulat

Bangsa dibayangkan sebagai berdaulat. Ini karena sebuah bangsa Berada di bawah suatu negara yang mempunyai kekuasaan atas seluruh wilayah serta bangsa tersebut.

Berdasarkan unsur-unsur di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sekelompok manusia yang Berada dalam suatu wilayah terdefinisi jelas yang mempunyai karakter, identitas, atau budaya yang khas, serta bersatu dapat disebut bangsa. 

Di samping itu, suatu bangsa tunduk pada aturan terdefinisi jelas karena persamaan nasib, tujuan, dan cita-cita. Jadi, unsur-unsur suatu bangsa dapat disimpulkan sebagai berikut adanya sekelompok manusia yang mempunyai kemauan untuk bersatu Berposisi dalam suatu wilayah terdefinisi jelas adanya kehendak untuk membentuk atau Berada di bawah pemerintahan yang dibuatnya sendiri Secara psikologis merasa senasib, sepenanggungan, setujuan, serta secitacita adanya kesamaan karakter, identitas, budaya, bahasa, dan lain-lain sehingga dapat dibedakan dengan bangsa lainnya.


Untuk itulah kita sebagai warganegara patut mengerti akan pengertian bangsa semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat kamu lebih paham dengan arti pengertian bangsa secara rinci dan jelas. Semoga bermanfaat :)

Mungkin kamu juga mencari : pengertian bangsa indonesia, pengertian bangsa secara umum, pengertian bangsa adalah, pengertian bangsa beserta contohnya, pengertian bangsa dan unsurnya, pengertian bangsa etimologi


Sumber :
http://www.zonasiswa.com/2014/07/pengertian-bangsa.html
http://pengertiandefinisi.com/pengertian-bangsa/
http://www.kitapunya.net/2017/06/pengertian-bangsa-secara-umum-dan.html
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Bangsa Paling Lengkap

0 komentar: