Isi Sumpah Pemuda dan Sejarah Sumpah Pemuda (Lengkap)

Isi Sumpah Pemuda dan Sejarah Sumpah Pemuda - Isi Sumpah Pemuda pasti banyak di cari oleh kalangan masyarakat. Karena ini juga peristiwa bersejarah yang dimiliki oleh negeri kita loh guys. Sejarah sumpah pemuda tuh bagaimana sih? Dengan lengkap, jelas dan runtut akan kami bantu melalui sejarah sumpah pemuda. 

isi sumpah pemuda dan sejarah sumpah pemuda
ISI SUMPAH PEMUDA

ISI SUMPAH PEMUDA DAN SEJARAH SUMPAH PEMUDA

Isi Sumpah Pemuda  merupakan result Kongres Pemuda Kedua yang dirumuskan terhadap tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Peristiwa ini menjadi salah satu tonggak paling serius dalam sejarah pergerakan nasional bangsa Indonesia. Berikut ini isi lengkap teks naskah Sumpah Pemuda.

Kongres Pemuda Kedua merupakan isi sumpah pemuda kelanjutan kongres pertama yang dilangsungkan terhadap 30 April – 2 Mei 1926. Kongres ini melibatkan wakil semua organisasi pemuda di Hindia Belanda (Indonesia) saat itu, layaknya Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, serta lainnya 

Kongres Pemuda II, yang diadakan terhadap tanggal 27-28 Oktober 1928 dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), menghasilkan keputusan serius yang dikatakan sebagai Sumpah Pemuda. disamping itu terhadap kongres tersebut Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman juga ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.


ISI SUMPAH PEMUDA


Sumpah Pemuda merupakan evidensi otentik jikalau terhadap tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh pasal itu seharusnya semua rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, sistem kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang sepanjang ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis terhadap saat itu, keadaan ketertindasan inilah yang setelah itu memaksa para pemuda terhadap saat itu buat membulatkan tekad demi mengangkat harkat serta martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun setelah itu yaitu terhadap 17 Agustus 1945.

Rumusan atau Isi Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin terhadap sesuatu kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato terhadap sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo serta setelah itu dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.

ISI SUMPAH PEMUDA

Nah berikut ini secara lengkap kami sampaikan mengenai isi sumpah pemuda :

Isi Sumpah Pemuda Asli adalah :

SOEMPAH PEMOEDA

Isi sumpah pemuda yang (Pertama):
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
Isi sumpah pemuda yang (Kedoea):
Kami poetra serta poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Isi sumpah pemuda yang (Ketiga):
Kami poetra serta poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia

Sedangkan isi teks naskah atau Isi Sumpah Pemuda yang ditulis dengan ejaan baru Bahasa Indonesia ialah sebagai berikut:



Isi Sumpah Pemuda Ejaan Baru adalah :

SUMPAH PEMUDA

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia



Kesimpulan mengenai sumpah pemuda adalah Sumpah Pemuda ialah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dikata sebagai kristalisasi semangat buat menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" ialah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan adanya "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", serta "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga didambakan menjadi asas bagi tiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" serta supaya "disiarkan dalam segala surat kabar serta dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

Nah itulah merupakan isi sumpah pemuda semoga diikutsertakan mengenai sejarah sumpah pemuda. Dan semoga artikel mengenai isi sumpah pemuda dapat menjadikan kalian senang akan sejarah Indonesia merdeka!

Mungkin kalian mencari juga : apa isi sumpah pemuda 28 oktober 1928, apa makna isi sumpah pemuda, isi sumpah pemuda adalah, isi sumpah pemuda dan proklamasi, isi sumpah pemuda dirumuskan oleh, isi sumpah pemuda yang asli, isi sumpah pemuda yang kedua, isi sumpah pemuda yang pertama, teks sumpah pemuda adalah, teks sumpah pemuda asli

Source :
http://uud1945ku.blogspot.co.id/2016/12/isi-sumpah-pemuda-tanggal-28-oktober-1928.html
http://sidomi.com/485125/teks-naskah-sumpah-pemuda-yang-benar-begini-isi-lengkapnya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda
Post a Comment