LEARN SEJARAH. Belajar sejarah dan manfaat sejarah adalah membangkitkan semangat kesatuan.

Isi Perjanjian Tuntang dan Sejarah Perjanjian Tuntang (Lengkap)

Isi Perjanjian Tuntang dan Sejarah Perjanjian Tuntang - Perjanjian Tuntang adalah perjanjian bersejarah yang patut di pelajari. Pembahasan ini ialah mengenai isi perjanjian tuntang atau Kapitulasi Tuntang terhadap waktu Raffles yang menjadi gubernur pemerintahan inggris di Indonesia. 

Perjanjian Tuntang atau dikatakan juga sebagai Kapitulasi Tuntang merupakan perjanjian yang dilaksanakan pihak Inggris dengan pihak Belanda dalam Perihal menyerahkan kepulauan Nusantara kepada Pemerintah Britania-Raya atau Inggris. 

Kapitulasi Tuntang ialah perjanjian penyerahan kekuasaan di Nusantara atau Indonesia dari pemerintah Hindia Belanda kepada Pemerintah Britania-Raya terhadap tahun 1811 di sesuatu desa yang bernama Tuntang, kini Berposisi di bawah kecamatan Tuntang, kabupaten SemarangTempat. 

Ini dipilih pasal merupakan tempat peristirahatan para pembesar Hindia Belanda, berada di tepi danau Rawa Pening serta mengalir sungai Tuntang yang bermuara ke Laut Jawa di Demak serta terkandung barak-barak tentaraWaktu. itu Belanda sedang diduduki oleh Perancis yang dipimpin oleh kaisar Napoleon Bonaparte.

isi perjanjian tuntang dan sejarah perjanjian tuntang

ISI PERJANJIAN TUNTANG


Perjanjian Tuntang merupakan awal penjajahan Inggris di nusantara atau Indonesia, terhadap masa Raffles yang menjadi gubernur pemerintahan inggris di Nusantara. Kebangkrutan VOC bikin VOC dihapus terhadap tahun 1799, serta pemerintahan di Nusantara langsung diserahkan kepada pemerintah kerajaan Belanda terhadap masa itu. 

ISI PERJANJIAN TUNTANG

Perjanjian Tuntang merupakan perjajian penyerahan kekuasaan Belanda kepada Inggris semua nusantara diantaranya pangkalan-pangkalan yang dimiliki Belanda. Perjanjian tuntang yang isinya yaitu: 

Isi perjanjian tuntang ialah sebagai berikut :

a. semua kekuatan militer Belanda di Asia Tenggara sesegera mungkin diserahkan kepada Inggris .

b. Utang pemerintah Belanda tak diakui Inggris 

c. Pulau Jawa, Madura, serta seluruh pangkalan Belanda di luar Jawa menjadi wilayah kekuasaan Inggris


Itulah merupakan isi perjanjian tuntang  dalam perjanjian yang telah di sepakati yaitu perjanjian tuntang. Lanjut nih ada beberapa materi juga yang akan admin sampaikan mengenai perjanjian tuntang kali ini.

Akibat Perjanjian Tuntang

Perjanjian tuntang membuat babak baru kependudukan bangsa Indonesia oleh bangsa Inggris, sepanjang lima tahun dari tahun 1811 sd. tahun 1816 memegang Inggris roda pemerintahan serta kekuasannya di indonesia Pada masa itu kekuasaan Inggris di pimpin oleh Thomas Stanford Raffles sebagai Letnan Gubernur jenderal di Indonesia. Pemerintahan Inggris memberlakukan sebagian point, diantaranya

Menghapuskan wajib pajak serta kerja paksa Rakyat mematokkan tanaman yang ditanam Tanah merupakan miliki pemerintah sementara petani ialah sebagai penggarap Bupati merupakan pegawai pemerintah Pemerintahan Inggris ditantadai dengan ada perjanjian tuntang, yaitu dari ketika tahun1811 yang di kepalai Thomas Stamford raffles serta cuma sampai tahun 1816 ada penandatanganan perjanjian pengembalian Indonesia kepada pihak Belanda serta berakhirlah kekuasaasn Inggris di Indonesia.


Oiya, ini admin ada materi tambahan juga nih ya dari paragraf tadi mengenai perjanjian tuntang nih. 

Perjanjian Tuntang menyebabkan sebuah perubahan baru yang mana seperti ini nih. Perubahan-perubahan serius yang dilaksanakan Raffles ialah sebagai berikut :

a. Bidang Pemerintahan

1) Membagi Pulau Jawa menjadi 18 karesidenan serta mengangkat sidekick residen orang Eropa sebagai pengawas bupati .

2) kurangi kekuasaan para bupati dengan menjadikannya sebagai pegawai pemerintah serta digajidengan uang, sehingga tak mengandalkan pajak dari masyarakat.

3) Menerapkan pengadilan dengan proses juri 


b. Bidang Ekonomi


1) Menghapuskan proses kerja rodi yang pernah diaplikasikan oleh Daendels, kecuali buat daerah Priangan serta Jawa Tengah .

2) Menghapuskan pelayaran hongi yang pernah diaplikasikan oleh VOC 

3) Menghapuskan proses perbudakan 

4) Menghapuskan penyerahan wajib serta result bumi dari warga kepada penguasa 

5) melakukan proses pajak tanah (landrent system) dengan ketentuan petani sesegera mungkin menyewa tanah yang digarapnya kepada pemerintah, di mana besarnya sewa tanah disesuaikan dengan kondisi tanah. Pajak bumi sesegera mungkin dibayar dengan uang atau beras, serta orangorang yang bukan petani dikenakan pajak kepala 

Isi Perjanjian Tuntang


Kegiatan Raffles yang berjasa dalam bidang ilmu pengetahuan antara lain sebagai berikut :

a. Membangun Gedung Harmoni buat lembaga ilmu pengetahuan Bataviassch Genootshap 
b. Menulis sejarah kebudayaan serta alam Jawa dalam “History of Java” 
c. Sebagai perintis Kebun Raya Bogor, serta Nama Raffles diabadikan sebagai nama bunga bangkai rafflesia arnoldi.


Sekian mengenai isi perjanjian tuntang semoga tersampaikan dengan jelas ya kawan. Dan semoga ilmu dari perjanjian tuntang ini berkah aamiin.

Source :
1. http://www.berpendidikan.com/2015/06/isi-perjanjian-tuntang.html
2. http://urusandunia.com/perjanjian-tuntang/
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Kapitulasi_Tuntang

Mungkin nih kamu juga mencari tugas mengenai perjanjian tuntang : sebutkan isi perjanjian tuntang, perjanjian tuntang, tuntang, apa isi perjanjian tuntang, isi perjanjian kapitulasi tuntang, apa isi perjanjian tuntang, isi perjanjian tuntang 1811, isi perjanjian tuntang tanggal 17 september 1811
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Isi Perjanjian Tuntang dan Sejarah Perjanjian Tuntang (Lengkap)

0 komentar: