Latar Belakang Perang Dingin (Lengkap)

Latar Belakang Perang Dingin - Latar Belakang Perang Dingin Perang Dingin ialah perang dalam bentuk ketegangan sebagaiperwujudan dari konflik-konflik kepentingan serta perebutan supremasi dan perbedaan ideologi antarablok barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat serta Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet. Sehingga Perang Dingin merupakan pertikaian antara kedua blok tersebut.


latar belakang perang dingin
via.google.com


LATAR BELAKANG PERANG DINGIN


Latar belakang perang dingin - Timbulnya Perang Dingin tak lain ialah sebagai akibat Perang Dunia II itu sendiri, sehingga bisa disebut latar belakang yang besar timbulnya Perang Dingin ini disebabkan penyelesaian-penyelesaian terhadap waktu pasca Perang Dunia II Sejarah Perang Dingin dimulai sehabis Perang Dunia II berakhir. sehabis AS serta Uni Soviet bersekutu serta berhasil merusak Jerman Nazi dalam Perang Dunia II, kedua pisah pihak lain hal pendapat mengenai kaya gimana metode yang tepat buat membangun Eropa pascaperang. sepanjang sebagian dekade selanjutnya, persaingan di antara keduanya menyebar ke luar Eropa serta merambah ke semua dunia ketika AS membangun “pertahanan” pada komunisme dengan membentuk sebanyak aliansi dengan beragam negara, terutama dengan negara di Eropa Barat, Timur Tengah, serta Asia Tenggara. sehabis Perang Dunia II, antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet berlangsung perebutan efek yang melahirkan Perang Dingin (ColdWar) 

Setelah Perang Dunia II berakhir, timbullah beragam macam peristiwa serius yang memberi efek kehidupan bangsa-bangsa di dunia. Peristiwa tersebut antara lain :

Munculnya Amerika Serikat sebagai negara pemenang perang di pihak Sekutu (Inggris, Perancis, serta AS). Amerika Serikat berlakon besar dalam menolong negara-negara Eropa Barat buat memperbaiki kehidupan perekonomiannya. Inilah sejarah perang dingin terhadap awalnya Munculnya Rusia (Uni Soviet) sebagai negara besar serta berlakon membebaskan Eropa area Timur dari tangan Jerman serta membangun perekonomian negara-negara di Eropa Timur. Uni Soviet meluaskan pengaruhnya dengan mensponsori terjadinya perebutan kekuasaan di beragam negara Eropa Timur layaknya Bulgaria, Albania, Hongaria, Rumania, Polandia, serta Cekoslowakia sehingga negara-negara tersebut masuk dalam pemerintahan komunis Uni Soviet.


SEJARAH DAN LATAR BELAKANG PERANG DINGIN



Latar belakang perang dingin timbulnya negara-negara yang baru merdeka sehabis Perang Dunia II di luar wilayah Eropa. Dampaknya timbul 2 kelompok negara di dunia yaitu negara-negara maju dengan negara-negara berkembang, yang membagikan efek bagi pernyebaran politik serta ekonomi dunia Kemudian faktor-faktor atau latarbelakang pengakibat Perang Dingin yang lain apabila dirinci ialah sebagai berikut :


Perlombaan Senjata

Perlombaan senjata dalam hal ini adalah salah satu latar belakang dalam perang dingin. Dalam perkembangannya, persaingan yang paling mencolok dalam waktu Perang Dingin adalahdalambidangmiliter, khususnyadalamhal persenjataan. Perlombaan senjata inilah yang bikin kedua pisah pihak terlibat dalam konflik ketegangan Perang DinginKedua. negara adidaya itu saling berlomba menciptakan beragam senjata yang mutakhir serta mematikan, contohnya bom. Bom ialah senjata ledak yang lazim dipakai dalam perang. Terorisme juga melibatkan pemakaian bom. Bom lazimnya terdiri atas wadah logam yang diisi dengan bahan peledak atau bahan kimia. Bom melukai serta menewaskan orang dan merusakkan gedung serta bangunan lain, kapal, pesawat terbang, maupun tujuan lain Salah satu senjata yang paling menakutkan serta bisa menolong mengakhiri Perang Dunia II ialah bom atom. Senjata yang dikatakan bom atom itu dibuat pertama kali oleh Amerika Serikat terhadap tanggal 16 Juli 1945 di Alamo Gardo, New Mexico. Bom atom itu setelah itu digunakan buat merusak kota Hiroshima terhadap tanggal 8 Agustus 1945 serta kota Nagasaki terhadap tanggal 9 Agustus 1945. dampak pemboman itu Jepang menyerah serta berakhirlah Perang Dunia II. Bom dalam bentuk apakah pun apabila meledak akan memicu kerugian terhadap manusia serta alam sekitarnya. energi atom yang ditimbulkan akan memicu radiasi yang apabila diterima dalam hitungan besar akan amat fatal efeknya. Debu radioaktif serta endapan dari awan yang tertiup angin serta bertebaran di daratan bisa menyebabkan kehancuran terhadap tanaman dan membinasakan hewan serta manusia. terhadap jangka panjang ledakan bom atom akan menyebabkan kematian dan kanker terhadap manusia, sementara kehancuran genetis akan terlihat terhadap generasi-generasi berikutnya.


Perbedaan Ideologi

Perbedaan ideologi adalah dua dari 3 penyebab terjadinya perang dingin. Paham demokrasi-kapitalis yang dianut oleh Amerika Serikat lain hal bahkan bertentangan dengan paham sosialis-komunis Uni Soviet. Paham demokrasi-kapitalis mengagungkan kebebasan individu yang memungkinkan kapitalisme berkembang dengan subur. Akan tetapi, Amerika Serikat merasai jikalau kaum buruh tak boleh diperlakukan sewenang-wenang layaknya di Eropa sebagian abad silam yang bisa menyuburkan paham sosialis-komunis. Oleh pasal itu, kaum buruh dikasi jaminan cukup serta dikasi kesempatan bermodal dalam perusahaan, sehingga pemogokan yang mereka adakan bisa merugikan perusahaan itu sendiri. Uni Soviet yang berpaham sosialis-komunis berkeyakinan jikalau paham itu bisa lebih mempercepat kesejahteraan buruh ataupun rakyatnya, pasal negara-negara yang mengontrol perusahaan akan memanfaatkan keuntungannya buat rakyat. Perihal itu dibuktikan dengan Rencana Lima Tahun. Akan tetapi, metodenya yang serba tertutup mengakibatkan negara-negara Barat menyebutnya sebagai “negara di balik tirai besi”.


Keinginan buat Berkuasa

Amerika Serikat serta Uni Soviet memiliki keinginan menjadi penguasa di dunia dengan cara-cara yang baru. Amerika Serikat sebagai negara kreditor besar menolong negara-negara yang sedang berkembang. pertolongan itu berbentuk pinjaman modal buat pembangunan, dengan asa jikalau rakyat yang makmur hidupnya bisa menjadi tempat pemasaran result industrinya serta bisa menghindarkan efek sosialis-komunis. Masyarakat yang menderita atau miskin, merupakan lahan subur bagi paham sosialis komunis. Di samping itu, Uni Soviet yang mulai kuat ekonominya menolong perjuangan nasional berbentuk senjata atau energi ahli. Perihal ini dilaksanakan buat memberi efek negara-negara tersebut Perebutan efek antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet menyangkut bidang yang amat luas, yaitu politik, ekonomi, militer, ataupun ruang angkasa Bidang Politik. Amerika Serikat berupaya menjadikan negara-negara yang sedang berkembang menjadi negara demokrasi, supaya hak-hak asasi manusia bisa dijamin. Di negara-negara yang lebih awal kalah perang layaknya Jepang serta Jerman kecuali paham demokrasi, kapitalisme juga dimantapkan. Negara-negara tersebut bisa sehaluan dengan Amerika Serikat serta merupakan negara pengaruhnya. Uni Soviet dengan paham sosialis-komunisnya mendengungkan pembangunan negara dengan Rencana Lima Tahunnya. metodenya tak dilaksanakan dengan liberal, tapi dictator. Negara-negara yang sehaluan dikatakan dengan satelit Uni Soviet, pasal apakah yang diperintahkannya wajib dilaksanakan oleh negara-negara satelit tersebut. Penyimpangan layaknya yang dilaksanakan oleh Polandia serta Hongaria ditindak keras oleh Uni Soviet (1956) Bidang Ekonomi. Sebagai negara kreditor terbesar, Amerika Serikat bisa membagikan pinjaman atau pertolongan ekonomi kepada negara-negara yang sedang berkembang. Negara-negara Barat yang hancur ekonominya dampak Perang Dunia II dibantu melewati Marshall Plan. Di samping itu, adanya negara yang mendapati “Grants in Aid” yaitu pertolongan ekonomi dengan keharusan mengembalikannya berbentuk dolar atau dengan membeli barang-barang Amerika Serikat. buat negara Asia, Presiden Truman mengeluarkan “The Points Four Program for the Economic Development in Asia” berbentuk pertolongan metoda dalam wujud perlengkapan-perlengkapan ekonomis atau pertolongan kredit yang berasal dari sektor swasta di Amerika Serikat yang disalurkan oleh pemerintah kepada negara-negara yang sedang berkembang.

LATAR BELAKANG PERANG DINGIN ( Secara Singkat )


Latar belakang terjadinya perang dingin :

Latar Belakang terjadinya perang dingin ialah sebagai berikut : 

  1. timbulnya Amerika Serikat sebagai negara pemenang perang di pihak Sekutu (Inggris, Perancis,dan AS). AS berlakon besar dalam menolong negara-negara Eropa Barat buat memperbaikikehidupan perekonomiannya 
  2. timbulnya Rusia (Uni Soviet) sebagai negara besar serta berlakon membebaskan Eropa bagianTimur dari tangan Jerman serta membangun perekonomian negara-negara di Eropa Timur. UniSoviet meluaskan pengaruhnya dengan mensponsori terjadinya perebutan kekuasaan di berbagainegara Eropa Timur layaknya Bulgaria, Albania, Hongaria, Rumania, Polandia, serta Cekoslowakiasehingga negara-negara tersebut masuk dalam pemerintahan komunis Uni Soviet 
  3. timbulnya negara-negara yang baru merdeka sehabis Perang Dunia II di luar wilayah EropaDampaknya. timbul 2 kelompok negara di dunia yaitu negara-negara maju dengan negara-negaraberkembang, yang membagikan efek bagi pernyebaran politik serta ekonomi dunia.


Faktor penyebab terjadinya perang dingin :

Faktor-faktor utama yang mengakibatkan Perang Dingin :


1. Penyebaran Ideologi

Amerika Serikat serta Uni Soviet sebagai pemenang Perang Dunia II mempunyai paham/ ideologi yangberbeda Amerika Serikat mempunyai ideologi liberal-kapitalissedangkan Uni Soviet berideologi komunisPaham. Liberal-Kapitalis (AS) yang mengagungkan kebebasan individu yang memungkinkan kapitalismeberkembang dengan subur bertentangan dengan paham Sosialis-Komunis (US) yang berkeyakinanbahwa paham itu bisa lebih mempercepat kesejahteraan buruh ataupun rakyatnya pasal negara-negara yang mengontrol perusahaan akan memanfaatkan keuntungannya buat rakyat 


2. Keinginan buat Berkuasa

AS serta US memiliki keinginan buat menjadi penguasa di dunia dengan cara-cara yang baru. ASsebagai negara kreditor besar menolong negara-negara yang sedang berkembang berbentuk pinjamanmodal buat pembangunan dengan asa jikalau rakyat yang makmur hidupnya bisa menjaditempat pemasaran result industrinya serta bisa menghindarkan efek sosialis komunisMasyarakat. miskin merupakan lahan subur bagi paham sosialis komunis. Uni Soviet yang mulai kuatekonominya juga tak mau kalah menolong perjuangan nasional berbentuk pertolongan senjata atau tenagaahli. Perihal ini dilaksanakan buat memberi efek negara-negara tersebut.


3. Berdirinya Pakta Pertahanan

Guna mengatasi beragam perbedaan adanya serta kepentingan buat bisa berkuasa tersebutkan negara-negara eropa barat serta AMERIKA SERIKAT mendirikan pakta pertahanan yang diketahui DENGAN NAMA NATO(NORTH ATLANTIC TREATY ORGANIZATION) ATAU ORGANISASI PERTAHANAN ATLANTIK UTARA. sedangkan UNTUKMENGIMBANGI KEKUATAN NATO terhadap TAHUN 1955 UNI SOVIET MENDIRIKAN PAKTA PERTAHANAN YAITU PAKTAWARSAWA. partisipan PAKTA WARSAWA YAITU UNI SOVIET, ALBANIA, BULGARIA, CEKOSLOWAKIA, JERMAN TIMUR,HONGARIA, POLANDIA, serta RUMANIABERDIRINYA. KEDUA PAKTA TERSEBUT mengakibatkan timbul RASA SALING CURIGA, KETIDAKPERCAYAAN, DANKESALAHPAHAMAN ANTARA KEDUA BLOK BAIK BLOK BARAT ataupun BLOK TIMUR. AMERIKA disangsikan MENJALANKANPOLITIK IMPERIALIS buat memberi efek DUNIA sedangkan UNI SOVIET dikata melaksanakan PERLUASANHEGEMONI ATAS NEGARA-NEGARA DEMOKRASI melewati IDEOLOGI KOMUNISME.



PERANG DINGIN serta PENGARUHNYA DI KAWASAN ASIA PASIFIK

Teruntukkan akibat DARI TERJADINYA PERANG VIETNAM Pengaruh Perang Dingin di kawasan Asia Pasifik, bermula dengan timbulnya kebijakan luar negeri Presiden AS Harry STruman. yang bernama containment policy, yaitu kebijakan luar negeri AS yang fokus kepada pembendungan efek komunisme USSR dimanapun diantaranya di kawasan Asia Pasifik. Kebijakan ini semula diusulkan oleh seorang diplomat AS bernama George FKennan. dalam majalah Foreign Affairs dengan sasaran melawan konflik jangka panjang yang ditanggapi dengan sabar namun tetap hati-hati dan hancurnya kekuatan efek komunisme USSR atau melunaknya manuver politik USSR. 

Kebijakan ini memicu image that US as the guardian of peace and USSR as peace threatener that must be terminated. Fokus utama kebijakan ini ialah negara-negara yang dikata sebagai mitra kuat AS yaitu Eropa Barat buat membendung efek komunisme USSR di kawasan Eropa teruntukkan Eropa Timur, dan Jepang sebagai mitra AS di Asia Pasifik Namun terhadap tahun 1949 timbul threat besar baru bagi AS, yaitu dengan timbulnya Cina sebagai kekuatan besar yang mempunyai ideologi komunisme di bawah pemerintahan Mao Ze Dong Cina dikata menyatu dengan USSR terlebih dengan keadaan geografis yang amat strategis, sehingga Perihal ini menjadi tantangan yang amat berat bagi AS. 

Dengan timbulnya Cina sebagai kekuatan komunisme yang baru, tersebutkan pihak AS mengkhawatirkan terjadinyadomino effect dimana kekhawatiran AS akan jatuhnya negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik ke dalam efek ideologi komunisme Cina-USSR Pada tahun 1951, pihak AS serta Jepang menandatangani perjanjian Mutual Security Agreement yang bertujuan membendung efek Cina di kawasan Asia Pasifik Lalu terhadap tahun 1950-1953 berlangsung Perang Vietnam pertama antara kaum nasionalis Ho Chi Minh menghadapi kaum kolonialis Perancis. sasaran kaum kolonialis Perancis dalam Perihal ini ialah demi membentuk negara Vietnam merdeka serta bebas dari efek ideologi komunisme Cina-USSR. Momen inilah momen pertama dimana AS serta USSR terlibat langsung ketika AS berikan pertolongan dana US$1 Milyar kepada pihak Perancis, serta USSR-Cina berikan pertolongan kepada pihak nasionalis Ho Chi Minh. Namun terhadap tahun 1954 pihak kolonialis Perancis dikalahkan oleh kaum nasionalis Ho Chi Minh. 

Saat itu timbul suatu dilema persepsi tentang Ho Chi Minh, yaitu apa Ho Chi Minh seorang komunis ? Namun sebagian pemimpin negara-negara Asia menyebutkan jikalau perjuangan Ho Chi Minh merupakan perjuangan meraih kemerdekaan semata Lalu terhadap tahun 1954, adanya sesuatu perjanjian bernama Geneva Convention dimana PBB bikin keputusan buat membagi Vietnam menjadi 2 wilayah Utara serta Selatan. dari ketika inilah timbul konflik antara pihak Utara dibawah kepemimpinan Ho Chi Minh yang notabenenya sebagai pihak komunis, dengan pihak Selatan yang seringkali didukung oleh pihak liberalist AS Pada tahun 1954, AS membentuk SEATO, sesuatu bentuk kerjasama pertahanan antara AS-Australia-NZ-Perancis-Inggris-Thailand-Filipina-Pakistan demi membentuk sesuatu collective security di kawasan Asia Pasifik. tapi terhadap tahun 1977 SEATO dibubarkan pasal dikata tak memainkan peran yang signifikan di kawasan ini Berbeda halnya dengan Indonesia serta negara-negara post-kolonialist lainnya yang baru merdeka dari zaman kolonialisme, mereka menerapkan politik luar negeri bebas aktif dimana tak memilih memihak ke masing-masing pihak, tapi tetap aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia. Inilah yang menjadi basis bagi diselenggarakannya Konferensi Asia-Afrika di Bandung terhadap tahun 1955. (Latar belakang perang dingin)

Pada tahun 1961 mulai terjadinya Perang Vietnam yang kedua antara pihak Utara yang didukung oleh pasukan militer USSR-Cina dengan pihak Selatan yang didukung pasukan militer AS. Inilah yang menjadi kesalahan terbesar kebijakan luar negeri presiden AS John Fitzgerald Kennedy dimana ia mengirimkan 15000. tentaranya ke Vietnam Tetapi di luar dugaan, pasukan gerilyawan Vietnam Utara dengan peralatan militer yang amat konvensional, berhasil mengalahkan pasukan AS yang notabenenya mempunyai peralatan militer yang amat canggih di waktu itu dan hitungan pasukan yang jauh lebih banyak. Inilah salah satu kegagalan terburuk dalam sejarah militer bangsa Amerika disamping kegagalannya di Teluk Babi Kuba Pada tahun 1962 kaitan USSR dengan Cina mulai pecah, serta inilah yang mengakibatkan kaitan internasional menjadi tripolar. Momen ini lah yang dijadikan AS buat mulai mendekati serta menjalin kaitan kerja setara dengan Cina Kesalahan strategi perang serta pada waktu medan perang yang di luar Anggapan militer AS di Vietnam, menjadikan pemerintah AS terhadap waktu itu (1972) di bawah kepemimpinan Presiden Richard Nixon berusaha menarik mundur pasukan AS, tapi dengan image jikalau AS tak kalah dalam perang tersebut. tersebutkan terhadap tahun 1972 Presiden Nixon datang ke Cina dengan sasaran menandatangani perjanjian Shanghai Comunique yang berisi pengakuan diplomatik AS yang menuturkan RRC sebagai satu-satunya Cina, mengingat dengan ada konflik disintegrasi antara Cina serta Taiwan Dampak Perang Dingin dari segi pertarungan idelogi di kawasan Asia jelas jelas tak terlampau berasa layaknya yang berlangsung di kawasan Eropa, namun di kawasan Asia berlangsung kontak langsung dalam artian perang bersenjata antara pihak-pihak yang menjadi buffer-state dari AS serta USSR layaknya Perang Semenanjung Korea, serta Perang Vietnam.


Dampak dari perang vietnam adalah :

Akibat dari Perang Vietnam itu sendiri amat beragam, salah satu ialah :

  1. Image AS di Asia Tenggara menurun, teruntukkan sehabis menelan kekalahan di Vietnam yang mengakibatkan ditutupnya pangkalan militer AS di kawasan ASEAN dan sifatinconfident AS pada dunia internasional sampai awal tahun 1990an dimana Perang Dingin berakhir dengan runtuhnya USSR yang menjadikan AS sebagai pihak terkuat dalam kaitan internasional 
  2. Timbulnya organisasi kawasan di Asia Tenggara yaitu ASEAN terhadap tahun 1967 melewati Deklarasi Bangkok dalam rangka mencegah penyebaran efek ideologi komunis di kawasan Asia Tenggara 
  3. Pergantian bargaining power AS di kawasan Asia Pasifik, dari semula memakaikan pendekatan militeristik ke arah pendekatan ekonomi melewati paham free trade.

Itulah mengenai  latar belakang perang dingin semoga bermanfaat.

Tags : latar belakang perang dingin, latar belakang terjadinya perang dingin, pengakibat perang dingin, terjadinya perang dingin, pengakibat terjadinya perang dingin, Karena perang dingin, latar belakang munculnya perang dingin antara blok barat serta blok timur, sejarah terjadinya perang dingin, factor pengakibat perang dingin, jelaskan latar belakang terjadinya perang dingin

Sumber :
1. http://guruwan.blogspot.co.id/2014/01/latar-belakang-perang-dingin.html
2. http://www.ilmusocial.com/latar-belakang-terjadinya-perang-dingin/
Post a Comment