Latar Belakang Berdirinya ASEAN (Lengkap)

Latar Belakang Berdirinya ASEAN - Halo guys! Pada hari ini tepatnya admin akan memberikan materi sejarah lagi yaitu latar belakang berdirinya asean. Materi ini penting loh karena ASEAN sendiri  merupakan salah satu organisasi yang penting dalam kawasan Asia Tenggara. Didirikannya Organisasi ASEAN memiliki sasaran dalam bidang ekonomi, keamanan, serta kerjasama lainnya pada anggota-anggotanya. Di bawah ini kamu juga akan menemukan jawaban dari pertanyaan arti dari lambang asean.


Sepatutnya kita mengetahui mengenai latar belakang berdirinya asean karen kita tinggal di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara di kawasan asia tenggara. Jadi di artikel mengenai latar belakang berdirinya asean kami akan jelaskan sebaik mungkin  tentang ASEAN. Nah, disamping latar belakang asean , kami juga akan mengulas sedikit tentang tujuan, arti lambang ASEAN, serta anggota-anggota dari organisasi ASEAN.



latar belakang berdirinya asean
LATAR BELAKANG BERDIRINYA ASEAN


LATAR BELAKANG BERDIRINYA ASEAN


Taukah kamu apa saja latar belakang berdirinya asean? Dalam konteks ASEAN latar belakang meliputi 4 hal. Tapi, sebelumnya sudahkah kamu tahu? Mengenai pengertian asean ? Harusnya kamu tau dulu nih, karena akan menambah wawasan kamu disini.

Nah, pengertian asean adalah ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan sesuatu organisasi regional negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang didirikan terhadap tanggal 8 Agustus 1967. ASEAN atau dalam bahasa Indonesia biasa dikatakan dengan Perbara (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara) sampai sekarang sudah memiliki 10 negara partisipan yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Laos, Kamboja, Myanmar, serta Vietnam. Itulah merupakan pengertian asean.

Kerjasama regional ialah kerjasama antar negara dalam satu kawasan,


Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Nah ini lah pembahasan hakiki mengenai latar belakang berdirinya asean. 


Berdirinya ASEAN dilatar belakangi oleh sebagian persamaan yang dimiliki oleh negara-negara Asia Tenggara. Persamaan-persamaan tersebut antara lain :


1. Persamaan geografis
2. Persamaan budaya
3. Persamaan nasib, yaitu pernah dijajah oleh negara asing (kecuali Thailand)
4. Persamaan kepentingan di beragam bidang.

Nah di bawah ini akan saya jelaskan mengenai latar belakang berdirinya asean diatas :


1. Persamaan Geografis

Seluruh negara-negara di Asia Tenggara berada di antara dua benua, yakni Benua Asia serta Benua Australia, serta di antara dua samudera yaitu Samudra Hindia serta SamudraPasifik. Jadi, didasarkan letak geografis, negara-negara tersebut merupakan satu regionalatau satu kesatuan wilayah. Nah itulah merupakan latar belakang berdirinya asean.


2. Persamaan Kebudayaan

Kawasan Asia Tenggara memiliki basis kebudayaan serta bahasa dan tata kehidupan serta pergaulan yang hampir sama, pasal mereka sebagai pewaris peradaban rumpun Melayu Austronesia.


3. Persamaan Nasib

Negara-negara Asia Tenggara sama-sama dijajah oleh bangsa Barat, kecuali Thailand. Itulah yang menumbuhkan rasa setia kawan antara bangsa-bangsa di Asia Tenggara.


4. Persamaan Kepentingan

Negara-negara di Asia Tenggara memerlukan area perairan laut, terutama Selat Malaka serta Selat Sunda yang merupakan pintu gerbang di sebelah barat serta menjadi jalan utama bagi lantas lintas dan perdagangan dunia. Di samping itu, ada kepentingan bersama baik di bidang ekonomi, sosial-budaya, ataupun keamanan serta stabilitas politik kawasan, merupakan latar belakang dibentuknya ASEAN.



SEJARAH ASEAN

Sejarah asean dimulai pada tanggal 8 Agustus 1967, kalima menteri luar negeri tersebut menandatangani sesuatu kesepakatan yang diketahui sebagai Deklarasi Bangkok. dari ketika penandatangan Deklarasi Bangkok itulah organisasi ASEAN resmi berdiri serta mulai terbuka mendapat partisipan baru.


Pada tanggal 7 Januari 1987 negara Brunei Darussalam menjadi negara pertama yang masuk menjadi partisipan ASEAN diluar kelima negara pendiri cuma selang seminggu sehabis peringatan kemerdekaan negara tersebut. Selanjutnya, Vietnam resmi menjadi partisipan ketujuh terhadap tanggal 28 Juli 1995. Laos serta Myanmar menjadi negara partisipan ASEAN yang kedelapan serta kesembilan terhadap tanggal 23 Juli 1997, disusul setelah itu oleh Kamboja terhadap tanggal 16 Desember 1998.

Timor Leste, yang merupakan negara lain di kawasan Asia Tenggara juga telah berkali-kali mengutarakan niatnya buat bergabung dengan ASEAN. Peluang masuknya Timor Leste sebagai partisipan baru ASEAN juga terbuka lebar, serta Timor Leste diramalkan baru akan masuk sebagai partisipan ASEAN terhadap tahun 2012 ini. Nah tadi adalah sejarah asean.


Tujuan ASEAN

Tujuan asean ASEAN yang merupakan organisasi negara-negara Asia Tenggara memiliki sebagian sasaran yang hendak dicapai anggotanya. Tujuan ASEAN tersebut tertuang dalam deklarasi Bangkok yang dideklarasikan terhadap tanggal 8 Agustus 1967. Nah mau tau kan tujuan asean itu apa?

Isi deklarasi Bangkok yang merupakan tujuan ASEAN tersebut antara lain:

  1. Mempercepat peningkatan ekonomi, kemajuan sosial, serta pernyebaran kebudayaan di kawasan Asia Tenggara 
  2. Menaikkan perdamaian serta stabilitas regional 
  3. Menaikkan kerja setara serta saling menolong buat kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, serta administrasi.
  4. Memelihara kerja setara yang erat di tengah-tengah organisasi regional serta internasional yang ada 
  5. Menaikkan kerja setara buat memajukan pendidikan, latihan, serta studi di kawasan Asia Tenggara

Keanggotaan ASEAN

Keanggotaan Asean terbuka bagi negara-negara Asia Tenggara lainnya dengan syarat jikalau negara calon partisipan bisa menyetujui basis serta sasaran organisasi Asean layaknya yang tercantum dalam Deklarasi Bangkok. Di samping itu tentang partisipan baru butuh ada kesepakatan oleh kelima negara pendiri ASEAN. partisipan ASEAN sampai saat ini berjumlah sebelas negara, yaitu:

a. Indonesia
b. Malaysia
c. Thailand
d. Singapura
e. Filipina
f. Brunei Darussalam ( tanggal 7 Januari 1984)
g. Vietnam (28 Juli 1995)
h. Laos (23 Juli 1997)
i. Myanmar (23 Juli 1997)
j. Kamboja (16 Desember 1998)
k. Timor Leste

Itulah merupakan negara-negara anggota asean yang ada di kawasan asia tenggara.

Tokoh Pendiri ASEAN

Tokoh pendiri asean yang sudah di singgung di atas adanya 5 negara yang mendirikan ASEAN. Nah kelima negara ini diwakili oleh menteri luar negeri dari masing-masing negara, yaitu:
  1. Adam Malik, wakil dari Indonesia 
  2. Tun Abdul Razak, wakil dari Malaysia 
  3. Sinnathamby Rajaratnam, wakil dari Singapura 
  4. Thanat Khoman, wakil dari Thailand 
  5. Narsisco Ramos, wakil dari Filipina.
Nah, itulah merupakan tokoh pendiri asean. Sudah tau kan kalo ditanya sebutkan 5 tokoh pendiri asean?


Latar belakang berdirinya asean singkat

Nah untuk kesimpulan mengenai latar belakang berdirinya asean adalah seperti di atas.
Semoga dalam penyampaian materi sangat terbaik ya. Semoga bermanfaat dalam latar belakang berdirinya asean.


Mungkin kamu cari : latar belakang asean, sejarah asean, tujuan asean, tokoh pendiri asean, arti dari lambang asean

Sumber : 
1. http://www.yuksinau.id/latar-belakang-berdirinya-asean/
2. http://asagenerasiku.blogspot.co.id/2012/09/latar-belakang-berdirinya-asean.html
3. https://kumpulantugasekol.blogspot.co.id/2014/02/latar-belakang-berdirinya-asean.html
Post a Comment